Air Terjun Yeh Labuh, Air Terjun yang Masih Alami dan Perawan di Karangasem

Air Terjun Yeh Labuh

by Mukti Ali

Deretan air terjun indah bisa Anda jumpai di Pulau Bali. Satu tempat yang tidak boleh ketinggalan adalah . Terutama bagi pecinta wisata alam petualangan. Salah satunya adalah . Meski namanya belum begitu terdengar, namun objek wisata ini juga sangat layak sebagai lokasi penghilang penat.

Julukan air terjun tersembunyi sangat cocok untuk disematkan pada Air Terjun Yeh Labuh ini. Bagaimana tidak, selain lokasinya yang tidak mudah untuk dicapai, wisata ini juga dinilai masih perawan dan masih sangat terjaga kealamiannya.

Air Terjun Yeh Labuh 3 1024x1024 Air Terjun Yeh Labuh, Air Terjun yang Masih Alami dan Perawan di Karangasem

by Johan Harmide

baca juga: Arung Jeram Sungai Telaga Waja, Aktivitas Menantang di Jalur Rafting Sejauh 16 Km

Lokasi Air Terjun Yeh Labuh

Jika Anda ingin berkunjung, Air Terjun Yeh Labuh berada di wilayah Desa Selumbung Kaler, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Lokasinya dekat dengan objek wisata Candi Dasa, hanya sekitar 30 menit perjalanan.

Rute dan Cara Menuju Air Terjun Yeh Labuh

Dari arah Denpasar, arahkan kendaraan Anda menuju Tugu Manggis. Sampai di Tugu Manggis, ambil arah ke kiri kemudian lurus hingga bertemu perempatan. Kemudian pilih jalur ke kanan lalu lurus saja hingga sampai di Desa Apit Yeh. Setelah menemukan Pura Paseh, perjalanan dilanjutkan menuju arah barat hingga bertemu pertigaan.

Air Terjun Yeh Labuh 2 Air Terjun Yeh Labuh, Air Terjun yang Masih Alami dan Perawan di Karangasem

by Mukti Ali

baca juga: Air Terjun Pengibul, Wisata Air Terjun Bertingkat Primadona Baru di Bangli

Ambil arah ke kanan lalu lurus saja hingga menemukan jalan tanjakan. Ikuti saja jalan tersebut hingga masuk ke jalan yang tidak beraspal. Anda dapat memarkir kendaraan di ujung jalan tersebut dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Perjalanan Penuh Petualangan ke Air Terjun Yeh Labuh

Segera setelah perjalanan dengan kaki dimulai, inilah awal dari babak petualangan yang akan Anda hadapi. Jalanan yang ada bukanlah jalan setapak mulus seperti biasa. Namun area-area terjal dan bebatuan harus Anda lalui juga. Semakin seru ketika harus menyeberangi sungai untuk sampai di lokasi.

baca juga: Mata Air Guyangan Nusa Penida, Sensasi Kolam Renang Alami di Pinggir Tebing

Bukan hanya turunan, jalan berupa tanjakan juga harus diperhatikan. Karena berupa daerah yang penuh bebatuan, keahlian dalam memanjat juga diperlukan. Bagi pecinta trekking menantang seperti ini tentu sangat menyenangkan. Namun bagi pemula, mungkin akan sedikit menemukan kesulitan.

Air Terjun Yeh Labuh 1 1024x1024 Air Terjun Yeh Labuh, Air Terjun yang Masih Alami dan Perawan di Karangasem

by I Putu Hendra Wirawan

Karena jalur yang dilalui cukup susah, ada baiknya datang dalam berkelompok. Sehingga jika terjadi kesulitan dalam menempuh jalur yang ada, bisa saling membantu dan mempermudah melewati jalur tersebut. Sesampai di lokasi air terjun, kelelahan yang ada akan segera terobati oleh indahnya Air Terjun Yeh Labuh. Jangan lupa berfoto sebagai kenang-kenangan ya …

Jika dibandingkan dengan ketinggian Air Terjun Jagasatru yang memiliki ketinggian 40 meter, Air Terjun Yeh Labuh memiliki ketinggian sekitar 35 meter. Air terjun ini sebenarnya memiliki 2 lokasi air terjun yang berbeda tingkat. Tingkat pertama yang berada paling bawah bernama Air Terjun Tibu Kresek. Naik sedikit ke atas sekitar 10 menit, Anda akan menjumpai Air Terjun Tibu Tengah.

Untuk memudahkan mengingat lokasinya, warga sekitar menamakan keduanya sebagai Air Terjun Yeh Labuh karena lokasinya yang berdekatan. Air terjun yang berada di tingkat atas (Air Terjun Tibu Tengah) inilah yang memiliki ketinggian 35 meter.

Wisata air terjun ini sayangnya belum mendapat perhatian maksimal dari pemerintah setempat. Sehingga belum terdapat fasilitas tambahan sebagai penunjang kegiatan pariwisata.