‘Berburu’ Lumba-Lumba Liar di Pantai Lovina Bali

Pantai Lovina Bali

Instagram photo by @lefotodisimone

bukan sekadar pantai biasa. Di pantai ini, Anda tidak hanya bisa menyaksikan pemandangan pantai yang indah berhiaskan suasana matahari terbit pagi hari. Di pantai ini, para wisatawan berkesempatan untuk ‘berburu’ lumba-lumba liar. Berkat aktivitas inilah, Pantai Lovina banyak menjadi tempat pemberhentian wisatawan di Pulau Bali.

Meski pasirnya tidak berwarna putih melainkan berwarna hitam, pantai ini memiliki sejuta pesona yang tak kalah dengan pantai lainnya yang masih berada di Pulau Bali. Kehidupan lumba-lumba yang berenang di lautan lepas menjadi salah satu dari daya tarik Pantai Lovina. Terlebih, menyaksikan kehidupan para lumba-lumba di habitat aslinya menjadi pengalaman yang jauh berbeda dibandingkan dengan lumba-lumba jinak yang ada di tempat hiburan.

Pantai Lovina Bali 2 1024x576 » 'Berburu' Lumba-Lumba Liar di Pantai Lovina Bali

Instagram photo by Yuda Pratama

baca juga: Scooter Underwater Bali, Cara Asyik dan Keren Nikmati Pemandangan Bawah Laut Pulau Dewata

Karena ‘berburu’ lumba-lumba di Pantai Lovina hanya bisa dilakukan pada pagi hari, maka kamu harus memulai start perjalanan saat dini hari. Kalau kamu tidak mau repot untuk bangun dini hari, kamu bisa menginap dahulu di penginapan sekitar pantai. Ada banyak penginapan di sekitar pantai yang bisa kamu sesuaikan dengan budget yaitu dari kelas melati hingga hotel berbintang.

Ketika pagi hari, puluhan jukung atau perahu tradisional Bali akan mengantarkanmu untuk ‘berburu’ lumba-lumba di Pantai Lovina Bali. Tarif yang dikenakan untuk naik jukung adalah sekitar Rp. 100000 dengan daya tampung maksimal 5 orang per jukung. Tetapi ada pula jukung yang hanya berisi dua sampai tiga orang wisatawan.

Pantai Lovina Bali 3 » 'Berburu' Lumba-Lumba Liar di Pantai Lovina Bali

Instagram photo by @engkikristina

baca juga: Pantai Batu Belig Bali, Pantai Paling Asyik Menyaksikan Pemandangan Sunset

Sepuluh menit berlalu, akhirnya jukung berhenti sebentar untuk melihat keindahan dalam laut.Bintang laut yang cantik juga ikan kecil berwarna-warni juga akan memanjakan matamu karena air di pantai sangat jernih. Kamu bisa berfoto-foto dengan kamera waterproof.

Seolah berlomba-lomba mencapai spot berburu lumba-lumba di Pantai Lovina, jukung-jukung ini berjalan ke arah timur selama dua puluh menit. Kemudian mesin jukung dimatikan kembali setelah dua puluh menit perjalanan.

Pantai Lovina Bali 1 1024x768 » 'Berburu' Lumba-Lumba Liar di Pantai Lovina Bali

Instagram photo by nia fauziah •

Setelah cukup lama, jukung-jukung ini dinyalakan kembali menuju ke arah barat. Tak lama kemudian, teriakan wisatawan menggema begitu melihat atraksi lumba-lumba yang melompat ke udara. Suasana asyik saat berburu lumba-lumba di Pantai Lovina sangat terasa.

baca juga: Rock Bar Bali, Resto Atas Tebing dengan Pemandangan Eksotis Tepi Pantai

Sekelompok lumba-lumba sekitar 4 sampai 5 ekor menunjukkan kehebatannya dalam beratraksi di belakang sinar matahari yang terbit. Warna fajar yang kemerah-merahan dipadu dengan lumba-lumba yang meliuk-liuk di dalam laut dan melompat ke udara terlihat sangat menawan. Apalagi suasana seperti ini belum tentu ada di pantai lain.

Pantai Lovina Bali 4 1024x681 » 'Berburu' Lumba-Lumba Liar di Pantai Lovina Bali

Instagram photo by @lefotodisimone

Lokasi Pantai Lovina Bali

Berada di Desa Kalibukbuk Buleleng, pantai ini mampu membuat siapa saja terkesima dengan keindahannya. Letaknya yang jauh dari Bandara Ngurah Rai menjadi satu-satunya penghalang untuk berlibur di pantai ini. Namun, hal tersebut tidak menghentikan niatan para wisatawan untuk ‘berburu’ lumba-lumba di Pantai Lovina Bali ini.

Cara Menuju Pantai Lovina Bali

Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini, perjalanan bisa dimulai dari Kota Denpasar. Dari Denpasar, butuh waktu perjalanan sekitar tiga jam dengan jarak tempuh 100 Km. Cukup melelahkan dan memerlukan tenaga ekstra. Perjalanan ke pantai ini paling mudah dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi.