Goa Gala-Gala Underground House Nusa Lembongan, Pilihan Wisata Seru di Bali

Goa Gala-Gala Underground House Nusa Lembongan

by PT. Creative Castle Indonesia

Mengunjungi , Anda harus datang ke . Sesuai dengan namanya, Goa Gala-Gala ini merupakan rumah di bawah tanah (underground house). Rumah unik ini adalah karya spektakuler dari seorang dalang yang bernama Mangku Byasa (almarhum).

Sebagai seorang dalang, Mangku Byasa sudah terbiasa membawakan cerita wayang yang mengusung kisah Mahabarata. Pun dengan pembuatan rumah bawah tanah ini, yang idenya terinspirasi dari cerita keluarga Pandawa dalam epos Mahabarata.

Goa Gala Gala Underground House Nusa Lembongan 1 Goa Gala Gala Underground House Nusa Lembongan, Pilihan Wisata Seru di Bali

by PT. Creative Castle Indonesia

Dikisahkan bahwa pada suatu ketika Pandawa kalah bertaruh dengan Kurawa. Hukumannya adalah seluruh keluarga Pandawa ditantang untuk hidup di hutan selama 12 tahun. Untuk melindungi seluruh anggota keluarga dari ancaman yang selalu datang, Pandawa akhirnya membuat goa bawah tanah yang dinamakan Goa Gala-Gala.

Rumah bawah tanah yang dibangun oleh Mangku Byasa ini membutuhkan waktu 15 tahun pengerjaan. Beliau mulai membangun dari tahun 1961 hingga selesai di tahun 1976. Sebagai seorang petani, dalang dan seorang pendeta, siapa sangka seorang Mangku Byasa mampu menorehkan karya yang sangat luar biasa.

Goa Gala Gala Underground House Nusa Lembongan 2 Goa Gala Gala Underground House Nusa Lembongan, Pilihan Wisata Seru di Bali

by @a.agashi

Keunikan Goa Gala-Gala Underground House Nusa Lembongan

Dalam proses pengerjaan Goa Gala-Gala Underground House Nusa Lembongan ini hanya menggunakan peralatan dan cara-cara tradisional. Lapisan tanah yang merupakan batuan kapur dihancurkan dengan cara yang unik namun terbukti mampu membuat kerukan-kerukan yang menakjubkan. Yang digunakan hanyalah adonan dari kotoran sapi yang dibakar untuk kemudian digunakan untuk memperlunak batu kapur sehingga mudah untuk digali dan dibuat bentuk-bentuk tertentu.

baca juga: Hutan Mangrove Nusa Lembongan, Wisata Antimainstream di Pulau Dewata

Karena berada dalam tanah, jangan dikira Goa Gala-Gala Underground House Nusa Lembongan tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Bahkan ketika berada di dalam rumah ini, udara terasa sejuk tanpa terasa gerah walaupun menyusuri lorong-lorong rumah yang sempit. Ini terbukti bahwa ketika pembangunannya, sudah ada perhitungan matang tentang bangunan yang memang digunakan sebagai tempat tinggal oleh pemiliknya.

Goa Gala Gala Underground House Nusa Lembongan 3 1024x1024 Goa Gala Gala Underground House Nusa Lembongan, Pilihan Wisata Seru di Bali

by @joko.aditya.52

Goa Gala-Gala Underground House ini memiliki 3 pintu masuk, berkedalaman 7 meter, dan ketinggian bangunan 1-2 meter. Terdapat beberapa lorong yang lebih pendek dari ukuran orang dewasa sehingga ketika memasukinya harus sedikit merunduk. Sudah terdapat penerangan namun di beberapa bagian masih agak gelap karena penerangan belum maksimal.

baca juga: Dream Beach, Pantai Impian yang Indah Punya Nusa Lembongan

Karena memang difungsikan sebagai rumah tinggal oleh empunya rumah, sehingga bagian-bagian rumah ini layaknya rumah pada umumnya. Terdapat ruang tamu, ruang tidur, dapur, ruang makan, bahkan ada ruang meditasi. Pada ruangan yang berbentuk seperti gajah terdapat pahatan-pahatan pada dinding. Goa Gala-Gala Underground House ini pantaslah dikatakan sebagai mahakarya spektakuler yang wajib dijaga dan dilestarikan.

Goa Gala Gala Underground House Nusa Lembongan 4 1024x634 Goa Gala Gala Underground House Nusa Lembongan, Pilihan Wisata Seru di Bali

by Soca Atisomya

Cara Menuju Lokasi Goa Gala-Gala Underground House Nusa Lembongan

Goa Gala-Gala Underground House Nusa Lembongan. Dari Bali bisa ditempuh menggunakan speedboat dari dermaga Sanur. Perjalanan memakan waktu 30 menit hingga sampai di dermaga Mushroom Bay. Dari Mushroom Bay, perjalanan menuju Goa Gala-Gala hanya membutuhkan waktu sekitar 6 menit perjalanan atau berjarak sekitar 1,5 km saja.

baca juga: Kebun Raya Bedugul Bali, Destinasi Wisata Keluarga di Pulau Dewata

Tiket Masuk Goa Gala-Gala Underground House Nusa Lembongan

Tiket masuknya hanya sebesar Rp25.000 dan Anda wajib memakai sarung dan selendang sebagai syarat memasuki rumah ini. Sebaiknya memakai jasa guide lokal untuk mengetahui lebih detail mengenai rumah bawah tanah Goa Gala-Gala serta agar tidak tersesat karena banyak lorong-lorong kecil di dalamnya.