Bendungan Palasari Jembrana, Wisata Bendungan Terbesar di Pulau Bali

Bendungan Palasari Jembrana

by @janu_sangut05

Wisata air di Bali memang selalu menjadi favorit para wisatawan. Mulai dari pantai, air terjun, danau hingga waduk buatan atau bendungan. Seperti yang bisa menjadi pilihan wisata alternatif sebagai tempat refresing yang asyik.

Bendungan ini mulai dibangun pada April 1986 dan diresmikan pembukaannya pada 23 Juli 1989 oleh Presiden Soeharto. Sebagai penyimpan cadangan air, Bendungan Palasari sangat bermanfaat bagi warga sekitar jika musim kemarau tiba terutama untuk pengairan sawah.

Bendungan Palasari Jembrana 3 1024x683 Bendungan Palasari Jembrana, Wisata Bendungan Terbesar di Pulau Bali

by @adinata_bonjour

Memiliki lahan seluas 100 hektar, Bendungan Palasari mampu menampung air hingga mencapai 8 juta meter kubik. Banyak ikan-ikan air tawar yang hidup bebas di bendungan ini seperti ikan nila, ikan mujair, ikan gurame, ikan lele, ikan gabus dan ikan-ikan lainnya.

baca juga: Asyiknya Liburan di Hamparan Pasir Hitam Pantai Delod Berawah Jembrana

Tak heran, para pecinta memancing sering menghabiskan waktu untuk memancing di Bendungan Palasari. Selain tempat favorit para pemancing, Anda juga bisa menyewa sampan-sampan kecil untuk menyusuri seluruh kawasan bendungan. Berlatar belakang pemandangan hijau serta sejuknya udara, lokasi ini sangat cocok untuk refresing menghilangkan penat.

Bendungan Palasari Jembrana 2 Bendungan Palasari Jembrana, Wisata Bendungan Terbesar di Pulau Bali

by @infojembrana

Kegiatan lain yang cukup ekstrim juga bisa dilakukan di sini yaitu motor cross dan off road. Di sini Anda bisa menyalurkan hobi Anda dalam dunia motor cross karena terdapat arena motor cross di sekitar bendungan. Bahkan ada jadwal berkala untuk kegiatan lomba motor cross di Bendungan Palasari ini.

Mata pencaharian masyarakat sekitar adalah petani serta beternak. Ini terlihat di sepanjang jalan banyak areal persawahan yang membentang. Pemandangan hijaunya sawah ini juga menambah keindahan di Bendungan Palasari.

Aktivitas berikutnya yang tidak kalah serunya bisa dilakukan di Bendungan Palasari Jembrana adalah berburu foto. Dengan latar belakang bendungan terbesar di Pulau Bali, Anda akan bisa mendapatkan foto yang sangat menarik. Hal inilah yang menjadi daya tarik lain dari bendungan ini.

Bendungan Palasari Jembrana 1 1024x768 Bendungan Palasari Jembrana, Wisata Bendungan Terbesar di Pulau Bali

by @dino_prikitiuw09

baca juga: Seru-seruan di Taman Wisata Air Tirta Lestari Gumbrih Jembrana

Di kawasan ini juga terdapat sebuah gereja yang cukup unik yaitu Gereja Palasari. Keunikan Gereja Palasari yang biasa digunakan untuk ritual keagamaan umat Kristen ini, memiliki bangunan serta ritual upacara yang kental dengan adat istiadat Bali.

Bangunan gereja memadukan arsitektur gotik dengan arsitektur Bali, sehingga terkesan unik dan sakral. Meskipun sudah berusia tua, kondisi dalam gedung Gereja Palasari masih sangat baik dan terlihat modern. Pada pintu masuk halaman terdapat sebuah gapura layaknya gapura pada pura-pura atau pintu masuk rumah-rumah di Bali.

Tiket Masuk Bendungan Palasari Jembrana

Untuk masuk lokasi bendungan, tiket yang dikenakan juga sangat murah yakni Rp 1.000 untuk kendaraan roda dua atau Rp 2.000 untuk yanng membawa kendaraan roda empat. Tiket inipun tidak berlaku setiap hari, namun hanya hari-hari tertentu saja. Bila hendak menginap, Anda bisa bermalam di penginapan-penginapan yang tersedia di sekitar Bendungan Palasari.

baca juga: Pantai Yeh leh Bali, Pantai dengan Bebatuan yang Cantik dan Memesona

Lokasi Bendungan Palasari

Bendungan Palasari yang berada di Dusun Palasari, Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali ini merupakan bendungan terbesar di Bali. Bendungan ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan air warga setempat. Jika hendak ke Bendungan Palasari setidaknya Anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar 3 jam dari Denpasar. Atau sekitar 40 menit jika Anda berangkat dari pusat Kota Negara.