Desa Jatiluwih Tabanan, Desa dengan Beragam Pilihan Wisata yang Komplet

Desa jatiluwih tabanan

via rentingbalivillas

di Bali ini merupakan salah satu objek wisata yang popular di kalangan wisatawan. Tak hanya menikmati pemandangan alam yang menawan, Anda juga akan banyak mempelajari kebudayaan dan kehidupan sehari-hari masyarakatnya.

Ada banyak objek wisata yang terdapat di Desa Jatiluwih, namun ada beberapa yang sudah popular dan banyak dijumpai di media social Anda.

Desa jatiluwih tabanan 2 1024x680 » Desa Jatiluwih Tabanan, Desa dengan Beragam Pilihan Wisata yang Komplet

via Jatiluwih

Asal Usul Nama Desa Jatiluwih Tabanan

Nama Jatiluwih terdiri dari 2 suku kata yang digabungkan, yakni jati dan luwih. Kedua suku kata tersebut jika digabungkan mengandung makna “ sesuatu yang benar-benar indah”

Alamat Desa Jatiluwih Tabanan

Desa Jatiluwih berada di Kecamatan Penebel bagian utara dari Kab. Tabanan, Bali. Dari Denpasar, Anda dapat menempuh perjalanan sekitar 1.5 jam dengan berkendara. Jika dari Bnadara Internasional Ngurah Rai, Anda dapat menempuh perjalanan 2 jam dengan berkendara.

Daya Tarik Desa Jatiluwih Tabanan

Daya tarik utama objek wisata di Desa Jatiluwih ialah pemandangan alamnya. Alamnya masih sangat asri begitu pula objek wisata alamnya yang mampu menyihir bagi siapapun yang berkunjung. Berikut objek wisata yang terdapat di Desa Jatiluwih.

1. Sawah Terasering Jatiluwih

Wilayah geografisnya merupakan areal persawahan dengan luas area hingga 53.000 hektar. Areal persawahan terasering di Jatiluwih bahkan ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya duni. Lokasi sawah terasering Jatiluwih berada di atas ketinggian 700 meter di atas permukaan air laut dan dekat dengan Gunung Batu Karu.

2. Air Terjun Yeh Ho

Air terjun Yeh Ho terletak di Jalan Batu Lueih Kanan, Banjar Gunung Sari Umah Kayu, Desa Jatiluwih Tabanan, Penebel, Tabanan Bali. Untuk mencapai lokasi, Anda akan melalui jalan setapak dan beriliku sehingga cukup ekstrim. Tetapi, ketika Anda sampai di air terjun, Anda tak akan kecewa sebab pemandangan yang ditawarkan sangat indah dan alami.

3. PuraTaksu Agung

Ada pura di Jatiluwih yang paling menarik banyak perhatian dan banyak dikunjungi adalah Pura Taksu Agung. Sebab di pura ini digunakan sebagai tempat untuk memohon taksu atau charisma dan kewibawaan kepada Ida Betara.

Harga Tiket dan Jam Buka Objek Wisata Desa Jatiluwih Tabanan

Harga tiket masuk tidak mahal dan sangat terjangkau. Untuk wisatawan domestic hanya Rp.15.000 per orang dan untuk wisatawan mancanegara Rp.40.000 per orang. Umumnya, tempat wisatawa Jatiluwih buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00.

Aktivitas Wisata Di Jatiluwih

Ada berbagai aktivitas wisata di kawasan Desa Jatiluwih diantaranya:

1. Bersepeda Menikmati Keindahan Alam

Ada beberapa spot yang menyediakan penyewaan sepeda. Anda dapat menikmati pemandian serta udara segar Desa Jatiluwih sambil bersepeda. Tariff penyewaannya cukup murah dan terjangkau.

2. Berkeliling Desa Jatiluwih Dengan Naik Kuda

Bali Nature Land ialah operator tour and travel di Jatiluwih yang menyediakan sensasi berkeliling desa wisata dengan menunggang kuda. Tenang saja, Anda juga akan ditemani tour guide selama perjalanan berkeliling.

3. Berkuliner Yang Tak Boleh Terlewat

Setelah berkeliling tentu Anda akan merasa lelah dan lapar. Ada beberapa restoran dan warung yang direkomendasikan kepada Anda, seperti:

Warung Dhea Jatiluwih

Restoran ini menawarkan beragam menu kuliner, mulai dari hidangan local, nusantara hingga western food. Warung Dhea merupakan warung makan sederhana dan disajikan buffet atau a ala acarte.

Gong Jatiluwih

Restoran Gong Jatiluwih berlokasi di tengah areal persawahan. Material bangunan menggunakan kayu. Perabotannya ditata rapid an bersih, tentu akan membuat pengunjung nyaman. Hidangan yang disajikan menu local dan nusantara.