Danau Tamblingan, Danau Eksotis dengan Pemandangan yang Indah di Buleleng

Danau Tamblingan

Naik perahu berkeliling Danau Tamblingan Instagram photo by Yudi Wiradnyana

Selain pantai, Bali juga memiliki potensi wisata danau yang eksotis. Di Bali, terdapat wisata danau yang masih asri. Danau tersebut bernama . Danau cantik yang satu ini kerap menjadi tempat tujuan wisata para bule mancanegara.

Danau yang terbentuk di dalam sebuah kaldera besar yang merupakan satu dari tiga danau kembar initidak terlalu ramai. Sehingga yang menginginkan liburan yang sepi dan tenang, bisa pergi ke danau yang indah ini. Selain itu,danau ini dekat dengan Danau Buyan dan Danau Beratan.

baca juga: Pantai Kelan Tuban, Pantai dengan Suasana Sunset Pesawat Terbang yang Keren Loh!

Danau Tamblingan 4 1024x767 Danau Tamblingan, Danau Eksotis dengan Pemandangan yang Indah di Buleleng

Naik perahu berkeliling Danau Tamblingan Instagram photo by Yudi Wiradnyana

Danau Tamblingan ini tidak diarahkan menjadi kawasan wisata modern supaya demi menjaga kelestarian alam sekitarnya.Bayangkan saja, di tempat wisata ini tidak ada kapal motor supaya kebersihan danau terjaga dan bebas polusi. Ditambah lagi kawasan hutan yang memagari danau dan letaknya di daratan tinggi, tepatnya di ketinggian 1000 meter dari permukaan laut membuat hawa di sekitar danau sangat sejuk.

baca juga: Surfing Seru-Seruan di Pantai Medewi Jembrana, Yuk!

Danau Tamblingan 3 1024x582 Danau Tamblingan, Danau Eksotis dengan Pemandangan yang Indah di Buleleng

Menyaksikan keindahan Danau Tamblingan dari atas Instagram photo by Immanuel Kenneth Santana

Pohon-pohon tua yang rindang juga menarik mata. Selain itu air danaunya sangat bening dan terdengar kicauan-kicauan burung langka yang terdengar dari hutan seperti burung celalongan, dan jenis burung lainnya sangat undah didengar. Danau yang sejauh 66 km dari Denpasar ini bebas dari pedagang asongan. Jadi kalau kamu ke sini kamu nggak perlu repot-repot menolak tawaran makanan dari pedagang dan liburan akan menjadi nyaman.

Selain itu, di sini juga terdapat beberapa pura yang berlokasi di tepi danau. Termasuk di antaranya adalah Pura Endek, Pura Dalem Tamblingan, Pura Sang Hyang Kawuh, Pura Tirta Mengening, dan pura-pura lainnya.

Danau Tamblingan 1 1024x576 Danau Tamblingan, Danau Eksotis dengan Pemandangan yang Indah di Buleleng

Pura yang ada di tepi Danau Tamblingan Instagram photo by Andriyanto

Sejarah Danau Tamblingan

Danau Tamblingan sendiri terdiri dari dua kata dari Bali yaitu Tamba yang artinya obat dan elingang yang artinya kemampuan spiritual. Konon di sekitar danau ada desa yang selalu menjaga kesucian danau dan pura di sekitarnya. Hingga suatu hari muncullah wabah dan satu orang yang disucikan dengan kemampuan spiritual dan doa, ia mampu mengubah danau menjadi obat. Maka terbentuklah nama danau ini.

Konon pula, Danau Tamblingan dan Danau Buyan adalah satu danau. Kemudian saat terjadi longsor di abad ke 19, danau itu terpisah menjadi dua dan dipisahkan sejauh satu kilometer. Sekarang, kedua danau ini dipisahkan oleh sebuah hutan.

Jika kamu bosan, kamu bisa mencoba naik perahu dayung. Aura tenang dan udara dingin danau akan menyambutmu saat menaiki perahu dayung. Dapat dipastikan kamu merasa tenang dan ingin berlama-lama di atas perahu dan menikmati keindahan danau yang membuatmu terkesima lagi dan lagi.

Danau Tamblingan 2 1024x678 Danau Tamblingan, Danau Eksotis dengan Pemandangan yang Indah di Buleleng

Sesi foto prewedding romantis di Danau Tamblingan. Instagram photo by @yeniprames93

Keunikan lainnya adalah kamu bisa melihat nelayan yang menangkap ikan dengan cara tradisional yaitu memakai sebilah bambu yang dipukul di atas permukaan laut. Suara-suara unik cipratan air tercipta berirama dengan suara bambu yang di pukul ke atas permukaan laut. Bunyi ini membuat kamu menjadi tenang dan merasa suara ini lebih indah dari musik mana pun.

Lokasi Danau Tamblingan

Danau ini terletak di sebelah utara Gunung Lesung, kawasan Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali.

Cara Menuju ke Danau Tamblingan

Jika kamu ingin ke sini jarak antara Denpasar ke Danau Tamblingan sekitar 66 km, tepatnya dua jam dari pusat kota. Untuk menyewa perahu dipatoki harga 100 ribu. Fasilitas lain yang tersedia adalah kawasan tracking sejauh dua sampai delapan kilometer.