Cerita Unik di Balik Megahnya Pura Dalem Balingkang

pura-dalem-balingkang-kintamani

pura dalem balingkang kintamani Cerita Unik di Balik Megahnya Pura Dalem Balingkang

Dari beberapa bangunan pura yang bisa Anda temui di Kintamani, Pura Dalem Belingkang bisa dikatakan sebagai salah satu obyek wisata yang tidak boleh terlewatkan untuk Anda kunjungi saat Anda berlibur di Kintamani. Pasalnya, pura ini tidak hanya terlihat megah dan juga indah, apalagi lokasinya juga menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Pura ini sebenarnya juga mempunyai beberapa cerita unik yang tentunya akan membuat Anda semakin ingin untuk segera mengunjunginya.

Cerita unik yang pertama berkaitan cukup erat dengan nama yang diberikan kepada pura ini sendiri, yaitu . Nama tersebut diberikan kepada pura ini karena memang pada awal mulanya, pura ini merupakan sebuah istana dari seorang Balingkang (yang dalam bahasa Bali berarti raja) yang bernama Sri Jaya Pangus. Konon katanya, istana ini juga dibangun berkaitan dengan perkawinan beda budaya antara sang raja tersebut dengan seorang wanita berdarah Cina yang dikenal dengan nama Tang Ci Keng. Ini juga mungkin yang menjadi alasan mengapa di dalam pura tersebut juga terdapat satu karya megalit besar yang merupakan representasi dari Sang Raja dan istrinya yang hingga saat ini masih bisa kita saksikan.

Keunikan yang lainnya terletak pada bangunan pura itu sendiri. Bangunan tersebut bisa dikatakan mempunyai yang cukup kuno. Bangunan pura semacam ini memang cukup langka ditemukan, termasuk di wilayah Bali sendiri. Karena tadinya merupakan sebuah istana, bangunan pura ini juga mempunyai semacam benteng pada bagian terluarnya. Tentu, pada jaman dahulu benteng tersebut mempunyai fungsi seperti benteng-benteng istana pada umumnya, yaitu untuk melindungi bagian dalam istana terutama sang raja dari serangan pihak luar.

Di pura ini juga terdapat sebuah tempat pemujaan yang dilengkapi dengan simbol sebuah koin Cina berukuran besar. Ini sebenarnya merupakan bagian pura yang paling banyak dikunjungi karena dipercaya membawa keberuntungan. Terlebih lagi, letak dari tempat pemujaan tersebut juga berada di pojok utara-timur pura yang juga dipercaya semakin menambah unsur keberuntungan itu tadi. Apakah cerita unik ini juga membuat Anda merasa penasaran hingga Anda juga ingin segera mengunjungi salah satu pura yang sangat terkenal di Kintamani, Bali ini?

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak cerita mengenai pura yang juga sangat terkenal di Kintamani ini, mungkin sebaiknya Anda juga membuat rencana untuk menyewa jasa travel dan wisata di Kintamani yang biasanya memang sudah termasuk jasa guide yang akan menghantar Anda ke tempat-tempat wisata di Kintamani serta memberikan berbagai macam informasi yang Anda ketahui. Untuk kepuasan tersendiri, sebaiknya Anda hanya memilih penyedia jasa lokal karena tentunya mereka jauh lebih mengetahui berbagai sejarah yang berkaitan dengan Kintamani, termasuk juga pura-pura yang ada di dalamnya.