Air Terjun Tirta Payuk, Air Terjun Unik Berbentuk Mangkuk yang Masih Alami

Air Terjun Tirta Payuk

by @ekayudha29

menjadi tempat menarik yang bisa Anda saksikan di wilayah Bangli. Tempat ini pun bisa menjadi persinggahan sejenak kala melakukan perjalanan liburan ke area Kintamani saat ingin menyaksikan pemandangan Gunung Batur.

Pesona keindahan Air Terjun Tirta Payuk tak perlu diragukan lagi. Meski namanya belum begitu populer, panorama keindahan yang tercipta di air terjun ini menciptakan aura tersendiri. Itulah mengapa lokasinya pasti dicari oleh wisatawan yang menginginkan suasana nyaman dan damai.

air terjun tirta payuk 1 820x1024 Air Terjun Tirta Payuk, Air Terjun Unik Berbentuk Mangkuk yang Masih Alami

by Ricky Ardianto

Berada di pedesaan, Anda akan merasakan nuansa khas alam pedesaan yang sejuk tanpa polusi. Banyaknya pepohonan yang hijau semakin menambah asri dan segarnya udara. Penduduk desa yang ramah kian memberi kenyamanan ketika berada di lokasi air terjun.

baca juga: Bukit Teletubbies Nusa Penida, Pilihan Wisata yang Instagrammable Banget!

Air Terjun Tirta Payuk tergolong air terjun rendah dengan aliran air yang tidak begitu deras. Namun ketika musim penghujan datang, aliran airnya sangat deras. Untuk itu, para pengunjung pun harus cukup waspada ketika berkunjung ke tempat ini saat musim hujan.

Air terjunnya berada di dua tebing yang sedikit menjorok ke dalam sehingga membentuk seperti mangkuk. Di sekitar tebing tumbuh pepohonan hijau yang subur. Aliran airnya yang jernih membentuk sebuah kolam yang pasti nyaman jika digunakan untuk bermain air.

baca juga: Desa Wisata Baha Mengwi, Pilihan Liburan Edukasi dengan Nilai Sejarah Tinggi

Suara aliran air yang bergemericik menambah kedamaian yang tercipta di sini. Tidak banyaknya orang yang datang berkunjung menjadikan objek wisata ini lokasi yang pas sebagai penghilang penat dari rutinitas harian.

Air Terjun Tirta Payuk 2 Air Terjun Tirta Payuk, Air Terjun Unik Berbentuk Mangkuk yang Masih Alami

by @ekayudha29

Berendam, berenang ataupun bermain air adalah salah satu cara melepaskan segala kepenatan. Keindahan Air Terjun Tirta Payuk juga bisa dinikmati sebagai latar dalam foto. Berfoto selfie di sini akan menciptakan kepuasan pada alam yang masih natural.

Karena masih alami, wisata Tirta Payuk belum memiliki fasilitas yang cukup memadai. Sarana jalan menuju lokasi juga masih berupa tanah. Pantas jika musim hujan tiba, jalanan di sini masih cukup licin sehingga pengunjung yang datang harus ekstra hati-hati.

baca juga: Pantai Baluk Rening Jembrana, Pantai Indah yang Juga Berkhasiat untuk Kesehatan

Uniknya ketika datang ke Tirta Payuk adalah Anda bisa sekaligus mengunjungi Air Terjun Tibumana dan Air Terjun Pengibul yang lokasinya berdekatan. Sehingga dalam satu waktu berwisata, 3 tempat dapat didatangi sekalian.

Wisatawan yang baik adalah wisatawan yang mampu menjaga kebersihan areal wisata. Jadi sebaiknya jangan membuang sampah sembarangan di lokasi wisata ini. Agar keindahan alamnya tetap terjaga dan menjadi lokasi yang nyaman untuk dikunjungi.

Lokasi Air Terjun Tirta Payuk

Untuk menuju ke lokasi Air Terjun Tirta Payuk, Anda bisa berkunjung ke Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli. Berangkat dari Kuta setidaknya memerlukan 1,5 jam perjalanan atau sekitar 60 menit jika dari ditempuh dari Denpasar.

Tidak susah untuk sampai ke lokasi Air Terjun Tirta Payuk karena lokasinya berdekatan dengan Air Terjun Pengibul dan Air Terjun Tibumana. Tempatnya berada dekat dengan jalan raya sehingga tidak memerlukan tenaga ekstra untuk mencapainya.

Selamat datang di Air Terjun Tirta Payuk dan… Have Fun !!!