Bukit Molenteng Nusa Penida, Pemandangan ala Raja Ampat di Bali

Bukit Molenteng Nusa Penida

via anomharya

kerap kali disebut Raja Ampat dari Bali. Tak heran apabila Bukit Molenteng disebut Raja Ampat-nya Bali sebab Bukit Molenteng memiliki gugusan tebing yang indah, tak kalah dengan Raja Ampat. Bukit Molenteng berada di kawasan Nusa Penida, Bali.

Nusa Penida merupakan kepulauan yang biasa disebut Pulau Seribu atau Raja Lima mulai ramai dikunjungi wisatawan karena selain pemandangannya yang indah, kawasan tersebut juga sebagai spot indah untuk melihat sunset ataupun sunrise.

Lokasi Bukit Molenteng Nusa Penida

Bukit Molenteng Nusa Penida berada di di Banjar Pelilitan, Desa Pejukutan, Pulau Nusa Penida, Bali. Untuk menuju ke Bukit Molenteng, Anda dapat melewati Pelabuhan Kusamba, Klungkung selama kurang lebih 1 jam perjalanan dengan kapal dan dengan tarif Rp. 50.000 per orang. Atau Anda yang menyeberang melalui Padang Bay dapat menggunakan kapal roro dengan tarif Rp. 35.000 per orang.

baca juga: Mata Air Tembeling Nusa Penida, Pesonanya Menarik Siapa Saja

Sesampainya di dermaga Bunyuk atau Sampalan, Anda dapat menyewa motor dengan tarif Rp.65.000 hingga Rp.75.000 per hari untuk melalui jalan raya menuju Bukit Molenteng. Dalam perjalanan ada papan petunjuk jalan yang mengarahkan ke objek wisata Bukit Molenteng. Setelah sampai, Anda akan dkenai biaya retribusi plus parkir sebesar Rp.10.000 dan Anda harus melewati jalanan berbatu dan harus naik ratusan anak tangga untuk melihat keindahan Bukit Molenteng.

Bukit Molenteng Nusa Penida 1 » Bukit Molenteng Nusa Penida, Pemandangan ala Raja Ampat di Bali

via anomharya

Anda wajib berhati-hati sebab banyak tangga yang licin dan hanya ada papan kayu sebagai pijakan dan tali sebagai pengaman. Meskipun dibuat alat seadanya oleh masyarakat setempat, jalanan menuju Bukit Molenteng cukup aman. Diujung bukit juga terdapat tempat istirahat bagi pengunjung yang kelelahan.

baca juga: Mata Air Guyangan Nusa Penida, Sensasi Kolam Renang Alami di Pinggir Tebing

Lelahnya perjalanan akan terbayarkan ketika Anda sampai ke atas tebing dan melihat indahnya gugusan tebing serta birunya lautan. Tak hanya gugusan pulau-pulau kecil yang cantik dan wajib di foto, namun juga terdapat 2 rumah pohon yang dapat digunakan untuk objek foto dan tentunya instagramable. Tak hanya sebagai objek foto, namun rumah pohon tersebut juga disewakan kepada wisatawan. Apakah Anda ingin menginap di Bukit Molenteng?

Aktivitas Wisata di Bukit Molenteng Nusa Penida

Selain indah untuk diabadikan melalui foto di Bukit Molenteng, Anda tetap dapat bermain air loh. Mulai dari berenang, snorkeling hingga terjun dari atas ketinggian tebing. Ombak di kawasan Bukit Molenteng cukup rendah sehingga aman untuk melakukan olahraga air. Anda juga dapat mengunjungi bukit atau pulau kecil di sekitaran Bukit Molenteng.

baca juga: Pantai Pasih Uug Nusa Penida, Pantai Tersembunyi dengan Pemandangan Unik

Tak cukup hanya dengan itu, Anda juga dapat menanti sunset di Bukit Molenteng. Langit sore serta matahari yang tenggelam diantara gugusan pulau-pulau kecil adalah momen yang paling ditunggu wisatawan jika berkunjung ke Bukit Molenteng dan ngin melihat indahnya sunset di atas Bukit Molenteng.

Keindahan Bukit Molenteng Nusa Penida bak Raja Ampat memang adanya, so Anda yang tak ingin jauh-jauh ke Papua untuk menuju Raja Ampat dapat berkunjung ke Bukit Molenteng di Nusa Penida Bali. Perjalanan yang jauh serta melelahkan Anda, akan terbayarkan dengan keindahan alami dari gugusan pulau-pulau kecil dari atas ketingian Bukit Molenteng.

Anda tertarik liburan ke tempat ini? Kalau perlu, ajak teman, saudara, atau kekasih, ya!