5 Spot Menyelam di Bali Yang Wajib Dikunjungi, Dijamin Gak Nyesel!

Pantai Tulamben

Bangkai kapal perang Amerika di perairan Pantai Tulamben kredit foto: Christian Loader

Terdapat beberapa daerah di Indonesia yang dapat anda tuju untuk bisa menghabiskan waktu dengan diving, salah satunya yaitu Pulau Dewata, Bali. Bali ini sangat terkenal memiliki beberapa spot diving dengan pemandangan kehidupan laut yang menakjubkan. Bagi anda para pecinta diving, berikut terdapat beberapa spot menyelam yang dapat anda masukkan dalam list kunjungan diving anda:

1. Pulau Menjangan

Pulau yang satu ini berada di Desa Sumber Klamppok Gerokgak, Singaraja. Pulau Menjangan memiliki pemadangan laut yang sanagt baik. Bagi anda para pecinta diving, anda akan terkejut ketika menyelami kehidupan bawah lautnya.

pulau Menjangan Bali 3 1024x719 » 5 Spot Menyelam di Bali Yang Wajib Dikunjungi, Dijamin Gak Nyesel!

Instagram photo by @menjangan_trip

Pulau ini terkenal dengan Wall Diving. Wall diving merupakan salah satu jenis kegiatan menyelam pada kedalaman dengan mengikuti lajur tebing bawah laut. Tebing bawah lautnya sendiri memiliki kedalaman 20 hingga 60 meter, bahkan bisa lebih.

Kemudian, anda juga dapat menjumpai berbagai formasi dan bentuk terumbu karang. Anda juga akan menemukan banyak ikan jenis gorgonial fanfish, selain itu juga terdapat kakap kecil dan batfish berenang-renang. Masih bayak lagi spesies ikan yang dapat anda temui ketika menyelam di pulau ini. Beberapa spot diving yang terkenal di pulau ini adalah, Eel gardens, Secret bay, Anchor Wreck.

2. Tulamben

Salah satu tempat menyelam terbaik di dunia, yang berada di bagian utara Bali ini juga memiliki keunikan dan keindahan yang akan memanjakan anda para pecinta diving.

Setiap anda melakukan kegiatan menyelam, mungkin anda hanya akan terpana dengan pemandangan terumbu karang serta warna-warni spesies ikannya saja. namun, kali ini ada yang berebeda dari Tulamben, dimana anda dapat melihat langsung kapal US Liberty yang tenggelam pada tahun 1942. Karena keberadaan kapal serta indahnya pemandangan laut inilah yang membuat Tulamben menjadi spot diving yang unik dan eksotis.

Bagi anda yang ingin memasukkan Tulamben ke dalam list spot diving yang akan anda tuju, maka Tulamben ini berada di Kecamatan Kubu, di bagian utara Kabupaten Karangasem, Bali..

3. Nusa Penida

Spot selanjutnya adalah Nusa Penida. Nusa Penida ini terletak di sebelah tenggara pulau Bali, apabila anda ingin menuju ke Nusa Penida anda perlu menyebrang menggunakan kapal. Beberapa lokasi diving tersebar di Nusa Penida, antara lain Crystal Bay, Toyapaket, Gamat Bay, dan beberapa lainnya.

Pemandangan hamparran koral yang indah akan menemani saat-saat anda menyelam. Apabila anda menyelam antar bulan Juli hingga September, maka anda dapat menjumpai ikan mola-mola.

4. Amed

Amed berada di Bali kawasan timur yang menawarkan keindahan bawah laut. Beberapa area diving di Amed selain menyuguhkan keindahan terumbu karang serta spesies-spesies ikan, anda juga dapat menemukan keunikan. Beberapa spotnya menawarkan keunikan antara lain, anda dapat menyeaksikan bangkai kapal milik Jepang “Japanese Shipwreck”, selain itu terdapat juga spot yang mennwarkan keunikan dimana anda dapat melihat kotak pos bawah laut yaitu Pantai Jemeluk. Air di Amed juga benar-benar jernih, dimana anda dapat memiliki jarak pandang hingga kedalaman lebih dari 10 meter.

5. Pantai Labuhan Amuk Padang Bai Karangasem

Pantai yang tidak begitu ramai ini selain cocok bagi anda yang menginginkan suasana damai dan tenang, juga pas sekali dikunjungi bagi anda para penggemar diving. Anda dapat menyelam menikmati pemandangan bawah laut yang masih alami. Selain dapat diving dan snorkling anda juga dapat melakukan wisata kapal selam.

Pantai yang satu ini lokasinya memang cukup jauh yaitu di Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, dari daerah Kuta, yaitu sekitar 55 km.