Museum Lukisan Sidik Jari, Wisata Edukasi yang Unik di Denpasar

museum lukisan sidik jari

by triwahyuni utari dewi

Sudah pernah melihat lukisan dengan menggunakan teknik sidik jari? Anda harus datang ke Bali, di Ngurah Gede Pemecutan. Lokasinya yang tepat berada di pusat Kota Denpasar, tentu sangat sayang jika dilewatkan karena banyak hal menarik di dalamnya.

Museum Lukisan Sidik Jari Ngurah Gede Pemecutan merupakan museum pribadi yang menyimpan koleksi karya-karya pribadi I Gusti Ngurah Gede Pemecutan. Teknik seni lukis sidik jari diklaim sebagai teknik lukis yang baru ada dan pertama kali berkembang di Bali. Bahkan diketahui, teknik lukis ini sebagai satu-satunya yang ada di dunia.

museum lukisan sidik jari 1 1024x722 Museum Lukisan Sidik Jari, Wisata Edukasi yang Unik di Denpasar

by Nidinda

Lokasi Museum Sidik Jari Ngurah Gede Pemecutan

Museum ini terletak di Jalan Hayam Wuruk No. 175, Tanjung Bungkak, Denpasar. Selain melihat koleksi-koleksi karya lukisan dari sang seniman, Anda juga dapat menemui langsung seniman pembuatnya yakni I Gusti Ngurah Gede Pemecutan. Tentu hal ini menjadi suatu pengalaman yang tak terlupakan.

Lokasinya hanya sekitar 2 kilometer dari pusat Kota Denpasar atau sekitar 1,5 kilometer dari Terminal Kereneng. Sehingga sangat mudah dijangkau dan tentu sangat sayang jika tidak dikunjungi.

museum lukisan sidik jari 2 1024x576 Museum Lukisan Sidik Jari, Wisata Edukasi yang Unik di Denpasar

by triwahyuni utari dewi

Jam Buka dan Tiket Masuk Museum Lukisan Sidik Jari Ngurah Gede Pemecutan

Dikenal sebagai museum hidup yakni museum yang juga digunakan sebagai rumah tinggal dan studio lukis oleh sang seniman. Buka setiap hari pada pukul 09.00 – 16.00 WITA kecuali hari libur. Untuk masuk museum tidak dipungut biaya sepeserpun.

baca juga: Restoran Swept Away, Kuliner Romantis dengan Pemandangan Sungai Ayung Ubud

Koleksi Unik di Museum Lukisan Sidik Jari Ngurah Gede Pemecutan

Lukisan yang menjadi koleksi serta hasil karya I Gusti Ngurah Gede Pemecutan memiliki keunikan sendiri yakni hasil lukisannya terbentuk dari cat minyak dan ujung jari telunjuk tangan kanan sang pelukis. Dengan ujung jari telunjuk inilah pelukis bersentuhan dengan canvas dan menuangkan segala isi pikiran pelukis dalam sketsa gambar yang memukau.

museum lukisan sidik jari 3 Museum Lukisan Sidik Jari, Wisata Edukasi yang Unik di Denpasar

by Gilland Giovanni

Permainan cat minyak pada ujung jari yang digoreskan pada canvas inilah yang meninggalkan titik-titik warna dengan guratan sidik jari pelukis. Selain dirasa lebih berkesan seni tinggi, juga menunjukkan hasil lukisan yang dibuat lebih orisinil. Oleh karena itulah mengapa hasil karyanya ini disebut lukisan sidik jari.

Masuk ke area Museum Lukisan Sidik Jari, Anda akan menemui sebuah lukisan yang bertema naturalis. Begitu pula Anda akan menemui lukisan dengan tema yang sama ketika menuju ruang kedua.

baca juga: Taman Kota Lumintang Denpasar, Sajikan Keindahan Air Mancur Menari yang Memesona

Menuju ruang ketiga, terpampanglah lukisan sidik jari yang pertama kali dibuat oleh I Gusti Ngurah Gede Pemecutan. Berjudul Tari Baris, lukisan ini tertanggal 9 April 1967 berukuran 55 x 75 cm. Di ruang ketiga ini terdapat pula piagam penghargaan dari Rekor MURI.

Tak banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Museum Lukisan Sidik Jari Ngurah Gede Pemecutan ini. Kebanyakan yang datang hanya pecinta seni, pengoleksi lukisan ataupun yang ingin belajar lebih jauh tentang teknik lukis sidik jari.

Selain difungsikan sebagai museum, lokasi ini juga merupakan tempat kursus melukis, tempat belajar Tari Bali, tabuh gamelan khas Bali (gong Semarande), tempat belajar Bahasa Bali, belajar Bahasa Jepang, belajar musik, Play Group, maupun TK.

Lokasinya memang bukanlah spot foto selfie yang bagus, namun demikian dengan mengunjungi museum ini dapat mengetahui informasi dan ilmu yang sangat bermanfaat khususnya tentang sejarah dan budaya.