Berkunjung ke Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati, Ngarai Tersembunyi di Bali

Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati

Instagram photo by Гоша Гоша

Obyek wisata tersebut adalah jadi destinasi wisata menarik di Bali. Ngarai tersebut terletak tersembunyi sehingga tak heran jika wisatawan asing menyebutnya hidden canyon alias ngarai tersembunyi. Ngarai ini terbentuk dari kikisan air sungai, berupa lembah yang dalam dan sempit.

Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati 5 1024x1024 » Berkunjung ke Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati, Ngarai Tersembunyi di Bali

Instagram photo by Bali Travel Guide

Wisatawan yang pernah datang ke Hidden Canyon Beji Guwang selalu mengatakan bahwa perjalanan ke sini sangatlah berat dan menantang. Sangat tidak direkomendasikan jika datang bersama anak-anak ataupun orang tua. Akan tetapi, Hidden Canyon Beji Guwang memiliki pemandangan ngarai yang spektakuler yang tak mampu dilukiskan dengan kata-kata.

baca juga: Sejuknya Berada di Guyuran Air Terjun Tegenungan Gianyar

Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati 4 1024x768 » Berkunjung ke Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati, Ngarai Tersembunyi di Bali

Instagram photo by Гоша Гоша

Sebelum menjadi obyek wisata, ngarai Beji Guwang ini sering dimanfaatkan oleh penduduk sebagai tempat memancing. Di sekitar aliran sungai di ngarai Beji Guwang terdapat Pura Beji yang terdapat pancuran air yang dimanfaatkan untuk kebutuhan minum warga sekitar.

baca juga: New Kuta Green Park, Pilihan Wisata Keluarga Seru di Pulau Bali

Airnya yang suci sering digunakan untuk kegiatan upacara keagamaan pura-pura di sekitarnya. Tak heran mengapa lokasi Hidden Canyon Beji Guwang sangat disakralkan dan tidak boleh sembarangan ketika memasukinya.

Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati 3 820x1024 » Berkunjung ke Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati, Ngarai Tersembunyi di Bali

Instagram photo by Julia Kallweit

Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati menjadi pilihan untuk berwisata dan semakin populer setelah seorang fotografer yang berasal dari Klungkung mengunggah hasil jepretannya di internet. Foto-foto yang menampilkan keeksotikan alam dan pemandangan yang menawan tersebut membuat banyak orang penasaran untuk datang ke lokasi ini.

Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati 2 1024x683 » Berkunjung ke Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati, Ngarai Tersembunyi di Bali

Instagram photo by Hidden Canyon

Setelah banyak wisatawan yang datang, pemerintah desa mulai mengelola Hidden Canyon Beji Guwang sebagai tempat wisata yang memadai. Pengunjung yang datang tidak dikenakan biaya masuk, namun hanya diminta donasi sukarela untuk pengembangan dan pembangunan fasilitas wisata.

Tips Saat Berkunjung ke Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati

  1. Sebaiknya datang ketika musim kemarau tiba, untuk menghindari aliran sungai yang deras.
  2. Jam terbaik untuk datang adalah pagi hari sekitar pukul 09.00 agar dapat menjelajah tiga ngarai sekaligus.
  3. Lokasi ini sangat disakralkan oleh warga setempat, sehingga sangat disarankan untuk berpakaian dan bersikap yang sopan.
  4. Tak perlu membawa banyak bekal karena banyak warung yang menjual makanan.
  5. Sebaiknya menggunakan guide warga lokal agar tidak tersesat, karena mereka lebih mengenal medan yang dilalui.
Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati 1 1024x1024 » Berkunjung ke Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati, Ngarai Tersembunyi di Bali

Instagram photo by Devi Astiarini

Lokasi Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati

Lokasi obyek wisata Hidden Canyon Beji Guwang berada dekat dengan Pasar Seni Sukawati. Secara administrasi berada di Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Kondisinya masih belum terlalu ramai oleh pengunjung karena memang baru dibuka oleh penduduk setempat. Selain itu pula, kawasan Hidden Canyon Beji Guwang adalah areal yang disakralkan oleh penduduk lokal. Perjalanan menuju lokasi wisata ini pun sangat berat dan terjal, sehingga membutuhkan tenaga fisik yang kuat.

Cara Menuju ke Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati

Pengunjung dapat mencapai lokasi Hidden Canyon Beji Guwang dalam jarak 15 kilometer perjalanan jika ditempuh dari Kota Gianyar atau 14 kilometer dari Kota Denpasar. Rute paling cepat dari kota Denpasar adalah melalui bypass Ida Bagus Mantra hingga sampai di perempatan Desa Ketewel.

Lalu ambil jalur yang mengarah ke Jalan Raya Ketewel lalu ambil arah ke Jalan Raya Guwang. Sampai di Patung Garuda, sekitar 750 meter kemudian terdapat Pura Dalem. Area parkir Pura Dalem cukup luas dan menjadi tempat parkir kendaraan. Setelah memarkir kendaraan, dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati.