Danau Batur Kintamani Bikin Kamu Semakin Betah di Bali

Pemandangan menyejukkan mata Danau Batur Kintamani

Pemandangan menyejukkan mata Danau Batur Kintamani via balihellotravel

Kintamani menjadi destinasi wisata yang wajib di kunjungi kalau berkunjung ke daerah Kintamani, Bali. Berada di daerah dataran tinggi, traveler pun bakal merasakan suasana yang adem dan menyejukkan. Terlebih lagi, danau yang satu ini benar-benar bisa menyejukkan setiap mata yang memandangnya.

Para traveler yang berkunjung ke sini, bisa menyaksikan pemandangan danau dengan air berwarna hijau kebiru-biruan. Danau yang terletak di lereng Gunung Batur ini menjadi destinasi wisata yang cocok untuk kamu yang ingin pergi jauh dari keramaian. Lokasinya yang berada di ketinggian 1050 meter di atas permukaan laut, membuat tempat ini jadi destinai yang cocok untuk mencari ketenangan.

Keindahan alam Danau Batur Kintamani 1024x683 Danau Batur Kintamani Bikin Kamu Semakin Betah di Bali

Keindahan alam via vpitu

Lokasi Danau Batur Kintamani

Danau Batur Kintamani ini berlokasi di Desa Penelokan Utara, Kintamani dan masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bangli. Tempat ini pun berjarak kurang lebih 65 kilometer dari kota Denpasar. Dari Bandara Ngurah Rai, tempat ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam perjalanan via Gianyar. Sedangkan kalau dari Singaraja, akses menuju ke tempat ini bisa lewat Desa Kubutambahan dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam.

baca juga: Pendakian Gunung Batur: Pilihan Wisata Kintamani Bagi Para Pendaki

Untuk menuju ke lokasi Danau Batur Kintamani pun bisa dilakukan dengan berbagai jenis transportasi. Cara paling mudah tentunya adalah dengan memanfaatkan layanan travel agent yang ada di Pulau Dewata. Sementara kalau ingin pergi ke sana secara mandiri, bisa menggunakan jasa rental mobil ataupun sepeda motor. Untuk sewa mobil, biayanya berkisar antara 400 hingga 500 ribu sehari. Sementara untuk sepeda motor, tarif sewanya kurang lebih 50 ribu rupiah sehari.

Pemandangan menyejukkan mata Danau Batur Kintamani 1024x683 Danau Batur Kintamani Bikin Kamu Semakin Betah di Bali

Pemandangan menyejukkan mata Danau Batur Kintamani via balihellotravel

Dan yang perlu diperhatikan, traveler harus senantiasa berhati-hati kalau tengah melancong ke Danau Batur Kintamani ini. Terutama karena jalur menuju ke Danau Batur cukup berkelok-kelok dan merupakan jalur yang penuh dengan tanjakan. Jadi, pastikan tubuh dalam kondisi yang fit kalau ingin berkunjung ke sana.

Menikmati keindahan Danau Batur Kintamani

Sesampainya di Danau Batur Kintamani, para traveler akan disuguhkan dengan pemandangan danau seluas 16 kilometer persegi ini. Danau ini dulunya tercipta dari dampak letusan Gunung Batur yang terjadi ribuan tahun lalu. Danau Batur ini pun dikenal sebagai danau terbesar yang ada di Pulau Bali. Selain mempunyai kedalaman hingga 65 meter, danau ini juga punya bentuk yang unik lho. Jika dipotret dari udara via drone, akan nampak kalau danau ini memiliki bentuk mirip bulan sabit.

baca juga: Gak Hanya Pantai, 7 Air Terjun di Bali ini Suguhkan Pemandangan yang Mengagumkan Lho!

Danau ini juga merupakan sebuah danau kaldera aktif. Oleh karena itu, warna air di danau ini pun senantiasa mengalami perubahan. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan melerang. Dan hal inilah yang menyebabkan panorama Danau Batur sangat cantik dan banyak dikagumi oleh para wisatawan, baik wisatawan domestik ataupun wisatawan asing.

Sunrise Danau Batur Kintamani Danau Batur Kintamani Bikin Kamu Semakin Betah di Bali

Sunrise Danau Batur Kintamani via Pegipegi

UNESCO pun mengakui keindahan alam dari Danau Batur ini. Mereka pun telah menetapkan Danau Batur sebagai kawasan Global Geopark Network. Selain itu, tempat ini pun bakal memberikan kepuasan bagi traveler yang hobi fotografi. Dan yang paling juara adalah pada saat berburu foto pemandangan sunset ataupun sunrise. Cantik banget deh, rugi kalau sampai tidak bisa mendapatkan foto pemandangan matahari terbenam dan terbit di Danau Batur.

Sembari menikmati keindahan alam Danau Batur Kintamani, para traveler juga bisa bersantai di Batur Natural Hot Spring atau Sumber Air Panas Batur. Untuk bisa berendam di sumber air panas tersebut, traveler akan dikenakan tarif masuk sebesar 60 ribu rupiah per orang. Kalaupun enggan berenang, bisa pula bersantai di tempat ini, dengan tarif masih lebih murah yakni 15 ribu rupiah per orang.