Kuta Carnival Bali, Festival Yang Dinantikan Turis Lokal Dan Asing

kuta carnival bali

via event-carnival

saat ini menjadi daya tarik lain di mata para wisatawan yang tengah melancong ke Pulau Dewata. Mereka yang berkunjung ke sini tidak hanya para wisatawan domestik. Bule mancanegara juga banya yang menghabiskan waktu liburannya berkunjung ke acara ini.

Kuta Carnival Bali merupakan sebuah karnaval yang diselenggarakan disepanjang Pantai Kuta. Kuta Carnival sangat meriah, melihat bahwa Pantai Kuta merupakan pantai yang memiliki banyak pengunjung dan merupakan kawasan ramai wisatawan.

kuta carnival bali 2 Kuta Carnival Bali, Festival Yang Dinantikan Turis Lokal Dan Asing

via fabulousubud

Asal Usul Kuta Carnival Bali

Kuta Carnival disebut juga A Celebration Of Life. Kuta Carnival mulai digelar pada tahun 2003, dimana ditahun lalu tepatnya pada tahun 2002 terjadi peristiwa Bom Bali yang menewaskan ratusan Warga Asing maupun turis lokal. Dari kejadian Bom Bali, rakyat Bali menggelar Kuta Carnival sebagai bentuk terima kasih dan puji syukur kepada Tuhan.

Kuta Carnival Bali dijuluki A Celebration Of Life sebab rakyat Bali ingin mengembalikan senyum ceria setelah peristiwa Bom Bali serta ingin menunjukan pada dunia bahwa rakyat Bali dapat menjalani hidup seperti sedia kala dan meninggalkan kesedihan. Kuta Carnival juga bertujuan untuk mengajak kembali turis asing agar datang ke Bali tanpa harus takut peristiwa Bom Bali yang lalu.

kuta carnival bali 3 Kuta Carnival Bali, Festival Yang Dinantikan Turis Lokal Dan Asing

via event-carnival

Penyelenggaraan Kuta Carnival Bali

Setiap tahunnya, Kuta Carnival selalu diadakan di bulan Oktober. Diselenggarakan pada bulan Oktober juga bertujuan untuk mengenang peristiwa Bom Bali. Dalam perayaannya tak hanya arak-arakan saja namun juga ada sunset carnival, ceremony, food festival, surf festival hingga festival musik. Setiap tahunnya pula selalu ada kejutan dan hal baru yang diadakan Kuta Carnival dan selalu membuat banyak wisatawan berdecak kagum.

Selain itu, ada banyak tema yang dijunjung Kuta Carnival dan setiap tahunnya selalu berbeda tema. Tak hanya warga Bali yang ikut menyemarakkan Kuta Carnival, tetapi wisatawan asing, perusahaan, hingga organisasi masyarakat pun turut ambil bagian ikut memeriahkan Kuta Carnival Bali.

Mulai dari upacara oleh pemuka agama, warga umat hindu melakukan upacara di bibir pantai yang bertujuan meminta kepada Tuhan untuk kelancaran acara Kuta Carnival. Kemudian dilanjutkan tarian-tarian tradisional sebagai bentuk penyambutan bagi wisatawan. Dilanjutkan arak-arakan warga maupun wisatawan di sepanjang Pantai Kuta.

Di sisi Pantai Kuta juga terdapat festival layang-layang namun kebanyakan hanya warga Bali saja yang menerbangkan layang-layang. Juga ada pameran papan surfing oleh para surfer di bibir Pantai Kuta. Di ujung Pantai Kuta terdapat food festival yang menyediakan beragam menu masakan yang dapat Anda cicipi. Mulai menu lokal hingga menu western tersedia di food festival. Setelah kenyang makan, Anda dapat menikmati alunan musik di festival musik di area Pantai Kuta. Seru dan menyenangkan bukan?

Tetap Waspada saat Berkunjung ke Kuta Carnival Bali

Sebagai tambahan, meriah dan ramainya suasana membuat Anda yang berkunjung harus ekstra hati-hati sebab rawan terjadi pencopetan. Jaga barang berharga Anda dengan baik. Jika Anda berkunjung bersama buah hati, selalu awasi dan perhatikan buah hati Anda.

Anda yang baru datang ke Bali dan ingin melihat acara Kuta Carnival Bali tak perlu khawatir. Di sekitaran Pantai Kuta banyak akomodasi yang dapat Anda pilih seperti hotel yang dekat dengan Pantai Kuta dan dapat ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Atau objek wisata lainnya yang dekat dengan hotel Anda. So, rencanakan perjalanan Anda dengan baik and let’s have fun!