10 Kuliner khas Bali yang Wajib untuk Kamu Cicipi saat Melancong ke Pulau Dewata

makanan khas bali

by Lahir Prasetyo

Selain memiliki deretan pantai dan tempat yang cantik, Pulau Dewata juga punya beragam yang menggoda untuk dicicipi. Makanan-makanan tersebut pun menjadi pengalaman yang wajib Anda coba atau jadikan oleh-oleh saat pelesir ke sini.

10 Makanan Khas Bali

Nah, berikut ini adalah 10 makanan khas Bali yang bisa kamu coba cicipi atau bawa pulang:

  1. Pie susu
makanan khas bali 3 1024x1022 10 Kuliner khas Bali yang Wajib untuk Kamu Cicipi saat Melancong ke Pulau Dewata

by Ramadhan Alfajri

Makanan khas Bali yang satu ini telah populer diantara pelancong. Entah untuk kudapan maupun buah tangan. Pie susu ialah kue yang pinggirannya sedikit keras namun dibagian tengah kue terdapat fla susu yang sangat lembut. Perpaduan gurih dan creamy yang sangat cocok di lidah. Kini pie susu telah memiliki berbagai macam topping seperti keju,kismis,almond dan choco chips.

  1. Kacang Disco

Kacang disco merupakan kacang tanah yang digoreng kering kemudian dibaluri tepung dang bumbu. Cita rasa kacang ini gurih dan renyah. Dengan berkembangnya zaman kini kacang disco memiliki varian rasa seperti pedas,manis,asin. Kacang disco juga sering dijadikan oleh oleh.

baca juga: Menelisik Misteri Relief Yeh Pulu Gianyar di Pulau Dewata

  1. Pia Legong

Pia legong adalah salah satu oleh oleh khas pulau dewata. Ciri khas pia ini adalah pada kemasan terdapat penari legong. Pembuatan pia ini tanpa menggunakan mesin dan masih sangat tradisional, sehingga pia ini jumlahnya terbatas. Apabila ingin pia legong menjadi oleh oleh maka lebih baik pesan terlebih dahulu.

  1. Bubur Injin
makanan khas bali 2 10 Kuliner khas Bali yang Wajib untuk Kamu Cicipi saat Melancong ke Pulau Dewata

by 100% natural cosmetics

Bubur ketan hitam khas bali yang dipadukan dengan santan dan potongan buah nangka. Bubur injin terkadang dijadikan menu penutup hidangan, namun banyak juga yang menyantapnya sebagai sarapan pagi.

baca juga: Queen’s Tandoor, Sajian Menu Makanan ala India di Seminyak

  1. Rujak Kuah Pindang

Sedikit mirip dengan rujak buah pada umumnya. Rujak kuah pindang juga menggunakan buah berair seperti bengkuang,mentimun,kedondong,belimbing dan sebagainya. Namun, yang membedakan ialah kuah yang terdiri dari kaldu ikan,trasi,garam dan cabai.

  1. Jaje laklak

Makanan ini terbuat dari tepung sagu, tepung beras dan santan. Dengan disiram saus gula merah dan taburan kelapa parut. Sekilas jajanan ini mirip serabi solo.

baca juga: Warung Jerami, Tempat Nongkrong yang Asyik di Kawasan Seminyak

  1. Bagiak
makanan khas bali 1 10 Kuliner khas Bali yang Wajib untuk Kamu Cicipi saat Melancong ke Pulau Dewata

by Lahir Prasetyo

Kudapan berbahan dasar tepung sagu yang dipanggang. Memiliki tekstur gurih dan renyah cocok dengan ditemani teh di sore hari anda. Dapat dijadikan oleh oleh untuk keluarga di rumah.

  1. Rujak Bulung

Bulung berarti rumput laut. Rujak bulung ialah rujak rumput laut dengan kuah kaldu ikan, garam dan cabai. Ditambah kelapa parut yang telah dibakar, parutan lengkuas dan bimbu yang dihaluskan diatasnya.

  1. Jaje pisang rai

Proses pembuatan jaje pisang rai pisangdibalurkan dengan parutan kelapa dan adonan tepung beras. Setelah itu air yang direbus bersama daun pandan. Lalu pisang dimasukkan dalam rebusan, hingga pisang naik ke permukaan, barulah dapat dihidangkan.

  1. Jaje batun bedil

Makanan ini berbahan dasar tepung ketan dan tepung tapioka. Adonan dibentuk bulat kecil kemudian direbus hingga matang. Penyajian jajanan ini disiram dengan gula merah dan diatasnya dapat kita tambahkan parutan kelapa. Kudapan ini juga cocok sebagai takjil berbuka puasa.

Banyak dari postingan di atas menggunakan kata “jaja/jaje” yang dalam arti bahasa bali berarti ‘kue’. So, Jangan lewatkan makanan khas Bali di atas apabila Anda berlibur ataupun sekedar berkunjung ke Pulau Dewata.