Air Terjun Banyumala, Air Terjun Eksotis Paling Indah di Pulau Bali

Air Terjun Banyumala

by Explore Bali With Bali Daily

Bagi Anda yang mengaku sebagai seorang pencinta air terjun, tidak sah rasanya kalau tidak datang ke di Bali. Air terjun ini menyuguhkan pemandangan yang eksotis dan sanggup menarik perhatian para wisatawan dari dalam dan luar negeri. Bahkan, tidak sedikit yang menyebut air terjun ini sebagai air terjun paling indah di Pulau Dewata.

Air Terjun Banyumala 1 819x1024 Air Terjun Banyumala, Air Terjun Eksotis Paling Indah di Pulau Bali

by Explore Bali With Bali Daily

baca juga: Bukit Nampo Karangasem, Bukit Surga yang Indah dari Bali

Sebutan itu memang bukan isapan jempol belaka. Pertama kali menyaksikan keberadaan air terjun ini, pasti mata Anda akan terkesima oleh keindahannya. Di tempat ini, Anda akan bisa menyaksikan tiga buah air terjun sekaligus yang tergabung dalam satu muara, nampak dua air terjun kecil yang mengapit air terjun lainnya yang berukuran lebih besar.

Air Terjun Banyumala 3 820x1024 Air Terjun Banyumala, Air Terjun Eksotis Paling Indah di Pulau Bali

by Alexander Remnev

Sementara itu, pada bagian bawah air terjun, terdapat kolam air yang menjadi tempat favorit para pengunjung untuk berenang atau sekadar berendam. Mereka yang datang ke tempat ini, akan bisa merasakan kesejukan serta kejernihan air secara langsung. Saking bersihnya, Anda pun akan bisa menyaksikan keberadaan dasar kolam secara langsung dari permukaan.

baca juga: Pulau Menjangan Bali, Pulau dengan Keindahan Bawah Laut Mengagumkan

Air Terjun Banyumala 4 1024x683 Air Terjun Banyumala, Air Terjun Eksotis Paling Indah di Pulau Bali

by Anggie Febrian Siregar

Sebelum memutuskan untuk terjun dan berendam ke dalam kolam, pastikan kalau Anda memiliki kemampuan untuk berenang, ya. Kolam ini memiliki kedalaman mencapai 2 meter dan diameter sejauh 20 meter. Cukup besar untuk sebuah kolam alami. Dengan ukurannya yang besar tersebut, kolam air alami ini bisa menampung cukup banyak wisatawan.

Secara khusus, para pengunjung yang datang ke tempat ini kerap bertujuan untuk merasakan kesunyiannya. Berada di lingkungan yang alami, Air Terjun Banyumala memang menyajikan pemandangan yang hijau dan jauh dari suara ribut dan ramai yang biasa dijumpai di wilayah perkotaan. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan waktu kedatangan Anda ke tempat ini bukan pada momen liburan. Karena bisa dipastikan, suasananya akan cukup ramai.

Air Terjun Banyumala 2 819x1024 Air Terjun Banyumala, Air Terjun Eksotis Paling Indah di Pulau Bali

by @alfanaaf

Tiket Masuk Air Terjun Banyumala

Untuk menuju ke tempat ini, Anda juga akan dikenakan biaya masuk. Tidak terlalu mahal, setiap pengunjung hanya dikenakan tarif masuk sebesar Rp10 ribu.

Hal yang pelru diperhatikan, jalanan di sekitar area masuk Air Terjun Banyumala memiliki kondisi yang cukup buruk. Anda harus ekstra hati-hati pada saat berjalan di sana. Terlebih, jalannya berukuran sempit.

baca juga: Hotel Alila Uluwatu Bali, Hotel Mewah dengan Desain Arsitektur Mengagumkan di Kuta Selatan

Lokasi Air Terjun Banyumala

Air Terjun Banyumala merupakan sebuah air terjun indah yang berlokasi di Kabupaten Buleleng. Seperti diketahui, mayoriatas air terjun di Pulau Bali memang berada di kabupaten ini. Alasannya, karena Buleleng memiliki wilayah yang berada di dataran tinggi. Jadi, tidak heran kalau Anda akan mendapati banyak air terjun di sini.

Rute Menuju Air Terjun Banyumala

Anda tidak perlu repot pada saat berkunjung ke tempat ini. Sebagai air terjun yang kerap disebut sebagai air terjun terindah di Bali, banyak pemandu wisata yang mengetahui keberadaan tempat ini. Dan, tempat yang bisa dijadikan patokan saat berkunjung ke sini adalah wilayah Bedugul.

Dari arah Bedugul, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah utara hingga berjumpa persimpangan yang menuju ke Kota Singaraja dan Kecamatan Busung Bio. Selanjutnya, Anda dapat memilih belok kiri yang lokasinya berada di atas Danau Tamblingan dan Buyan. Setelah itu, Anda tinggal menemukan petunjuk jalan yang berada di sisi kanan jalan.