Air Terjun Peguyangan Nusa Penida, Kolam Alami Tepi Jurang yang Anti-mainstream

air terjun peguyangan nusa penida

via vladimir0vna

Anda ingin berlibur di Bali dengan penuh tantangan? Anda dapat berkunjung ke , Bali. Namun Air Terjun Peguyangan hanya diperuntukkan Anda yang bernyali besar. Anda yang phobia ketinggian, jangan pernah mencobanya. Sebelum berlibur ke Air terjun Peguyangan Anda sebaiknya dalam kondisi sehat dan jangan terlalu membawa barang bawaan yang berat. Patuhi aturan yang ada serta selalu waspada dan hati-hati.

Air Terjun Peguyangan Nusa Penida sudah beroperasi sejak tahun 1995. Saat itu, sumber mata air ini dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Nusa Penida yang akan digunakan untuk menyalurkan air bersih ke rumah-rumah warga. Mata air di sekitar Air Terjun Peguyangan dianggap sangat penting sebab sumber air bagi penduduk setempat.

air terjun peguyangan nusa penida 2 1024x682 Air Terjun Peguyangan Nusa Penida, Kolam Alami Tepi Jurang yang Anti mainstream

via blogunik

Air Terjun Peguyangan Nusa Penida, Air yang Langsung Terjun ke Laut

Air Terjun Peguyangan Nusa Penida merupakan air terjun yang airnya langsung terjun ke laut lepas. Di atas air terjun terdapat sebuah gapura yang instagramable untuk Anda yang hobi berfoto. Tak hanya itu, gapura tersebut juga populer sebagai tempat pre-wedding. Keindahan latar belakang foto Anda semakin artistik dengan view tebing serta tanaman hijau dan tentu Air Terjun Tembeling.

air terjun peguyangan nusa penida 1 Air Terjun Peguyangan Nusa Penida, Kolam Alami Tepi Jurang yang Anti mainstream

via vladimir0vna

Disekitar air terjun, terdapat mata air jernih yang segar dan menyehatkan. Selain segar, mata air ini juga dianggap suci oleh penduduk setempat namun, Anda boleh meminum atau mencuci muka dengan mata air tersebut.

Selain mata air, terdapat kolam alam di dekat tebing dan langsung berbatasan dengan ujung tebing dan view yang dapat Anda nikmati langsung yakni laut lepas. Kolam alam ini dapat Anda gunakan untuk berenang. Di bawah mata air terdapat sebuah pura milik penduduk setempat. Pura ini sering digunakan untuk sembahyang dan juga upacara adat keagamaan.

Lokasi dan Cara Menuju Air Terjun Peguyangan Nusa Penida

Untyk mencapapai lokasi Air Terjun Peguyangan, Anda harus menyebrang dari Pulau Bali ke Nusa Penida dengan speed boat. Speed boat dapat Anda sewa dengan harga Rp. 100.000 per-orang, sedangkan Anda yang datang dari Pelabuhan Padang Bai dan menyewa speed boat akan dikenai biaya Rp.115.000 per motor (untuk dua orang).

Setelah sampai tepian pantai, perjuangan Anda dimulai. Anda harus melewati sekitar 870 anak tangga yang berada di bawah karang. Anda harus berhati-hati melewati tangganya sebab sangat curam dan bisa juga licin. Disekitaran tangga Anda juga akan melihat pipa-pipa yang mengalirkan pasokan air untuk warga setempat.

Meskipun perjalanannya sangat melelahkan dan butuh tenaga lebih, semuanya akan terbayar setelah Anda sampai di puncak. Keindahan jajaran tebing-tebing serta hamparan laut biru akan membuat letih Anda hilang.

Aturan yang Tak Boleh Dilanggar di Air Terjun Peguyangan Nusa Penida

Disekitar air terjun terdapat mata air yang disucikan oleh penduduk setempat, perempuan yang sedang haid dilarang untuk mendekati mata air sebab di bawah mata air terdapat pura. Hal ini dilakukan untuk menghormati tempat ibadah. Untuk menghindari hal yang tak diinginkan Anda wajib mentaati peraturan yang ada.

Selain itu, Anda juga diwajibkan menjaga kebersihan dan harus bertingkah sopan. Apabila Anda menemukan sampah di sekitar air terjun ataupun mata air sebaiknya Anda pungut dan membuangnya ke tempat sampah yang disediakan.

Untuk mendapat pengalaman yang menantang dibutuhkan pula tenaga yang lebih, Anda yang akan berlibur ke Air Terjun Peguyangan harus ekstra hati-hati. Patuhi aturan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan dan selalu bersikap sopan dan jangan seenaknya. Jika ingin berfoto silahkan asal Anda tak merusak keindahan alamnya.