Mata Air Guyangan Nusa Penida, Sensasi Kolam Renang Alami di Pinggir Tebing

Mata Air Guyangan Nusa Penida

by @niaanjany

Ingin merasakan sensasi berendam di atas ketinggian tebing? adalah lokasi yang patut Anda tuju. Tak hanya kepuasan berendam dalam air yang dapat Anda dapatkan, namun juga pesona keindahan laut yang juga terlihat sempurna dari atas ketinggian.

Mata Air Guyangan Nusa Penida 1 1024x1024 Mata Air Guyangan Nusa Penida, Sensasi Kolam Renang Alami di Pinggir Tebing

by @niaanjany

Mata Air Guyangan Nsa Penida memang berbeda dengan lain yang ada di Bali. Hal ini karena lokasinya berada di bibir tebing yang menghadap langsung ke laut. Pesona keunikan inilah yang membuat objek wisata ini membuat penasaran para wisatawan dan semakin takjub akan pemandangan yang dapat mereka nikmati.

baca juga: Crystal Bay Nusa Penida, Pantai dengan Air Laut Super Bening

Karena lokasinya yang berada di bibir tebing, untuk menjangkaunya pun terbilang cukup menguras tenaga dan sangat menegangkan. Pengunjung harus bersusah payah terlebih dahulu menuruni ratusan anak tangga yang dibangun menempel pada dinding tebing.

Mata Air Guyangan Nusa Penida 2 820x1024 Mata Air Guyangan Nusa Penida, Sensasi Kolam Renang Alami di Pinggir Tebing

by @setapak.indonesia

Perjalanan menuruni anak tangga ini sangat perlu kehati-hatian karena di bawah tebing curam ini deburan ombak Samudra Hindia yang luas sudah menanti. Anak-anak tangga ini berjarak sekitar 450 meter hingga menuju Mata Air Guyangan Nusa Penida dengan sudut kemiringan hampir 80 derajat.

Keistimewaan Kolam Alami Mata Air Guyangan Nusa Penida

Pacuan adrenalin selama menuruni anak tangga akan terbayar lunas ketika sampai di lokasi Mata Air Guyangan Nusa Penida. Airnya sendiri berasal dari aliran air yang mengalir dari tebing. Oleh karenanya, Mata Air Guyangan ada juga yang menyebut sebagai Air Terjun Guyangan.

Mata Air Guyangan Nusa Penida 3 Mata Air Guyangan Nusa Penida, Sensasi Kolam Renang Alami di Pinggir Tebing

by @balibalibanget

Aliran air inilah yang kemudian ditampung pada sebuah kolam penampungan. Di kolam inilah, pengunjung dapat berendam dan rileksasi sambil menikmati keindahan laut yang luas membentang. Pengalaman menegangkan namun mengasyikkan seperti ini pasti tidak akan ditemukan di tempat lain. Iya kan?

baca juga: Mata Air Tembeling Nusa Penida, Pesonanya Menarik Siapa Saja

Mata Air Guyangan Nusa Penida sebenarnya merupakan sumber mata air yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari warga. Air yang melimpah dengan debit air mencapai 120 liter per detik ini belum bisa termanfaatkan dengan maksimal dan bahkan sering terbuang percuma ke laut. Keterbatasan mesin pompa adalah kendala untuk menyalurkan air ke rumah-rumah penduduk.

Karena memiliki lokasi yang dinilai sangat sempurna untuk kegiatan pariwisata, lokasinya kemudian dikembangkan untuk menjadi lokasi wisata. Siapa sangka, objek wisata Mata Air Guyangan menjadi salah satu lokasi favorit yang senantiasa dikunjungi wisatawan.

Mata Air Guyangan Nusa Penida 4 1024x1024 Mata Air Guyangan Nusa Penida, Sensasi Kolam Renang Alami di Pinggir Tebing

by @thegirlandthewater

baca juga: Indahnya Pantai Kelingking Secret Point Nusa Penida

Setelah puas berendam di air yang segar, Anda harus bersiap-siap kembali untuk memacu adrenalin karena harus menaiki lagi anak tangga untuk menuju ke atas. Pastikan Anda dalam keadaan prima dan fit untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa di Mata Air Guyangan.

Cara Menuju Lokasi Mata Air Guyangan Nusa Penida

Mata Air Guyangan berada di wilayah Banjar Guyangan, Desa Batu Kandik, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Jaraknya sekitar 25 km dari pelabuhan Nusa Penida. Anda dapat mencapai Nusa Penida dengan menggunakan speedboat  dari Sanur sekitar 40 menit perjalanan atau dari dermaga pantai Pesinggahan selama 20 menit perjalanan.

Tak perlu merogoh kocek untuk menikmati keindahan alam di Mata Air Guyangan Nusa Penida ini, yang diperlukan hanyalan keberanian dan kerelaan untuk menikmati keindahan alam yang terhampar. Bakal puas deh kalau Anda berkunjung ke tempat wisata alam di Nusa Penida ini.