Air Terjun Aling-Aling Buleleng, Air Terjun Unik dan Menarik di Bali

Air Terjun Aling-Aling Buleleng

Instagram photo by About Bali

Keberadaan semakin mempercantik wisata alam yang ada di Pulau Dewata Bali. Popularitas air terjun yang satu ini memang masih kalah jika dibandingkan Air Terjung Git-Git ataupun Air Terjun Sekumpul. Meski begitu, keindahan alam di air terjun ini tidak kalah loh!

Dengan ketinggian air terjun sekitar 35 kilometer, tak heran jika guyuran air dari Air Terjun Aling-Aling ini sangat deras menghujam ke kolam air di bawahnya. Dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi di sekitar air terjun, kecantikan Aling-Aling tak kalah dalam menampilkan pesonanya.

Air Terjun Aling Aling Buleleng 4 1024x1024 » Air Terjun Aling-Aling Buleleng, Air Terjun Unik dan Menarik di Bali

Instagram photo by About Bali

baca juga: Segarnya Mandi di Guyuran Air Terjun Gitgit Bali

Air terjunnya terbagi menjadi 2 yang letaknya bersandingan. Sebelah kanan memiliki debit air yang lebih besar daripada air terjun yang sebelah kiri. Namun keduanya tetap memberi sensasi kesegaran dan kesejukan yang sangat mendalam.

Tebing-tebing yang mengelilingi Air Terjun Aling-Aling ini banyak ditumbuhi pepohonan dan tumbuhan hijau. Sehingga tak heran jika suasana di sini sangat sejuk, dingin dan segar. Di bawah guyuran air terjun terdapat kolam air dengan kedalaman sekitar 4 meter.

Air Terjun Aling Aling Buleleng 1 1024x794 » Air Terjun Aling-Aling Buleleng, Air Terjun Unik dan Menarik di Bali

Instagram photo by Anatoliy Chumagayev

baca juga: Air Terjun Jembong Buleleng, Wisata Alam Wajib untuk Para Pencinta Air Terjun

Di kolam ini pengunjung dapat berenang sambil mandi di bawah guyuran air terjun. Pemandangan air terjun dan tebingnya sangat indah, sehingga jangan sampai melewatkan untuk tidak berfoto di lokasi ini.

Air Terjun Aling Aling Buleleng 2 » Air Terjun Aling-Aling Buleleng, Air Terjun Unik dan Menarik di Bali

Instagram photo by Wisata Istimewa

Tidak hanya itu, para wisatawan juga akan disuguhi dengan pemandangan yang masih alami dalam perjalanan menuju lokasi Air Terjun Aling-Aling Buleleng. Perjalanan setapak yang dilalui tidak akan terasa capai ataupun penat karena sepanjang jalan pepohonan yang hijau dan suasana hutan yang rimbun menambah suasana damai. Para pecinta trekking pasti sangat menikmati berjalan menyusuri jalan menuju Air Terjun Aling-Aling ini.

baca juga: Wisata Alami Air Terjun Melanting Buleleng Bali

Sesampai di lokasi, suara gemericik air yang membentur bebatuan menciptakan suasana segar dan menenangkan. Disarankan jika ingin berkunjung ke air terjun ini sebaiknya datang ketika musim panas karena ketika musim hujan airnya keruh dan tidak jernih.

Air Terjun Aling Aling Buleleng 3 » Air Terjun Aling-Aling Buleleng, Air Terjun Unik dan Menarik di Bali

Instagram photo by Max

Lokasi dan Cara Menuju Air Terjun Aling-Aling Buleleng

Letaknya berada di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali dan berjarak sekitar 110 kilometer dari Bandara International Ngurah Rai. Atau berjarak sekitar 80 kilometer jika ditempuh dari Denpasar ke arah Singaraja menuju ke terminal Sukasada sampai di Balai Desa Sambangan, dengan menempuh waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Sampai di Balai Desa Sambangan, ada papan penunjuk jalan menuju arah Air Terjun Aling-Aling. Ikuti saja penunjuk jalan tersebut hingga sampai di lokasi air terjun dalam jarak sekitar 2 kilometer. Terdapat tanda penunjuk lokasi yang memberi kemudahan bagi para pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan Air Terjun Aling-Aling Buleleng.

Tiket Masuk Air Terjun Aling-Aling Buleleng

Untuk masuk ke lokasi obyek wisata Air Terjun Aling-Aling tidak dipungut biaya, namun disediakan kotak untuk donasi sukarela. Biaya hanya dikenakan ketika parkir kendaraan. Setelah memarkir kendaraan, pengunjung masih harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak.

Disarankan menggunakan jasa guide lokal ketika berada di kawasan Air Terjun Aling-Aling ini. Karena lokasinya masih perawan dan belum di tata dengan sempurna. Selain itu lokasi utama dari Air Terjun Aling-Aling jauh di pedalaman hutan.