Asyiknya Liburan di Hamparan Pasir Hitam Pantai Delod Berawah Jembrana

Pantai Delod Berawah Jembrana

Instagram photo by I Made Citayasa

Liburan di akhir pekan sangat sesuai jika dilakukan sembari mengunjungi obyek wisata. Apalagi obyek wisata tersebut menyuguhkan panorama keindahan alam serta pemandangan yang menyegarkan mata. Lokasi wisata yang cocok untuk refresing tersebut adalah . Obyek wisata pantai ini merupakan pilihan yang sangat sesuai untuk liburan keluarga.

Pantai Delod Berawah Jembrana 1 » Asyiknya Liburan di Hamparan Pasir Hitam Pantai Delod Berawah Jembrana

Instagram photo by I Made Citayasa

Panorama alamnya sangat indah sehingga tak heran jika selalu dikunjungi baik wisatawan domestik ataupun turis asing. Pantainya berpasir hitam dan konon dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Meski untuk kebenaran terkait kabar ini masih simpang siur. Belum ada penjelasan ilmiah yang bisa membuktikannya.

Selain berpasir hitam, Pantai Delod Berawah juga memiliki ombak yang tinggi dan besar. Sehingga sangat cocok bagi pecinta olahraga surfing untuk menyalurkan hobinya. Nama Pantai Delod Berawah memang tak sepopuler Pantai Medewi sebagai tempat favorit untuk selancar, namun keindahan ombaknya tak kalah bagus dari pantai yang juga berada di wilayah Kabupaten Jembrana itu.

Pantai Delod Berawah Jembrana 2 » Asyiknya Liburan di Hamparan Pasir Hitam Pantai Delod Berawah Jembrana

Instagram photo by Tabanan Bali Property

baca juga: Wisata Religi Bali: Pura Luhur Rambut Siwi Jembrana

Hamparan pantai yang berpasir hitam ini sangatlah luas sehingga yang bukan pecinta surfing, masih bisa beraktivitas dengan menyenangkan seperti olahraga volley pantai ataupun bermain sepak bola. Kondisi pantai yang nyaris tak berbatu, juga merupakan tempat yang asyik untuk berenang ataupun bermain-main pasir di tepian pantai.

Sebagai lokasi wisata yang senantiasa dikunjungi wisatawan, Pantai Delod Berawah selalu berbenah untuk kemajuan pariwisatanya. Pemerintah setempat telah mendirikan beberapa fasilitas seperti lokasi parkir kendaraan yang luas, tempat untuk duduk-duduk santai sambil menikmati keindahan pantai, tempat-tempat makan atau restoran-restoran, serta beberapa penginapan.

Pantai Delod Berawah Jembrana 3 1024x576 » Asyiknya Liburan di Hamparan Pasir Hitam Pantai Delod Berawah Jembrana

Instagram photo by Yunan Setiawan

baca juga: Pantai Perancak Jembrana, Pantai Indah di Bali Barat

Bahkan dibangun pula kolam renang yang terletak di tepi pantai. Kolam tersebut adalah Taman Rekreasi Tirta Samudra Delod Berawah. Jadi pengunjung dapat memilih, ingin berenang di lepas pantai ataupun di kolam renang yang juga bersuasana pantai.

Di Taman Rekreasi Tirta Samudra Delod Berawah juga terdapat kolam renang khusus anak-anak sehingga lebih terjaga keamanan bagi anak-anak. Dilengkapi juga beberapa arena permainan, yang menambah keseruan berlibur keluarga. Jika ingin berenang di kolam renang ini dikenakan tiket sebesar Rp 5.000 untuk dewasa dan anak-anak dikenakan tarif sebesar Rp 3.000.

baca juga: Surfing Seru-Seruan di Pantai Medewi Jembrana, Yuk!

Selain mengunjungi pantai, Anda juga bisa menyempatkan diri untuk berkunjung ke Desa Delod Berawah. Di desa ini terdapat sebuah tradisi Makepung (atraksi balap kerbau  yang diadakan setiap tahun). Untuk senantiasa melestarikan tradisi lokal ini, pemerintah Kabupaten Jembrana juga membangun sirkuit Makepung yang letaknya tak jauh dari Pantai Delod Berawah.

Lokasi Pantai Delod Berawah Jembrana

Pantai Delod Berawah terletak di Desa Delod Berawah, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali.

Cara Menuju ke Pantai Delod Berawah Jembrana

Lokasi Pantai Delod Berawah sangat mudah ditemukan karena berada area jalan utama Gilimanuk-Denpasar dan berjarak sekitar 2 kilometer dari jalan utama tersebut. Ketika Anda melewati jalur ini, sesampai di Kecamatan Mendoyo tengoklah ke sebelah kiri jalan dan Anda akan menemukan penunjuk jalan menuju Pantai Delod Berawah.

Selanjutnya, Anda tinggal mengikuti saja penunjuk jalan tersebut hingga sampai di Pantai Delod Berawah. Lokasinya akan tampak jelas karena begitu sampai, Anda akan disambut oleh patung putri duyung yang merupakan ikon dari Pantai Delod Berawah Jembrana ini.