Istana Puri Saren Ubud – Wisata Sejarah Kejayaan Masa Lalu Kerajaan Ubud di Bali

Istana Puri Saren Ubud

by Bali Travelogue

menjadi destinasi wisata sejarah sekaligus budaya yang menarik di Ubud. Apalagi, istana ini merupakan sisa-sisa peninggalan budaya leluhur di Bali yang masih terjaga dengan apik. Tidak ketinggalan, detail bangunan pun masih bisa disaksikan secara langsung.

Istana Puri Saren Ubud merupakan istana yang menjadi pusat pemerintahan kerajaan Ubud yang berkuasa pada masanya. Keberadaan Istana Puri Saren Ubud masih sangat terjaga dengan baik seperti bentuk aslinya. Ciri khas bangunan tradisional Bali dengan desain yang dipenuhi ornamen ukir khas Bali dapat Anda jumpai di lokasi ini.

Istana Puri Saren Ubud 3 1024x1024 Istana Puri Saren Ubud   Wisata Sejarah Kejayaan Masa Lalu Kerajaan Ubud di Bali

by Hi i’m P A T

Anda yang menyukai wisata budaya dan sejarah, harus memasukkan Istana Puri Saren Ubud dalam daftar kunjungan Anda saat berada di Bali. Apalagi lokasinya sangat strategis yakni berada di Pusat Kota Ubud dan di jalan raya utama sehingga senantiasa ramai oleh kunjungan wisatawan. Lokasi tepatnya berada di seberang Pasar Seni Ubud. Jika dari Denpasar dapat ditempuh dalam 45 menit perjalanan dengan berkendara.

baca juga: Monkey Forest Ubud, Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Bali

Memasuki gapura paduraksa Istana Puri Saren, Anda akan merasakan kemegahan dinding tembok bangunan yang terbuat dari batu bata merah setebal 1 meter ini. Berbagai ukiran dan relief menjadi ornamen yang menghiasi setiap dinding puri.

Istana Puri Saren Ubud 2 1024x768 Istana Puri Saren Ubud   Wisata Sejarah Kejayaan Masa Lalu Kerajaan Ubud di Bali

by emily

Patung-patung yang berdiri kokoh mengapit setiap pintu masuk, menambah kesan artistik. Pintu-pintu yang terbuat dari kayu juga nampak unik dengan cat warna keemasan yang melapisi setiap ukiran tradisional yang terukir di atasnya. Pengunjung dapat bersantai sejenak di bale-bale yang telah disediakan sembari menikmati keindahan bangunan Istana Puri Saren Ubud.

baca juga: Pura Taman Saraswati Ubud, Pura Cantik dengan Kolam Teratai Indah

Pagelaran Seni Tari Tradisional di Istana Puri Saren Ubud

Menikmati keindahan Istana Puri Saren akan semakin lengkap dengan menyaksikan pementasan seni tari. Anda bisa menyaksikan pagelaran seni tari ini secara bergantian mulai pukul 19.30 WITA. Pada hari Minggu Anda bisa menyaksikan tari Legong Mahabarata, pada hari Senin tari Legong, di hari Selasa Tarian Ramayana Ballet, pada hari Rabu tari Legong dan Barong, pada hari Kamis tari Legong, di hari Jumat tari Barong dan Keris lalu pada hari Sabtu Anda akan disuguhi tarian Legong.

Istana Puri Saren Ubud dibangun oleh Tjokorda Ida Putu Kandel yang memerintah pada tahun 1800-1823 M. Itulah mengapa Istana Puri Saren Ubud merupakan bangunan peninggalan kuno dan sebagai istana yang memiliki sejarah dengan daya tarik tersendiri.

Istana Puri Saren Ubud 4 Istana Puri Saren Ubud   Wisata Sejarah Kejayaan Masa Lalu Kerajaan Ubud di Bali

by Rémy Humbert

Selain memiliki bangunan dengan desain tradisional disertai kemegahan dinding-dinding temboknya, Istana Puri Saren Ubud juga menyimpan koleksi benda-benda yang bernilai seni tinggi. Berbagai perabotan yang ada didalamnya menyimpan kenangan sejarah peninggalan kerajaan Ubud.

Istana Puri Saren Ubud 1 1024x1024 Istana Puri Saren Ubud   Wisata Sejarah Kejayaan Masa Lalu Kerajaan Ubud di Bali

by Bali Travelogue

Istana Puri Saren Ubud adalah lokasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi karena merupakan tempat pelestarian budaya tradisional. Juga merupakan tempat pengembangan dan perlindungan terhadap berbagai seni dan sastra Bali. Sebagai objek wisata, Istana Puri Saren Ubud sudah memiliki fasilitas penunjang pariwisata diantaranya restoran, money changer, toko-toko penjual souvenir, bahkan juga penginapan.

Peninggalan budaya dan warisan sejarah masa lampau seperti Istana Puri Saren Ubud bisa menjadi bukti nyata kepada generasi mendatang sehingga harus senantiasa dijaga dan dilindungi.