Keindahan Air Terjun Carat Buleleng, Air Terjun Tertinggi di Bali

Air Terjun Carat Buleleng

via http://baliwonderland.blogspot.co.id/

Ketika berwisata ke Bali, sempatkan pula untuk mengunjungi . Air terjun yang berada di kawasan Buleleng ini memiliki kecantikan yang tak kalah dengan Air Terjun Git Git. Meskipun namanya belum terlalu terdengar, namun Air Terjun Carat memiliki keelokan yang juga mempesona.

baca juga: Segarnya Mandi di Guyuran Air Terjun Gitgit Bali

Air terjun diberi nama “Carat” karena aliran airnya seperti berasal dari caratan atau kendi tempat air minum pada jaman dahulu. Lokasi air terjun ini masih sangat disakralkan oleh masyarakat sekitar, sehingga pengunjung yang datang harus tetap menjaga etika dalam berbicara maupun bersikap, juga tidak diperbolehkan merusak apapun yang berada di sekitarnya.

Air Terjun Carat Buleleng 1 1024x768 Keindahan Air Terjun Carat Buleleng, Air Terjun Tertinggi di Bali

via http://baliwonderland.blogspot.co.id/

Obyek Carat ini masih sangat alami, dan belum tersentuh oleh sarana dan prasarana pariwisata. Sehingga jangan heran jika tidak ditemukan satu bangunan fasilitas apapun di sini. Namun karena kealamiannya inilah sehingga Air Terjun Carat senantiasa dikunjungi dan menjadi daya tarik utama.

baca juga: Air Terjun Aling-Aling Buleleng, Air Terjun Unik dan Menarik di Bali

Air Terjun Carat Besar dan Air Terjun Carat Kecil

Air Terjun Carat sebenarnya memiliki dua buah air terjun, yakni air terjun yang besar dan tinggi serta air terjun kecil. Akan tetapi pengunjung yang datang hanya bisa mencapai lokasi air terjun yang kecil. Air Terjun Carat kecil memiliki ketinggian sekitar 4 meter. Pengunjung yang datang dapat menikmati guyuran airnya, bahkan mandi dan berenang di kolam air di bawahnya.

Air Terjun Carat Buleleng 2 1024x768 Keindahan Air Terjun Carat Buleleng, Air Terjun Tertinggi di Bali

via http://baliwonderland.blogspot.co.id/

baca juga: Berkunjung ke Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati, Ngarai Tersembunyi di Bali

Sedangkan Air Terjun Carat Besar memiliki ketinggian sekitar 100 meter, yang dikelilingi tebing-tebing tinggi dan terjal. Air Terjun Carat Besar diketahui sebagai air terjun tertinggi yang berada di Bali. Lokasinya sulit untuk diakses karena kondisi jalan yang terjal dan curam sehingga sangat membahayakan keselamatan wisatawan. Tak ayal, pengunjung hanya dapat menikmati keindahannya dari kejauhan.

Posisi Air Terjun Carat Besar berada di tebing yang sangat dalam dan terjal. Bila pengunjung ingin memotretnya, Anda dapat menuju ke sebuah lokasi yang memiliki tempat sesuai untuk memfoto dengan mengikuti arah pipa air.

Air Terjun Carat Buleleng 3 768x1024 Keindahan Air Terjun Carat Buleleng, Air Terjun Tertinggi di Bali

via http://baliwonderland.blogspot.co.id/

Warga setempat berencana untuk menjadikan lokasi wisata Air Terjun Carat sebagai obyek wisata petualangan. Rencana kedepan akan dilengkapi sarana dan prasarana penunjang pariwisata, sehingga diharapkan dapat menambah pendapatan penduduk sekitar melalui kegiatan wisata alam.

Lokasi Air Terjun Carat Buleleng

Air Terjun Carat berada di wilayah Dusun Carat, Desa Tamblang, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng. Jika ditempuh dari Denpasar membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan dalam jarak sekitar 85 kilometer. Apabila berangkat dari Singaraja, membutuhkan waktu 30 menit dengan berkendara.

Cara Menuju Air Terjun Carat Buleleng

Lokasi Air Terjun Carat Buleleng terletak di tepi jalan raya Kintamani-Singaraja lewat Kubutambahan. Ketika sampai di Desa Tamblang, terdapat papan penunjuk arah ke lokasi Air Terjun Carat. Dari lokasi parkir kendaraan, pengunjung masih harus berjalan sekitar 600 meter untuk sampai dengan lokasi dimana air terjun berada.

Jalan yang dilalui masih berupa jalan setapak, dengan pemandangan berupa hijaunya tanaman cengkeh dan kopi. Sebelum melewati jalan setapak, pengunjung harus melalui jembatan (titi) dari anyaman bambu yang berada di atas aliran sungai kecil.

Bagaimana? Tertarik berkunjung dan menyaksikan keindahan plus kemegahan air terjun tertinggi di Pulau Dewata Bali?