Menelisik Misteri Relief Yeh Pulu Gianyar di Pulau Dewata

Relief Yeh Pulu Gianyar

by Bali Travel Free & Easy

Jika Anda mengaku sebagai pecinta sejarah dan cagar budaya, datang ke , Bali pastikan menjadi agenda wisata Anda. Relief Yeh Pulu yang merupakan sebuah situs budaya, tak hanya memberikan nilai pada keindahan alam namun juga keindahan pada warisan budaya nenek moyang.

Relief Yeh Pulu Gianyar terkenal akan relief-relief yang terpahat cantik pada batuan padas yang ada di objek wisata ini. Relief-relief yang tergambar terkesan sangat artistik dan mencerminkan bagaimana kehidupan masyarakat Bali pada zaman dahulu.

Relief Yeh Pulu Gianyar 4 1024x768 Menelisik Misteri Relief Yeh Pulu Gianyar di Pulau Dewata

by @esherkunova

Cerita Dalam Relief Yeh Pulu Gianyar

Kehidupan masyarakat Bali digambarkan secara detail dalam guratan-guratan ukiran yang cantik. Cerita yang digambarkan pun sangat banyak berkisah tentang kehidupan dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama dalam lingkup budaya agama Hindu yang mereka anut. Terdapat cerita utama yang menunjuk pada cerita Krishna sebagai inkarnasi Bhatara Wisnu.

baca juga: Pura Taman Mumbul Sangeh, Pura Tempat Melukat dengan Arsitektur yang Unik

Pahatan-pahatan yang ada bukan hanya terukir indah di batuan, namun juga pada cerukan-cerukan yang dipercaya sebagai tempat meditasi Raja Bendahulu. Relief pada cerukan tersebut banyak bercerita tentang kehidupan Raja Bendahulu (Bedulu) sebelum beliau gugur dalam peperangan melawan Kerajaan Majapahit. Peristiwa peperangan ini terjadi pada sekitar tahun 1343 Masehi.

Relief Yeh Pulu Gianyar 3 Menelisik Misteri Relief Yeh Pulu Gianyar di Pulau Dewata

by @brucemac

Relief Yeh Pulu Gianyar ini ditemukan pertama kali pada sekitar tahun 1925 oleh seorang punggawa Kerajaan Ubud. Diperkirakan relief-relief ini dipahat pada sekitar abad 14 atau 15. Dengan panjang sekitar 25 meter dan di ukir pada batuan dengan ketinggian sekitar 2 meter, sudah dapat dibayangkan bagaimana relief-relief tersebut terpahat dengan indahnya.

baca juga: Pantai Candi Kusuma, Pantai dengan Suasana Matahari Terbenam yang Memesona

Pada masa pemerintahan Kolonial Belanda, situs budaya ini kemudian diteliti dan selanjutnya dipromosikan sebagai bagian dari cagar budaya purbakala pada tahun 1929. Karena banyaknya pengetahuan seni serta sejarah klasik Bali yang didapat dari Relief Yeh Pulu ini, hingga sekarang dijaga dan dirawat dengan sangat baik oleh Krama Subak setempat dan oleh Pelestarian Cagar Budaya Bali.

Relief Yeh Pulu Gianyar 2 1024x677 Menelisik Misteri Relief Yeh Pulu Gianyar di Pulau Dewata

by Lin •

baca juga: Desa Batubulan Gianyar, Dari Ukiran Khas Tradisional Hingga Tari Barong Bali Ada di Tempat Ini

Yeh Pulu berasal dari kata “Yeh yang berarti air” dan “Pulu yang berarti gentong”. Nama ini disematkan bukan karena adanya relief yang menggambarkan sebuah gentong air atau semacamnya. Namun karena terdapatnya sebuah gentong (tempat menyimpan beras) yang terdapat di sebuah sumber air di lokasi ini. Sumber air ini sangat disucikan dan terletak di sebelah barat Relief Yeh Pulu.

Lokasi Relief Yeh Pulu Gianyar

Keindahan Relief Yeh Pulu Gianyar dapat Anda temukan di wilayah Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali. Untuk dapat melihat keindahan seni ukir dan pahat serta relief yang sarat akan cerita kehidupan masyarakat Bali kuno ini, Anda harus berjalan melewati jalan setapak yang cukup panjang dan melelahkan.

Relief Yeh Pulu Gianyar 1 Menelisik Misteri Relief Yeh Pulu Gianyar di Pulau Dewata

by Bali Travel Free & Easy

Meski cukup melelahkan, namun perjalanan Anda akan terasa sangat mengasyikkan karena Anda akan dihibur oleh hijaunya persawahan yang membentang. Pemandangan desa yang masih sangat asri dan segar, mampu menjadi obat penghilang lelah sebelum Anda melihat keindahan budaya yang sebenarnya.

Kelelahan Anda akan terbayar lunas oleh kesan indahnya seni ukiran dan pahatan yang haruslah dilestarikan sebagai cagar budaya yang dilindungi. Jangan sampai relief Yeh Pulu Gianyar ini rusak dan tidak bisa ditengok keberadaannya oleh generasi mendatang.