Bali Bird Park, Wisata Edukasi yang Menyenangkan dan Menarik Bersama Keluarga

Bali Bird Park

Seorang pengunjung wanita yang tengah berfoto bersama para burung di Bali Bird Park via beepictures.bali

Salah satu taman satwa yang juga sebagai sarana edukasi bagi anak-anak di Bali adalah (Taman Burung Bali). Tempat ini bisa jadi lokasi menikmati liburan di Bali bersama keluarga tentu sangat menyenangkan. Apalagi liburan tersebut dengan mengajak anak-anak bermain bersama hewan, yang sekaligus mengajarkan mereka tentang kehidupan hewan.

Bali Bird Park 1 Bali Bird Park, Wisata Edukasi yang Menyenangkan dan Menarik Bersama Keluarga

Sepasang burung Jalak Bali di Bali Bird Park via fabien.mahaut

Di taman ini, anak-anak dapat melihat serta berinteraksi langsung dengan berbagai jenis hewan khususnya burung Jalak Bali sebagai hewan khas Bali. Taman ini merupakan taman burung terbesar di Indonesia. Tentunya, hal ini akan jadi pengalaman yang sangat berharga bagi anak-anak. Di samping itu, mereka juga akan bisa diajarkan untuk tetap menjaga kelestarian alam.

Berlokasi di Singapadu, Gianyar, taman burung ini memiliki koleksi burung lebih dari 1000 ekor burung dari sekitar 250 jenis burung. Burung-burung yang dipelihara di sini merupakan burung-burung asli dari Indonesia bahkan ada yang merupakan burung dari mancanegara. Burung-burung ini merupakan burung langka yang memang harus dilindungi agar tidak punah.

Bali Bird Park 2 1024x750 Bali Bird Park, Wisata Edukasi yang Menyenangkan dan Menarik Bersama Keluarga

Seorang pengunjung wanita yang tengah berfoto bersama para burung di Bali Bird Park via beepictures.bali

Beberapa jenis burung yang menjadi koleksi di Bali Bird Park diantaranya Elang Jawa, burung kasuari dari Papua, burung dari Sumatera yakni Crimson Wing Parakeet, burung Beo Abu-Abu dari Afrika, burung dari Kalimantan yaitu burung Junai emas, burung Makaw dari Amerika Selatan dan masih banyak lainnya.

Setelah dibuka pada tahun 1995, Bali Bird Park terus mengembangkan dan menambah koleksi burungnya. Yang menarik dari taman burung ini adalah selain dapat melihat dan berinteraksi dengan burung-burung tersebut, pengunjung juga dapat melihat cara pengembangbiakan burung, mulai masih berupa telur hingga penetasan. Dan juga proses pemberian makan burung juga diperlihatkan di sini.

Bali Bird Park 3 1024x1024 Bali Bird Park, Wisata Edukasi yang Menyenangkan dan Menarik Bersama Keluarga

Pelikan dengan mulutnya yang besar di Bali Bird Park via alexandra_borodina

Lokasi Bali Bird Park penuh ditumbuhi oleh pepohonan sehingga terasa sejuk dan asri. Pepohonan merupakan tempat tinggal dari burung-burung tersebut sehingga tampak seperti alam habitat asli mereka. Suasana kicauan burung yang bersahutan membuat nyaman dan menjadikan ingin berlama-lama tinggal di taman ini.

baca juga: Pantai Tulamben, Pemandangan Underwater dengan Bangkai Kapal Amerika

Taman yang berdiri di lahan seluas 2 hektar ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Kebanyakan mereka datang membawa anak-anak untuk memperkenalkan berbagai jenis satwa terutama spesies unggas di taman ini. Tiap harinya ada sekitar 300 sampai 400 pengunjung yang datang. Memang keberadaan Bali Bird Park ini sudah terkenal seantero dunia, hingga tak heran jika wisatawan yang datang bukan hanya domestik tapi juga wisatawan asing.

Bali Bird Park 4 1024x1024 Bali Bird Park, Wisata Edukasi yang Menyenangkan dan Menarik Bersama Keluarga

Pose foto favorit para pengunjung Bali Bird Park via dickypranata

Selain berinteraksi dengan burung, pengunjung juga dapat berfoto-foto bersama hewan cantik ini. Berbagai macam pose bisa dihasilkan bersama hewan unggas yang bersuara merdu tersebut.

baca juga: Pantai Lipah, Pantai Sepi yang Punya Keindahan Alam Bawah Laut Memukau di Karangasem

Lokasi Bali Bird Park

Taman Burung Bali terletak di alamat Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, di Singapadu, Batubulan, Kecamatan Gianyar, Bali. Tempat ini bisa dijangkau dari kawasan Kuta Bali dalam waktu sekitar 50 menit. Perjalanan ke sana hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kalau tidak bawa kendaraan, opsinya adalah menggunakan taksi atau menyewa kendaraan.

Tiket Masuk Bali Bird Park

Tiket masuknya dikenakan sebesar 150 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 75 ribu rupiah untuk anak-anak usia di atas 2 -12 tahun. Sedangkan untuk anak dibawah 2 tahun tidak ditarik biaya alias gratis. Bali Bird Park berjarak sekitar 12 kilometer dari Denpasar, dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan.  Buka setiap hari Senin-Sabtu jam 07.00 – 22.00, dan pada hari Minggu buka pukul 07.00 – 18.00.