Air Terjun Kanto Lampo Gianyar, Wisata Alam yang Instagramable Banget

Air Terjun Kanto Lampo Gianyar

Instagram photo by AiryRooms

Ketika sudah bosan dengan pemandangan pantai-pantai di Bali, mengunjungi air terjun di wilayah Gianyar yakni Air Terjun Kanto Lampo adalah pilihan yang menarik. Tidak seperti lokasi air terjun yang biasanya berada di kawasan pegunungan atau dataran tinggi, bahkan berada di dataran rendah dan bersuhu panas pada siang hari.

Air Terjun Kanto Lampo Gianyar 1 1024x712 Air Terjun Kanto Lampo Gianyar, Wisata Alam yang Instagramable Banget

Instagram photo by AiryRooms

Meski begitu, berwisata ke Air Terjun Kanto Lampo pasti membuat ketagihan untuk selalu datang karena di bawah guyuran airnyalah kesejukan yang sebenarnya berasal. Terlebih, karena lokasinya di dataran rendah, akses menuju ke sana tidak terlalu sulit.

Air yang menjadi sumber dari Air Terjun Kanto Lampo ini adalah air sumber dari dalam tanah dan juga air dari saluran irigasi. Air irigasi digunakan untuk mengairi subak yang terletak di bagian hilir. Setelah sekian lama, terdapat beberapa saluran yang tersumbat dan akhirnya meluap. Luapan dari air irigasi inilah membentuk aliran Air Terjun Kanto Lampo sampai sekarang.

Air Terjun Kanto Lampo Gianyar 2 1024x768 Air Terjun Kanto Lampo Gianyar, Wisata Alam yang Instagramable Banget

Instagram photo by rima trilia

Air terjun yang berada dekat dengan pemukiman penduduk ini pada awalnya tak begitu dikenal oleh wisatawan. Hanya penduduk lokal yang memanfaatkan pasir dan batu di sungai sekitar air terjun untuk bahan bangunan. Pada tahun 2015 seorang pemuda desa setempat mengambil foto keindahan Air Terjun Kanto Lampo dan diorbitkan melalui media sosial. Sejak saat itulah Air Terjun Kanto Lampo Gianyar terkenal dan menjadi lokasi favorit wisatawan ketika berlibur di Bali.

Air Terjun Kanto Lampo Gianyar 3 1024x768 Air Terjun Kanto Lampo Gianyar, Wisata Alam yang Instagramable Banget

Instagram photo by @surya_w.y

Tiket Masuk Air Terjun Kanto Lampo Gianyar

Tiket yang dikenakan cukup murah hanya 5 ribu rupiah. Dengan sedikit menuruni sekitar 500 anak tangga, pengunjung sudah dapat menikmati keindahan air terjun dengan bebatuan yang terkena guyuran airnya. Jika diperhatikan, posisi jatuhnya air tidak langsung jatuh ke bawah ke sungai yang berada dibawahnya.

Namun, posisi air terjun ini terkesan agak miring, dan batuannya sedikit berundak-undak sehingga pengunjung dapat sedikit naik untuk mendapat guyuran air terbaik. Harap tetap waspada dan hati-hati, karena batuannya berlumut dan cenderung licin sehingga jangan sampai terjatuh.

baca juga: Petualangan Seru di Arung Jeram Sungai Ayung

Lokasi dan Cara Menuju Air Terjun Kanto Lampo Gianyar

Air Terjun Kanto Lampo terletak di Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Air terjun ini dapat ditempuh dalam 30 kilometer perjalanan dari Denpasar, atau berjarak sekitar 1 kilometer sebelah utara dari Taman Kota Kabupaten Gianyar.

Air Terjun Kanto Lampo Gianyar juga merupakan tempat yang disucikan atau Beji untuk Mendak Toya Ning atau mencari air suci dari desa untuk kegiatan upacara Dewa Yadnya ataupun Pitra Yadnya. Terdapat pula beberapa pelinggih yang dikeramatkan.

baca juga: Wisata ala Pedesaaan di Terasering Sawah Tegalalang Ubud

Penduduk setempat menggunakan air yang berasal dari Air Terjun Kanto Lampo sebagai air minum. Sebelum mengambil airnya, penduduk harus menghaturkan sesaji terlebih dahulu. Air yang mengalir dari atas sangat jernih dan segar sehingga sangat cocok untuk mandi. Sambil berguyuran air, pengunjung juga dapat berfoto-foto keren dengan latar air terjun yang mengalir deras. Kesan artistik tentu menjadi tampilan di foto-foto yang telah diambil.

Fasilitas di sini belum begitu memadai tetapi setidaknya terdapat pedagang-pedagang makanan dan minuman yang siap menghapus lapar perut setelah bermain air dan berendam dalam air. Bahkan jalan setapak untuk menuju lokasi juga masih perlu perbaikan, sehingga diharapkan bantuan pemerintah untuk bisa segera merenovasi dan mengembangkan sarana dan prasarana untuk semakin menunjang kegiatan pariwisata di Air Terjun Kanto Lampo ini.