Bali Shell Museum (Museum Kerang Bali), Wisata Edukasi Wajib di Kuta

Museum Kerang Bali

Deretan koleksi Museum Kerang Bali yang dikumpulkan dari berbagai negara dunia Instagram photo by Tirta K

Salah satu lokasi wisata yang memberikan edukasi dan informasi ilmu pengetahuan di Bali adalah (Bali Shell Museum). Museum yang menyimpan segala hal tentang kerang ini menjadi tempat alternatif untuk belajar meskipun sedang dalam kegiatan liburan. Sehingga sangatlah menyenangkan tatkala berlibur tetapi juga mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

museum kerang bali 3 » Bali Shell Museum (Museum Kerang Bali), Wisata Edukasi Wajib di Kuta

Deretan koleksi Museum Kerang Bali yang dikumpulkan dari berbagai negara dunia via Asia Web Direct

Museum kerang Bali ini adalah museum kerang pertama dan satu-satunya yang ada di Indonesia. Memiliki koleksi sekitar 10 ribu jenis kerang dan berasal dari lokal Indonesia maupun dari mancanegara. Bahkan kerang-kerang yang ada memiliki usia ratusan tahun yang sudah menjadi fosil.

Selain dapat melihat aneka jenis kerang, disediakan juga ruangan yang berfasilitas home teater untuk menonton video dokumenter tentang bagaimana perjalanan untuk mendapatkan kerang-kerang tersebut. Perjalananan wisata edukasi ke tempat ini pun bakal bisa dilakukan dengan sangat menyenangkan dan tidak membosankan.

museum kerang bali 2 » Bali Shell Museum (Museum Kerang Bali), Wisata Edukasi Wajib di Kuta

Hunting foto untuk dipajang di jejaring sosial juga keren loh Instagram photo by Tirta K

Bangunan dari museum kerang ini atapnya berbentuk laksana keong yang sangat besar, seperti sebuah cangkang kerang. Gedungnya berlantai tiga dengan koleksi yang berbeda-beda di tiap lantainya. Penggagas dibangunnya Museum Shell Bali adalah Stephen yang memang sangat mencintai kerang sejak ia masih kecil.

baca juga: Bali Bird Park, Wisata Edukasi yang Menyenangkan dan Menarik Bersama Keluarga

Stephen dikenal sebagai sosok yang benar-benar punya kecintaan tinggi terhadap kerang, ia memutuskan untuk berkeliling dunia mencari dan menelusuri jejak-jejak kerang yang pernah ada. Karena banyaknya koleksi yang ia miliki dari seluruh dunia, akhirnya ia membangun museum kerang yang salah satunya adalah Museum Shell Bali, setelah museum kerang yang ada di Amerika Serikat, Jepang, Prancis, Filiphina, dan Thailand.

museum kerang bali 1 » Bali Shell Museum (Museum Kerang Bali), Wisata Edukasi Wajib di Kuta

Tidak hanya koleksi kerang yang bisa dijumpai di Museum Kerang Bali via Detik

Aneka fosil yang dipamerkan di museum ini bukan hanya dari spesies binatang laut saja, namun juga binatang dari daerah gurun, pegunungan maupun perbukitan. Beberapa jenis kerang yang di pajang diantaranya :

baca juga: Pulau Penyu Tanjung Benoa, Suguhan Wisata Edukasi yang Menyenangkan di Bali

  • Cypraea Moneta adalah fosil kerang yang pada zaman dahulu digunakan sebagai alat pembayaran yang sah, atau sebagai pengganti uang
  • Crinions adalah fosil kerang terbesar di Asia yang memiliki lebar 1,4 meter dengan berat 170 kilogram
  • Crinoid adalah fosil kerang yang mirip dengan tumbuhan bunga yang berumur sekitar 440 juta tahun
  • Fosil kerang yang memiliki bentuk seperti cumi-cumi yang berusia sekitar 400 juta tahun
  • Fosil kerang Orthoceras yang berumur sekitar 395 juta tahun

baca juga: Chocolate Factory Bali, Pilihan Wisata Edukasi Sekaligus Kuliner Enak

Lokasi Museum Kerang Bali

Bali Shell Museum berdiri di lahan seluas 1500 meter persegi dan berada di Jl. Sunset Road No. 819, Benoa, Kuta Selatan, Badung. Buka setiap hari mulai pukul 09.30 sampai pukul 21.00 WITA, dengan ongkos masuk untuk dewasa sebesar 50 ribu rupiah dan untuk anak-anak sebesar 30 ribu rupiah.

Cara Menuju ke Museum Kerang Bali

Akses menuju lokasi obyek wisata sangat mudah dijangkau, dapat menggunakan kendaraan bermotor roda empat maupun roda dua. Jika dari kawasan sentral parkir Kuta, bisa langsung menuju ke arah Jalan Imam Bonjol lalu dilanjutkan ke Jalan Sunset Road hingga menemukan lokasi Bali Shell Museum.