Monumen Bom Bali (Monumen Ground Zero), Wisata Bersejarah Mengingat Peristiwa Bom Bali

Monumen Bom Bali

Instagram photo by @heryhariadi

Monumen Bom Bali menjadi bangunan yang mengingatkan para wisatawan dan masyarakat dunia terhadap peristiwa memilukan yang terjadi pada tahun 2002. Berselang 14 tahun kemudian, monumen ini menjadi sebuah monumen bersejarah yang menjadi daya tarik tinggi bagi para wisatawan. Baik wisatawan lokal atau mancanegara.

Tanggal 12 Oktober 2002, peristiwa Kuta berdarah akibat tragedi menakutkan yaitu meledaknya bom di beberapa tempat antara lain Paddy’s Pub, Sari Club dan dekat Kantor Konsulat AS terjadi. Sekilas, konsep Tri Hita Kirana yang ada di Bali yakni bagian keharmonisan manusia dengan sesamanya terhapus begitu saja dengan adanya peledakkan bom ini.

baca juga: Pergi ke Pulau Dewata? Jangan Lupa Bawa Oleh-Oleh Joger Bali, Ya!

Monumen Bom Bali 1 1024x1024 Monumen Bom Bali (Monumen Ground Zero), Wisata Bersejarah Mengingat Peristiwa Bom Bali

Instagram photo by Muhammad Zulfikar

Peristiwa ini sulit dihapuskan dalam memori karena tragedi bom Bali, tepatnya di wisata Kuta,mengakibatkan meninggalnya 202 jiwa yaitu 38 warga negara Indonesia, 88 orang berwarganegara Australia, 6 warga negara swediadan 7 warga negara Amerika. Lalu kemudian peristiwa berdarah ini disebut sebagai Bom Bali I sebab bom terjadi dua kali.

baca juga: Mata Air Tembeling Nusa Penida, Pesonanya Menarik Siapa Saja

Tragedi ini tak bisa dilupakan begitu saja. Untuk mengenang Bom Bali I, maka pemerintah daerah Bali membuat sebuah monumen peringatan yang di beri nama Monumen Panca Benua atau lebih terkenal dengan nama Monumen Ground Zero Bali. Banyak orang yang datang dari berbagai negara setiap tahunnya saat tanggal 12, mereka berkumpul di tempat monumen ini untuk mengenang tragedi bom Bali.

Monumen Bom Bali 2 1024x768 Monumen Bom Bali (Monumen Ground Zero), Wisata Bersejarah Mengingat Peristiwa Bom Bali

Instagram photo by @heryhariadi

Daya tarik utama dari monumen bom bali atau Monumen Ground Zero ini tentu saja adalah plakat besar berisi 202 nama korban yang meninggal beserta nama negara asalnya. Selain itu, Anda akan melihat pepohonan hijau dan bunga warna-warni menghias cantik di sekitar monumen. Beberapa turis asing terlihat menyimak deretan nama korban Bom Bali 1 dan juga terlihat beberapa piring sesaji yang diletakkan di sana.

Tidak hanya itu, banyak pula para wisatawan yang berkunjung ke sini sekadar untuk mengabadikan foto kunjungan wisata. Monumen ini memang memiliki desain yang keren. Tidak heran kalau banyak wisatawan yang tertarik berfoto dengan later belakang monumen bom Bali ini.

baca juga: Air Terjun Jembong Buleleng, Wisata Alam Wajib untuk Para Pencinta Air Terjun

Lokasi Monumen Ground Zero Bali

Letak monumen bom bali Ground Zero ini sangat strategis karena letaknya yang ada di sekitar toko-toko dan tempat hiburan malam. Anda tak akan kesulitan bila mencari tempat ini karena memang berada tepat di jantung Kuta. Mengenang tragedi berdarah Bom Bali I, mengingatkan bahwa kekerasan bukan jalan yang terbaik.

Monumen Bom Bali 3 819x1024 Monumen Bom Bali (Monumen Ground Zero), Wisata Bersejarah Mengingat Peristiwa Bom Bali

Instagram photo by @travelkutravelmu

Lokasi monumen berada di jalan Legian Kuta, dahulunya sebelum Monumen Ground Zero dibangun tempat ini adalah lokasi Paddy’s Pub berdiri yang letaknya di depan Sari Club.Paddy’s Pub sendiri sekarang ini direlokasi lebih ke selatan tepat berada di depan monumen Ground Zero Bali. Nama Paddy’s Pub kini berubah menjadi Paddy’s Clubatau lebih terkenal dengan sebutan Paddy’s reload.

Saat ini, monumen bom Bali yang diresmikan pada tanggal 12 Oktober 2004, oleh Bupati Badung yang saat itu dijabat oleh Anak Agung Ngurah Oka Ratmadi ini telah menjadi sebuah tempat wisata di Bali yang banyak menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung. Banyak dari mereka yang berkunjung di Bali menempatkan Monumen Ground Zero sebagai tujuan wisata pertama di Pulau Dewata, yang mungkin juga hal ini juga Anda lakukan.