Air Terjun Colek Pamor Sukasada aka Air Terjun Gitgit 2 yang Mempesona

Air Terjun Colek Pamor Sukasada

via Tribunnews

Bali merupakan wilayah Indonesia yang memiliki air terjun yang banyak. Salah satunya . Lokasi air terjun ini sangat dekat dengan air terjun gitgit, sehingga warga sekitar banyak menyebutnya .

Air Terjun Colek Pamor Sukasada 1 1024x768 » Air Terjun Colek Pamor Sukasada aka Air Terjun Gitgit 2 yang Mempesona

via dianmurdika

Objek ini tak pernah sepi pengunjung. Akan lebih ramai lagi ketija musim liburan dan ketika upacara adat Manis Galungan dan Kuningan. Tak hanya warga lokal, warga asing juga mengagumi keindahannya.

baca juga: Gak Hanya Pantai, 7 Air Terjun di Bali ini Suguhkan Pemandangan yang Mengagumkan Lho!

Sejarah Air Terjun Colek Pamor Sukasada

Nama air terjun ini sangat unik bukan? Menurut salah satu warga, konon dulu di area goa yang berada di pojokan di bawah air terjun ini terlihat seperti ada tanda berwarna putih, bekas colekan dari pamor (kapur).

Daya Tarik Air Terjun Colek Pamor Sukasada

Air terjun tersembunyi ini memiliki ketinghian, sekitar 20 meter. Sumber air terjun ini pun unik karena berasal dari gua. Gua tersebut merupakan jalur bawah tanah aliran air dari Buleleng ke Gitgit.

Airnya yang jernih dan segar akan membius siapapun untuk segera masuk ke kolam air terjun ini. Di samping kanan dan kiri air terjun, ditumbuhi aneka pepohonan hijau. Membuat suasana air terjun colek pamor bak lukisan.

baca juga: Air Terjun Yeh Mampeh, Air Terjun Indah nan Menakjubkan di Bali

Selain berenang, kegiatan lain yang dapat Anda lakukan ialah sebagai tempat meditasi dan kegiatan spiritual. Bahkan kegiatan tersebut akan dikembangkan oleh Kelompok Sadar Wisata. Hal ini tentu dapat dimaklumi sebab suasananya sangat mendujung, mulai dari udara hingga pemandangannya.

Fasilitas Air Terjun Colek Pamor Sukasada

Air Terjun Colek Pamor Sukasada ini ternyata belum dikelola secara resmi. Sehingga kenyamanan dan keamanan pengunjung belum maksimal. Anda juga tak akan menjumpai warung ataupun toilet.

Sebab belum dikelola secara resmi, Anda dapat menikmati keindahan air terjun tanpa pungutan biaya alias gratis. Dan air terjun tersembunyi ini dibuka setiap hari 24 jam.

Lokasi Air Terjun Colek Pamor Sukasada

Air Terjun Colek Pamor berada di Desa Gitgit, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng, Bali. Anda yang datang dari arah Denpasar dapat menempuh perjalanan dengab berkendara sekitar 2 jam 30 menit.

baca juga: Air Terjun Kanto Lampo Gianyar, Wisata Alam yang Instagramable Banget

Lokasi Air Terjun Colek Pamor ini jaraknya hanya 500 meter dari pintu masuk. Namun, untuk mencapai air terjun Anda harus melewati jalanan berupa tanah yang sedikit basah dan licin.

Tips Berlibur Ke Air Terjun Colek Pamor Sukasada

Karena jalanan berupa tanah yang sedikit basah, Anda perlu memakai alas kaki dengan permukaan kasar agar tak terpeleset. Ditambah lagi, jalanab menanjak dan tangga yang berupa tanah mungkin akan sedikit menghalangi perjalanan Anda.

Sebab di area ini tak terdapat warung atau kedai yang menjual makanan dan minuman, Anda mungkin membawa bekal sendiri. Sisa bekal Anda jangan dibuang sembarangan.

Lokasi air terjun ini juga biasa digunakan upacara adat maupun kegiatan spiritual, Anda wajib menjaga perilaku dan perkataan. Hal ini bertujuan untuk menjaga tempat ini dari ulah buruk manusia yang akan mengotori air terjub perawan ini.

Apakah Anda tertarik? Jika iya, jangan sungkan berkunjung dan tak lupa kamera yang siap mengabadikan setiap momen Anda.