Desa Sembiran Buleleng, Pilihan Menarik untuk Wisata Edukatif Bersama Keluarga

Desa Sembiran Buleleng

via obyekwisataterlengkap

Di Bali ini terdapat desa yang keberadaannya diyakini sudah ada sejak jaman dahulu. Usianya diperkirakan mencapai ribuan tahun sebelum masehi. namanya. Di Desa Sembiran masih banyak ditemukan bangunan kuno seperti rumah atau balai desa yang masih dilestarikan bahkan masih digunakan oleh masyarakat setempat.

Desa Sembiran ini merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang banyak dikunjungi. Berkunjung ke Desa Sembiran, anda dapat melihat-lihat berbagai keindahan dan keunikan kehidupan di desa, terdapat juga berbagai peninggalan-peninggalan sejarah.

Desa Sembiran Buleleng 1 » Desa Sembiran Buleleng, Pilihan Menarik untuk Wisata Edukatif Bersama Keluarga

via putrajayak

Peninggalan Sejarah di Desa Sembiran Buleleng

Desa Sembiran yang merupakan desa kuno yang memiliki berbagai peninggalan. Setidaknya terdapat 40 perabotan kuno ditemukan di desa ini yang dibuat dari batu dan besi. Desa ini ada saat jaman Poletithicium dan Megalitikum, terdapat berbagai perabot ditemukan seperti benda pipih seperti setrika terbuat dari besi, ada juga alat berbentuk side chopper yaitu alat pemotong dari batu, bentuk protohan-axses berupa kapak tangan, bentuk hammeratones yaitu palu batu, bentuk flakes yaitu alat batu batu kecil untuk mengiris.

Selain perabot-perabot tersebut ditemukan juga 20 prasasti perunggu yang menceritakan sejarah Desa Sembiran. Semua penemuan peninggalan jaman dahulu di Desa Sembiran ini dijaga dan disimpan di sebuah rumah tua yang dibangun kembali sesuai dengan bentuk aslinya oleh pemerintah Kabupaten Buleleng. Di Desa Sembiran juga ditemukan 17 pura sebagai tempat persembahyangan. Pura ini juga dibangun dari batu besar pada jaman batu atau megalithicum.

Desa Sembiran Buleleng 2 1024x768 » Desa Sembiran Buleleng, Pilihan Menarik untuk Wisata Edukatif Bersama Keluarga

via putrajayak

baca juga: Desa Bengkala Buleleng, Mitos Desa Bisu di Bali

Lokasi Desa Sembiran Buleleng

Desa Sembiran Buleleng merupakan desa yang berlokasi di Kecamatan Tejakula, Tigawasa, Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Desa Sembiran lokasinya dari pusat kota Denpasar membutuhkan waktu 3 jam untuk perjalanan, sekitar 30 km sebelah timur kota Singaraja.

Anda dapat menuju ke lokasi menggunakan mobil atau sepeda motor pribadi atau bagi anda yang memang kebetulan sedang ada di wilayah Bali Selatan seperti Kuta atau Tanjung Benoa, maka anda dapat menggunakan layanan sewa mobil beserta supirnya.

Masyarakat Desa Sembiran Buleleng yang Melek Teknologi

Selain anda dapat berlibur melihat-lihat peninggalan kuno yang ada, disini anda dapat merasakan kehidupan masyarakatnya. Meskipun kemajuan teknologi sudah masuk ke desa ini, namun masyarakatnya tetap tidak meninggalkan sisi tradisionalnya. Hal tersebut dapat dilihat dari bahasa, kebudayaan, dan upacaranya.

baca juga: Secret Garden Buleleng, Wisata Alam dengan 7 Air Terjun Sekaligus

Adat istiadat di Desa Sembiran masih dipertahankan hingga kini. Saat upacara-upacara tertentu masih dipentaskan tarian-tarian sakral sebagai bentuk perwujudan bahwa kesenian warisan nenek moyang harus terus dipertahankan baik dalam konteks lingkungan keluarga maupun masyarakat.

Bagi anda yang berkunjung ke Desa Sembiran Buleleng disini terdapat berbagai fasilitas seperti area parkir, rumah makan, tempat istirahat dan penginapan, kamar mandi, serta masih banyak lagi. Mengingat, desa ini telah menjadi salah satu tujuan para wisatawan. Tidak heran, berbagai fasilitas pun disediakan untuk memberikan kenyamanan para tamu.

Berkunjung ke Desa Sembiran Buleleng ini selain menjadi tujuan untuk berlibur atau refreshing, tapi juga dapat menjadi sebuah sarana edukasi, terutama bagi anak-anak. Jadi pergi berlibur di desa ini, dapat mengetahui sejarah sambil bersenang-senang. Maka dari itu berlibur ke Desa Sembiran jangan lupa untuk mengajak sanak saudara dan kawan-kawan. Selain dapat merasakan pengalaman liburan yang menarik dan menyenangkan juga dapat menambah pengetahuan.