Bukit Nampo Karangasem, Bukit Surga yang Indah dari Bali

Bukit Nampo Karangasem

Instagram photo by Adi Adnyana

Keindahan alam di Pulau Bali memang tidak ada habisnya. Baru-baru ini, muncul sebuah bukit indah bernama yang menarik perhatian para wisatawan. Terutama karena pemandangan indahnya, dan banyak yang menyebut bukit ini sebagai bukit surga dari Pulau Bali.

Dari lokasi Bukit Nampo Karangasem, para pengunjung pun bisa secara langsung menyaksikan pemandangan alam hijau yang dimiliki Pulau Dewata Bali. Berada di ketinggian 795 meter di atas permukaan laut, tempat ini memang menyajikan pemandangan dataran tinggi yang sungguh menyejukkan mata.

Bukit Nampo Karangasem 4 1024x768 » Bukit Nampo Karangasem, Bukit Surga yang Indah dari Bali

Instagram photo by @wahyukucrit

Para wisatawan bisa menyaksikan pemandangan indah di tempat ini kapan saja. Pada pagi hari, pemandangan yang disuguhkan adalah hamparan pemandangan hijau yang berhiaskan pemandangan matahari terbit. Sementara itu pada malam hari, pengunjung bisa menyaksikan gemerlap Kota Amlapura dari ketinggian bukit ini.

baca juga: Pantai Mengening Canggu, Ada Pura Tanah Lot Versi Mini di Sini

Asal Usul Keberadaan Bukit Nampo Karangasem

Selain menyimpan pemandangan yang indah, ada cerita menarik mengenai keberadaan tempat ini sebagai lokasi wisata. Dulunya, tempat ini merupakan sebuah bukit biasa dan jauh dari kesan sebuah tempat wisata. Namun, hal itu berubah karena adanya campur tangan kera yang biasa hidup di area sekitar. Kok bisa?

Bukit Nampo Karangasem 3 1024x1024 » Bukit Nampo Karangasem, Bukit Surga yang Indah dari Bali

Instagram photo by @nyambulick

Masyarakat sekitar sempat heboh karena diramaikan adanya serangan para kera liar yang menyasar dan mencuri makanan dari perkebunan milik warga. Mereka pun kian gusar karena populasi kera yang berasal dari hutan itu terus mengalami peningkatan. Akhirnya, warga berinisiatif membangun bale bengong yang dijadikan tempat nongkrong sekaligus berjaga-jaga kalau ada serangan monyet liar.

baca juga: Inaya Putri Bali, Hotel Beachfront Nusa Dua dengan Pemandangan Memesona

Keberadaan bale bengong itulah yang menjadi cikal bakal keberadaan Bukit Nampo Karangasem menjadi tempat wisata yang kini ramai dikunjungi wisatawan. Pada saat itu, sedikit demi sedikit warga dari desa sekitar datang ke tempat ini karena tertarik dengan pemandangan indah yang ada. Lama-lama, jumlahnya meningkat drastis hingga akhirnya ada inisiatif untuk menjadikan tempat ini sebagai lokasi agrowisata.

Bukit Nampo Karangasem 2 1024x704 » Bukit Nampo Karangasem, Bukit Surga yang Indah dari Bali

Instagram photo by NYOMAN WIDI ASTUTI

Sempat muncul ide untuk mendirikan vila. Namun, ide itu kemudian diurungkan karena bakal berdampak buruk terhadap keberadaan perkebunan milik warga. Hingga akhirnya, dipilihlah agrowisata yang bisa menjadi pendukung untuk keberadaan perkebunan warga sekaligus berfungsi sebagai lokasi wisata yang ramai pengunjung.

baca juga: Jimbaran Bay Beach Resort and Spa, Hotel Mewah Tepi Pantai Jimbaran Bali

Bukit Nampo Karangasem Jadi Lokasi Foto Selfie Instagramable

Keberadaan jejaring sosial Instagram menjadi alat yang efektif dalam mempopulerkan keberadaan Bukit Nampo Karangasem. Terlebih, tempat ini memang menjanjikan lokasi foto selfie yang instagramable. Tidak jarang pengunjung mengetahui keberaaan tempat ini dari jejaring sosial yang menjadi sarana berbagi foto tersebut.

Bukit Nampo Karangasem 1 » Bukit Nampo Karangasem, Bukit Surga yang Indah dari Bali

Instagram photo by Adi Adnyana

Mereka yang datang ke sini juga tidak hanya masyarakat lokal, tapi juga para wisatawan mancanegara. Suasananya yang alami dan hijau membuat betah siapapun yang datang ke sini. Terlebih bagi para pencinta foto selfie. Bakal betah deh berlama-lama di sini.

Lokasi Bukit Nampo Karangasem

Bukit ini menjadi bagian dari wilayah administratif dari Banjar Tanahampo yang masuk dalam Desa Jungutan di Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem. Tempat ini menjadi destinasi wisata alam baru yang ada di Karangasem. Peresmiannya dilakukan pada pertengahan 2016 dan dilakukan secara langsung oleh Bupati Karangasem.