Air Terjun Tukad Cepung Bali, Keindahannya Terlindung Bebatuan

air terjun tukad cepung bali

Instagram photo by @chriscottington

kini menjadi destinasi favorit terbaru di Pulau Dewata. Keindahannya dan keasrian alaminya, menjadikan tempat ini sebagai lokasi yang pas untuk sejenak melupakan keriuhan suasana kota besar. Dan, air terjun ini pun layak untuk disebut sebagai salah satu air terjun terindah di Bali.

air terjun tukad cepung bali 1 1024x1024 Air Terjun Tukad Cepung Bali, Keindahannya Terlindung Bebatuan

Instagram photo by Regina L

Lokasinya yang tersembunyi dan akses yang sedikit sulit, tidak serta merta mengurungkan niat wisatawan untuk datang melihat keindahan alamnya. Air Terjun Tukad Cepung Bali lokasinya dikelilingi oleh tebing batu yang menambah keunikan tersendiri. Pengunjung harus menyelinap diantara tebing-tebing yang hampir menyerupai sebuah goa sebelum mencapai Air Terjun Tukad Cepung ini.

air terjun tukad cepung bali 2 Air Terjun Tukad Cepung Bali, Keindahannya Terlindung Bebatuan

Instagram photo by Deriana

Saat berkunjung ke tempat ini, para wisatawan akan disambut oleh beberapa pemuda. Pemuda-pemuda ini akan melakukan upacara Mesirat dengan memberi percikan air suci sebelum memasuki lokasi wisata. Upacara ini bertujuan untuk ritual pembersihan diri.

baca juga: Air Terjun Jagasatru Karangasem, Wisata Air Terjun Memukau di Bali

Kemudian mereka akan memandu wisatawan untuk menyurusi jalan berundak ke bawah. Di sepanjang perjalanan yang tampak hanya hijau dan rimbunnya pepohonan sehingga suasananya sangat asri dan sejuk.

air terjun tukad cepung bali 3 820x1024 Air Terjun Tukad Cepung Bali, Keindahannya Terlindung Bebatuan

Instagram photo by Bali Travelogue

Sekitar 15 meter sebelum sampai di lokasi air terjun, terdapat aliran air bendungan yang cukup dalam. Air bendungan ini biasa digunakan oleh masyarakat desa untuk mandi atau berendam.

Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menuruni jalan setapak yang berundak-undak. Lalu keseruan dan tantangan barulah dimulai, yakni menyelinap di sela-sela tebing batu karena jalan yang dilalui sangatlah sempit. Hingga surga tersembunyi yang membuat penasaran akhirnya terlihat dengan sangat menawan.

baca juga: Seru-seruan di Taman Wisata Air Tirta Lestari Gumbrih Jembrana

Tak hanya mandi di bawah guyuran air terjun, pengunjung juga dapat mengabadikan momen di sini sambil berfoto-foto. Keindahan Air Terjun Tukad Cepung tentu menjadi latar yang cantik ketika berfoto selfie.

air terjun tukad cepung bali 4 Air Terjun Tukad Cepung Bali, Keindahannya Terlindung Bebatuan

Instagram photo by @chriscottington

Air Terjun Tukad Cepung ini belum begitu ramai oleh kunjungan wisatawan. Kebanyakan yang datang adalah wisatawan domestik saja. Namun karena keindahan pemandangan alamnya tak terbantahkan, pastinya objek wisata ini akan segera populer di kalangan wisatawan mancanegara.

baca juga: Mama San Bali, Restoran Unik Bertema Klasik di Kerobokan, Bali

Karena wisata air terjun ini terbilang baru, sehingga pantaslah jika akses jalan serta fasilitas penunjang pariwisata masih banyak kekurangan. Oleh karena itu hendaknya pemerintah setempat dapat segera untuk membenahi sarana dan prasarana yang ada sehingga geliat pariwisata di lokasi Air Terjun Tukad Cepung dapat segera tumbuh dan berkembang.

Lokasi Air Terjun Tukad Cepung Bali

Air terjun eksotis ini terletak di Banjar Penida Kelod, Desa Tembuku, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali. Tidak ada tarif masuk untuk menikmati keindahan alam dan panorama yang memukau di lokasi air terjun. Pengunjung hanya membayar donasi sukarela yang digunakan untuk mengelola objek wisata ini. Anak-anak muda desa setempat adalah pengelola sekaligus sebagai pemandu wisata.

Rute Menuju Air Terjun Tukad Cepung Bali

Jika ditempuh dari kota Bangli berjarak sekitar 8 kilometer, sedangkan bila ditempuh dari Kota Denpasar berjarak sekitar 39 kilometer. Bila berangkat dari Bandara Ngurah Rai menempuh jarak 53 kilometer atau dengan waktu tempuh sekitar 71 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Tidak terlalu sulit kok untuk menjangkau tempat ini. Jadi, bagi Anda yang mengaku sebagai pecinta wisata alam, wajib nih berkunjung ke Air Terjun Tukad Cepung Bali. Dijamin, tidak bakal rugi deh!