Kebun Raya Bedugul Bali, Destinasi Wisata Keluarga di Pulau Dewata

kebun raya bedugul bali

Instagram photo by Jannah Bali Tour

Sebagai pulau yang memiliki obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, Bali selalu menyuguhkan fenomena alam terbaik untuk dinikmati. Salah satunya adalah . Selain dapat berwisata dan rekreasi, pengunjung juga dapat menimba ilmu pengetahuan mengenai tumbuh-tumbuhan. Kebun raya di Bali ini adalah kebun raya botanical terluas di Indonesia.

kebun raya bedugul bali 1 1024x720 » Kebun Raya Bedugul Bali, Destinasi Wisata Keluarga di Pulau Dewata

Instagram photo by Jannah Bali Tour

Kebun Raya Eka Karya merupakan kebun botanical buatan yang berfungsi sebagai paru-paru udara. Obyek wisata ini sangat cocok untuk kegiatan piknik keluarga dan tempat referensi untuk ilmu pengetahuan tentang tumbuh-tumbuhan. Udaranya yang sejuk mampu menarik wisatawan untuk datang berkunjung sebagai tempat penghilang stres.

baca juga: Air Terjun Yeh Mampeh, Air Terjun Indah nan Menakjubkan di Bali

Berada di ketinggian 1.250 sampai 1.450 meter di atas permukaan laut, Kebun Raya Bedugul Bali memiliki luas 157.5 hektar dan merupakan yang terluas di Indonesia. Lokasinya yang berada di ketinggian membuat obyek wisata ini berhawa dingin berkabut. Suhu udara di Kebun Raya Bedugul Bali ini berkisar 12 derajat celcius di malam hari, dan pada siang hari berkisar 20 derajat celcius.

kebun raya bedugul bali 3 819x1024 » Kebun Raya Bedugul Bali, Destinasi Wisata Keluarga di Pulau Dewata

Instagram photo by Christian Agyl

Keistimewaan Kebun Raya Bedugul Bali

Terdapat beberapa spot menarik di Kebun Raya Bedugul Bali ini, diantaranya seperti Candi Bentar, Ramayana Boulevard, kebun mawar, pemandangan Danau Beratan, rumah-rumah tradisional Bali, rumah kaca kebun kaktus, taman anggrek, taman air, taman Begonia, dan banyak spot menarik lainnya.

baca juga: Bukit Jambul Karangasem, Pemandangan Hijau Menyejukkan Mata di Bali

Pendirian kebun raya ini atas gagasan Prof. Ir. Kusnoto Setyodiwiryo pada tahun 1955. Tujuan beliau mendirikan Kebun Raya Bedugul Bali adalah sebagai tempat konservasi flora dan sebagai lokasi untuk berwisata. Terdapat lebih dari 2000 jenis spesies tanaman yang banyak diantaranya merupakan tumbuhan langka. Seiring berjalannya waktu, Kebun Raya Bedugul Bali ini menjadi obyek wisata favorit yang selalu dikunjungi wisatawan.

kebun raya bedugul bali 4 1024x576 » Kebun Raya Bedugul Bali, Destinasi Wisata Keluarga di Pulau Dewata

Instagram photo by nanna balqis

baca juga: Hutan Mangrove Nusa Lembongan, Wisata Antimainstream di Pulau Dewata

Arealnya sangat luas sehingga disarankan jika datang berkunjung menggunakan kendaraan roda empat untuk menyusuri tiap lokasi kebun. Jika menggunakan kendaraan roda dua, maka kendaraan harus diparkir di tempat parkir.

Dan sangat tidak memungkinkan jika Anda berkeliling lokasi yang sangat luas ini  hanya dengan berjalan kaki. Kecuali jika memang Anda ingin berjalan-jalan santai sambil menikmati pepohonan hijau di kawasan Kebun Raya Bedugul Bali ini.

kebun raya bedugul bali 2 1024x1024 » Kebun Raya Bedugul Bali, Destinasi Wisata Keluarga di Pulau Dewata

Instagram photo by Kebun Raya Bali

Lokasi dan Cara Menuju ke Kebun Raya Bedugul Bali

Kebun Raya Bedugul Bali dikenal dengan nama Kebun Raya Eka Karya. Lokasinya berdekatan dengan Danau Bedugul beserta Pura Ulun Danu karena secara administrasi berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Jika dari Denpasar menempuh jarak sekitar 60 kilometer. Karena berada di ketinggian sehingga penorama alam pegunungan dan kesejukan udara merupakan daya tarik utamanya.

Ketika musim liburan tiba, lokasi ini akan sangat ramai oleh pengunjung yang ingin merasakan kedamaian dan kesejukan udara di hutan. Kebun Raya Bedugul Bali buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 18.00 WITA. Ketika hari besar Nyepi, kebun raya tutup untuk menghormati kegiatan keagamaan pada hari tersebut.

Tiket Masuk Kebun Raya Bedugul Bali

Biaya masuknya untuk wisatawan domestik sebesar Rp. 6.000, wisatawan asing Rp. 17.000, biaya parkir kendaraan roda 2 sebesar Rp. 3.000, biaya parkir kendaraan roda 4 sebesar Rp. 6.000, dan biaya jika mobil masuk ke kawasan sebesar Rp. 11.000. Biaya tiket tersebut sudah termasuk asuransi PT. Jasaraharja Putera dan kontribusi untuk Pemda Tabanan.