Arung Jeram Sungai Telaga Waja, Aktivitas Menantang di Jalur Rafting Sejauh 16 Km

Arung Jeram Sungai Telaga Waja

by @evie17

Wisata pantai di Bali sudah biasa. Bagaimana kalau Anda mencoba pengalaman arung jeram Sunga Telaga Waja? Di tempat ini, Anda akan merasakan sensasi liburan yang berbeda. Terutama bagi Anda yang doyan dengan aktivitas menantang dan memacu adrenalin.

Berarung jeram di Sungai Telaga Waja pasti memberikan sensasi ketegangan adrenalin yang maksimal. Bagaimana tidak, karena sungai ini memiliki jalur  rafting paling panjang di antara sungai-sungai di Bali yakni sejauh 16 kilometer.

Arung Jeram Sungai Telaga Waja 4 1024x1024 Arung Jeram Sungai Telaga Waja, Aktivitas Menantang di Jalur Rafting Sejauh 16 Km

by Mellie Gouw

Dengan waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam, Anda bisa terpuaskan berarung jeram di Sungai Telaga Waja ini. Aliran air yang deras serta jernihnya air merupakan nilai lebih yang dimiliki Sungai Waja, sehingga sangat cocok bagi pecinta olahraga menantang.

baca juga: Pura Kehen Bangli, Wisata Religi Pura dengan Keunikan dan Nilai Sejarah Tinggi

Selain memiliki turunan dengan tinggi hampir 5 meter dengan sudut kemiringan sekitar 50 derajat, aral bebatuan yang berada di sepanjang sungai juga menjadi tantangan yang wajib ditaklukkan.

Arung Jeram Sungai Telaga Waja 3 Arung Jeram Sungai Telaga Waja, Aktivitas Menantang di Jalur Rafting Sejauh 16 Km

by @evie17

Tips Keamanan saat Mencoba

Karena berada di aliran air yang deras, faktor keselamatan harus sangat diperhatikan. Oleh karenanya, sebelum memulai arung jeram, seluruh peserta wajib mentaati semua pengarahan dari pemandu. Pemandu yang mendampingi selama kegiatan arung jeram Sungai Telaga Waja sudah sangat terlatih dan bekerja secara profesional.

Semua instruksi pemandu wajib diikuti selama arung jeram berjalan, seperti saat harus mendayung atau berhenti mendayung, harus menunduk ketika ada rintangan di depan dan lain-lain.

Arung Jeram Sungai Telaga Waja 2 1024x1024 Arung Jeram Sungai Telaga Waja, Aktivitas Menantang di Jalur Rafting Sejauh 16 Km

by Daniel Antoniutti

baca juga: Bagus Agro Pelaga, Lokasi Agrowisata untuk Liburan Keluarga di Dataran Tinggi Bali

Semua peralatan serta perlengkapan yang digunakan untuk arung jeram sudah berstandar internasional. Setiap peserta dilengkapi dengan jaket pelampung dan helm. Untuk keamanan, dalam setiap perahu karet hanya boleh ditumpangi maksimal 4 orang peserta dan seorang pemandu.

Tingkat Kesulitan Tinggi Aktivitas Wisata Arung Jeram Sungai Telaga Waja

Dalam klasifikasi internasional, arung jeram Sungai Telaga Waja berada pada tingkat kesulitan 2 hingga 4. Semakin tinggi levelnya, semakin susah sungai tersebut untuk ditaklukkan dalam kegiatan arung jeram.

Pada arung jeram level 2, yang diperlukan adalah sedikit manuver dengan karakter arus sungai lurus ke depan. Ada beberapa batuan yang mudah untuk dilewati pemula. Kalaupun terjatuh dari perahu karet, cedera tidak terlalu membahayakan. Level 2 di Sungai Telaga Waja dapat ditemukan pada start point hingga 30 menit awal rafting serta area yang berdekatan dengan finish point.

Arung Jeram Sungai Telaga Waja 1 Arung Jeram Sungai Telaga Waja, Aktivitas Menantang di Jalur Rafting Sejauh 16 Km

by nouf zahrah anastasia

baca juga: Paralayang di Bukit Timbis, Wisata Seru dan Menantang di Bali

Pada arung jeram level 3, arus sungai berkategori sedang. Manuver dan pengendalian perahu masih sangat diperlukan. Kemungkinan cedera akibat terjatuh dari perahu karet masih bisa terjadi. Bagi yang bisa berenang, dapat dengan mudah berenang ke tepian sungai. Namun bagi yang tidak dapat berenang, bantuan team penyelamat sangat diperlukan.

Pada arung jeram level 4, arus sungai berkecepatan tinggi dan sangat cepat. Pemandu harus dapat mengendalikan laju dan arah perahu. Kadang pemandu menabrakkan perahu ke dinding sungai untuk memperlambat laju perahu. Jikalau peserta terjatuh di level ini, team penyelamat harus cepat membantu meskipun peserta mampu berenang sendiri. Lokasi level 4 di Sungai Telaga Waja terjadi di menit ke 45 hingga menit 70 rafting.

Selain serunya berarung jeram, peserta juga dapat menikmati keindahan panorama alam di sepanjang Sungai Telaga Waja yang berada di Desa Muncan, Karangasem, Bali ini.