Menikmati Keindahan Kesenian Jegog, Seni Gamelan Khas Jembrana

Kesenian Jegog

by takano.h.n

Gamelan tidak hanya milik suku Jawa. Di Bali, Anda juga bisa menemukan penggunaan gamelan oleh masyarakat sekitar. adalah buktinya. Seni budaya yang berasal dari Kabupaten Jembrana ini merupakan bentuk penyajian musik gamelan yang unik dan jadi ciri khas bali.

Dalam sejarahnya, kesenian Jegog diciptakan oleh seniman yang bernama I Wayan Geliguh atau lebih dikenal sebagai Kiyang Geliduh. Beliau berasal dari Banjar Sebual, Desa Dangin Tukad Aya, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali pada tahun 1912.

Kesenian Jegog 1 1024x1024 Menikmati Keindahan Kesenian Jegog, Seni Gamelan Khas Jembrana

by Yoshiro Tamura

Kesenian Jegog adalah alat musik (gamelan) yang terbuat dari bambu besar yang berbentuk khas dan memiliki suara yang nyaring dan merdu. Pada masa awalnya, Jegog terbuat dari kayu Bayur atau Panggal Buaya dengan bambu sebagai resonatornya. Namun seiring semakin langkanya kayu tersebut sehingga dalam perkembangan Jegog hanya menggunakan bambu saja.

baca juga: Asyiknya Liburan di Hamparan Pasir Hitam Pantai Delod Berawah Jembrana

Diantara alat musik khas Bali yang juga terbuat dari bambu, Jegog memiliki ukuran paling besar terutama pada bagian instrumen yang disebut jegogan. Jegog mempunyai ketebalan sekitar 2 cm, panjang 300 cm dan berdiameter 18 cm.

Kesenian Jegog 2 1024x1024 Menikmati Keindahan Kesenian Jegog, Seni Gamelan Khas Jembrana

by Gede Edi

Selain bentuk gamelan yang besar, yang membedakan Jegog dengan gamelan lain adalah posisi penabuh ketika memainkannya. Jegog tidak dimainkan dengan posisi duduk bersila namun dimainkan dengan posisi penabuh duduk di atas sebuah kursi karena ukuran gamelan yang lebih tinggi.

baca juga: Bendungan Palasari Jembrana, Wisata Bendungan Terbesar di Pulau Bali

Sebagai alat musik, Jegog juga difungsikan sebagai pengiring tari khas daerah Jembrana yang bernama Tari Jegog. Gerakan Tari Jegog banyak mengambil gerakan dari pencak silat. Jegog kini juga sering dimasukkan dalam tabuh-tabuh Gong Kebyar sebagai pengiring Tari Kekebyaran.

Kesenian Jegog dalam Pementasan Jegog Mebarung

Iringan gamelan Jegog juga sering kali dimainkan saat diadakan tradisi Makepung di Jembrana. Selain itu juga kerap mengiringi atraksi pertarungan Jegog Mebarung. Jegog Mebarung adalah pementasan seni Jegog dengan tabuh mebarung (bertarung) yang biasanya diikuti oleh dua atau tiga grup kesenian Jegog.

Kesenian Jegog 3 1024x942 Menikmati Keindahan Kesenian Jegog, Seni Gamelan Khas Jembrana

by I Nengah Sadiarta

baca juga: Pantai Baluk Rening Jembrana, Pantai Indah yang Juga Berkhasiat untuk Kesehatan

Pementasan Jegog Mebarung kian semarak dengan merdunya bunyi Jegog yang dimainkan oleh grup kesenian Jegog ditambah sorak sorai penonton yang mendukung grup jagoan masing-masing. Pemenangnya tidak ditentukan oleh poin atau nilai tertentu, namun ditentukan oleh penonton itu sendiri.

Bila salah satu grup kesenian Jegog terdengar lebih dominan dan suara yang dihasilkan lebih teratur maka grup tersebut dinyatakan sebagai pemenang. Hadiah yang didapat juga berupa kebanggaan karena bisa menampilkan atraksi Jegog terbaik. Karena pada intinya, atraksi Jegog Mebarung adalah untuk menghibur para penonton dan para penggemar.

Kesenian Jegog 4 1024x1024 Menikmati Keindahan Kesenian Jegog, Seni Gamelan Khas Jembrana

by takano.h.n

Tak heran, ketika atraksi Jegog Mebarung ini dihelat, banyak wisatawan atau penonton yang datang untuk menonton keseruannya. Bahkan kesenian Jegog ini sangat populer di kalangan wisatawan mancanegara terutama wisatawan dari Jepang. Mereka rutin untuk menyaksikan penampilan kesenian Jegog untuk kemudian dipraktekkan di negara asalnya.

Lokasi Pementasan Kesenian Jegog

Wisatawan yang ingin menyaksikan pertunjukan kesenian Jegog dapat datang ke Desa Sangkaragung, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana. Pertunjukkan Jegog di desa ini ditampilkan oleh kelompok Suar Agung yang merupakan salah satu grup kesenian Jegog yang berada di Bali.