Monumen Bajra Sandhi, Wisata Edukasi Sejarah Perjuangan Rakyat Bali di Denpasar

Monumen Bajra Sandhi

via Wikipedia

Kalau berbicara tentang wisata edukasi di Pulau Bali, tidak boleh luput dari perhatian. Di monumen ini, wisatawan akan bisa mengetahui betapa keras perjuangan yang dilakukan oleh rakyat Bali dalam pertempuran melawan kekejaman para penjajah.

Masuk ke area monumen, Anda akan disuguhkan dengan bangunan dengan arsitektur yang menakjubkan. Bangunan monumen ini dibangun dengan bentuk persegi. Dalam pembangunannya, Monumen Bajra Sandhi ini dibuat dengan pertimbangan prinsip Tri Mandala yang terbagi menjadi tiga bagian, yakni:

baca juga: Bukit Jambul Karangasem, Pemandangan Hijau Menyejukkan Mata di Bali

Monumen Bajra Sandhi 4 1024x704 » Monumen Bajra Sandhi, Wisata Edukasi Sejarah Perjuangan Rakyat Bali di Denpasar

via Wikipedia

  • Mandala Utama yang merupakan bangunan utama dan terletak di bagian tengah monumen
  • Mandala Madya yang dikenal sebagai lapangan bagian dalam yang mengelilingi Mandala Utama
  • Mandala Nista, merupakan lapangan bagian luar yang mengelilingi area Madya Mandala.

baca juga: Pura Bukit Sari Bali, Pura Tengah Hutan dengan Ratusan Monyet Menghiasinya

Monumen ini bukan hanya berfungsi sebagai sebuah monumen pengingat perjuangan rakyat Bali. Di bagian bangunan Mandala Utama, terdapat tiga lantai yang bisa diakses oleh para pengunjung. Tidak heran kalau tempat ini menjadi destinasi wisata edukasi sejarah.

Monumen Bajra Sandhi 3 1024x681 » Monumen Bajra Sandhi, Wisata Edukasi Sejarah Perjuangan Rakyat Bali di Denpasar

Instagram photo by Noni Lestiowati

Lantai bawah yang disebut dengan nama Nistaning Mandala Utama terbagi menjadi tiga ruang, yakni ruang administrasi, ruang pameran, dan sebuah perpustakaan. Pengunjung pun bisa bebas datang ke tempat ini. Tak lupa, terdapat sebuah kolam yagn disebut dengan nama Puser Tasik di area ini.

Selanjutnya, terdapat lantai pertama yang disebut dengan nama Madyaning Mandala Utama. Di sini, para pengunjung dapat menyaksikan keberadaan 33 diorama, mirip dengan suasana yang bisa dijumpai di Monumen Nasional (Monas) Jakarta. Bedanya, diorama tersebut mengisahkan tentang perjuangan rakyat Bali.

Dan, lantai terakhir, lantai kedua menjadi tempat yang paling menarik bagi para wisatawan. Di tempat ini, para pengunjung akan bisa menyaksikan pemandangan panorama Kota Denpasar.

Monumen Bajra Sandhi 2 1024x1024 » Monumen Bajra Sandhi, Wisata Edukasi Sejarah Perjuangan Rakyat Bali di Denpasar

Instagram photo by Informasi Renon Bali

Lokasi Monumen Bajra Sandhi

Wisatawan yang berkeliling Kota Denpasar akan dapat dengan mudah menengok keberadaan Monumen Bajra Sandhi ini. Monumen ini terletak di alamat Jalan Puputan Renon, Denpasar, Bali, tepat di depan Kantor Gubernur Provinsi Bali.

Harga Tiket Masuk Monumen Bajra Sandhi

Wisatawan yang tertarik untuk mempelajari sejarah perjuangan rakyat Bali di Monumen Bajra Sandhi ini tidak perlu membayar mahal. Cukup dengan tiket masuk sebesar lima ribu hingga sepuluh ribu rupiah, Anda sudah bisa menelusuri setiap penjuru monumen ini.

Foto Prewedding di Monumen Bajra Sandhi

Para pengunjung yang datang ke Monumen Bajra Sandhi tidak hanya berniat untuk mempelajari sejarah perjuangan rakyat Bali. Tak sedikit para calon pengantin yang menjadikan monumen bersejarah ini sebagai tempat untuk melangsungkan foto prewedding.

baca juga: Taman Ujung Karangasem, Wisata Istana Air Lokasi Foto Prewedding Favorit di Bali

Monumen Bajra Sandhi 1 1024x680 » Monumen Bajra Sandhi, Wisata Edukasi Sejarah Perjuangan Rakyat Bali di Denpasar

Instagram photo by I MD Supriawan(dewataphotoart)

Arsitektur bangunan yang menarik menjadikan tempat ini sebagai lokasi foto prewedding favorit di Kota Denpasar. Terlebih, aksesibilitasnya juga mudah, bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat dan hanya butuh waktu perjalanan 45 menit kalau berangkat dari Bandara Ngurah Rai.

Jam Buka Monumen Bajra Sandhi

Bagi yang tertarik berkunjung atau melangsungkan foto prewedding di sini, tentu perlu memperhatikan jam bukanya, yakni:

Hari Senin-Jumat: 09:00 – 17:00 WITA
Hari Sabtu: 10:00 – 17:00 WITA
Hari Minggu: 11:00 – 16:00 WITA

Seperti halnya di tempat lain, melangsungkan foto prewedding di tempat ini tentu tidak gratis. Calon pengantin akan dikenakan biaya sebesar Rp500.000,00. Tidak perlu melakukan pemesanan, para calon pengantin tinggal datang menuju lokasi monumen saat ingin melangsungkan foto prewedding.