desa bengkala buleleng

via Ikd Irianta Wijaya

merupakan salah satu desa yang unik dan wajib Anda kunjungi. Desa Bengkala merupakan desa dengan keunikan yang tak akan Anda temui di kawasan Pulau Bali lainnya. Yah, Desa Bengkala merupakan desa bisu yang membuat Anda belajar banyak hal dari sebuah keterbasan kemampuan berbicara.

Walau disebut desa bisu, namun tak semua warga Desa Bengkala bisu dan tuli. Tercatat terdapat 12 KK dengan jumlah 42 warga yang menderita bisu dan tuli. Desa Bengkala dapat memberikan pengalaman liburan serta ladang mencari ilmu sebab, warga Desa Bengkala yang menderita bisu dan tuli memiliki bahasa isyarat yang berbeda.

desa bengkala buleleng 3 » Desa Bengkala Buleleng, Mitos Desa Bisu di Bali

via Tribun News Bali

Asal Mula Warga Bisu dan Tuli di Desa Bengkala Buleleng

Bisu dan tuli dalam bahasa Bali disebut kolok. Tidak diketahui pasti mengapa ada beberapa warga yang menderita kolok. Menurut penelitian ini disebabkan faktor genetik dimana kedua orang tuanya menderita kolok sehingga anaknya jua mengalami kolok. Namun, ada beberapa warga yang kedua orang tuanya kolok namun tidak pada anaknya.

baca juga: Tradisi Pemakaman Unik Warisan Leluhur di Desa Trunyan Bali

Ada juga mitos yang cukup terkenal yakni dalam satu desa terdapat dua kelompok yang berbeda keyakinan dimana satu kelompok menyembah dewa tertentu namun kelompok yang satunya menentang menyembah dewa tersebut. Akhirnya, kelompok yang tidak ingin menyembah dewa tersebut keluar dari desa dan memutuskan berpisah dan pergi dengan membawa emas.

desa bengkala buleleng 1 » Desa Bengkala Buleleng, Mitos Desa Bisu di Bali

via Ikd Irianta Wijaya

Kelompok yang satunya berusaha untuk menyelesaikan permasalahan ini dan berusaha memanggil kelompok yang akan pergi dari desa namun, setiap panggilan tak disahut bahkan tidak berpaling sedikitpun. Sehingga kelompok yang bertahan di desa menjadi marah dan mengutuk kelompok yang keluar desa supaya keturunan mereka tidak dapat mendengar dan berbicara. Konon, kelompok yang keluar dari desa kini menetap di Desa Bengkala.

Keunikan Desa Bengkala Buleleng

Di Desa Bengkala terdapat sekolah luar biasa yang khusus mengajarkan bahasa isyarat yang digunakan di Desa Bengkala. Bahasa yang digunakan merupakan bahasa kolok. Sekolah luar biasa ini dibuka untuk umum, bagi siapapun yang ingin belajar dipersilahkan dan tanpa mengenal batasan usia.

baca juga: Wisata Empat Air Terjun Paling Indah Bali di Desa Gitgit Buleleng

Selain keunikan warganya, adapula kesenian yang dipertunjukan kepada wisatawan. Tari Janger Kolok merupakan Tari Janger pada umumnya, namun semua penarinya ialah orang kolok atau bisu dan tuli. Untuk tarian hanya menggunakan alat musik kendang sebagai pengatur irama.

desa bengkala buleleng 4 » Desa Bengkala Buleleng, Mitos Desa Bisu di Bali

via cintailahindonesia

Tari Janger Kolok cukup terkenal hingga mancanegara. Hal ini disebabkan oleh warga Desa Bengkala Buleleng melek internet sehingga promosi melalui internet serta enyebaran melalui media sosial membuat Tari Janger Kolok cukup populer hingga mancanegara.

Lokasi Desa Bengkala Buleleng

Desa Bengkala Buleleng terletak di Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, Bali. Lokasi Desa Bengkala cukup mudah untuk dicapai. Dengan berkendara dari Kuta memakan waktu sekitar 30 menit dengan berkendara. Untuk memasuki kawasan Desa Bengkala, Anda tak dipungut biaya namun, untuk menyaksikan pertunjukan seni Tari Janger Kolok Anda akan dikenai biaya tiket.

baca juga: Menelusuri Wisata Budaya Bali di Desa Adat Tenganan Pegringsingan

Dari liburan ke Desa Bengkala akan membuat Anda banyak belajar tentang kebiasaan masyarakatnya hingga belajar untuk menghargai setiap pemberian Tuhan serta belajar tentang kreativitas dari orang-orang yang keterbatasan fisik.