Museum Puri Lukisan Ubud – Museum Seni Tertua Sarana Wisata Edukasi di Bali

Museum Puri Lukisan Ubud

by Nofrizaldi

Berkunjung ke Ubud tidak hanya bisa menyaksikan suasana yang alami. pun bisa menjadi persinggahan Anda. Apalagi, Ubud sudah lama dikenl sebagai pusatnya perkembangan seni dan budaya masyarakat Bali. Dan, di museum ini lah berbagai karya seni seniman Bali pun diperlihatkan untuk khalayak umum.

Museum Puri Lukisan Ubud merupakan museum seni tertua yang ada di Bali, dengan berbagai koleksi lukisan Bali yang bertema modern maupun tradisional. Lukisan-lukisan yang terdapat di museum ini mewakili berbagai macam gaya lukisan, mulai dari gaya lukis Sanur, gaya lukis Batuan, gaya lukis Ubud, dan masih banyak lagi.

Museum Puri Lukisan Ubud 4 1024x1024 Museum Puri Lukisan Ubud   Museum Seni Tertua Sarana Wisata Edukasi di Bali

by Красноперова Алена

Peletakan batu pertama pembangunan Museum Puri Lukisan Ubud dilakukan pada 31 Januari 1954 oleh Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo, dan diresmikan pada tahun 1956 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Yamin. Taman bunga yang berada di depan museum menambah kesan asri dan cantik, sekaligus keberadaan sebuah patung berbalut kain tradisional Bali kian mempertegas kesan etnis dan unik di sini.

Koleksi lukisan di museum ini dipajang di tiga bangunan utama yakni Pitamaha Galery yang menyimpan lukisan tradisional modern Bali berasal dari jaman sebelum kemerdekaan RI sekitar tahun 1930-1945 dan koleksi lukisan karya I Gusti Nyoman Lempad (1862-1978), ruang ini berada di sebelah utara.

Museum Puri Lukisan Ubud 3 819x1024 Museum Puri Lukisan Ubud   Museum Seni Tertua Sarana Wisata Edukasi di Bali

by 🇸🇰🐑🍝🍭🍻🏝🏞✈🌍🌎🌏

I Gusti Nyoman Lempad dikenal sebagai “Renaissance Man”, yang sangat dihormati di Bali hingga kalangan artis dunia. Ia dianggap sebagai guru seni sejati. Karyanya tak hanya lukisan namun juga seni memahat patung dan arsitektur.

baca juga: Vila Padi Menari Ubud – Penginapan Eksklusif dengan Sajian Pemandangan Sawah Hijau di Depan Mata

Bangunan sebelah barat bernama Ida Bagus Made Gallery yang menyimpan koleksi lukisan karya Ida Bagus Made. Wayang Galery terdapat di sebelah timur dengan koleksi lukisan wayang serta gedungnya sering digunakan sebagai pameran temporer.

Museum Puri Lukisan Ubud 2 1024x1024 Museum Puri Lukisan Ubud   Museum Seni Tertua Sarana Wisata Edukasi di Bali

by Hj Lee

Karya-karya hebat seniman lain juga disimpan di Museum Puri Lukisan Ubud, seperti karya dari seniman Ida Bagus Gelgel (1900-1937), karya seniman Anak Agung Gde Sobrat (1919–1992) dan karya seni seniman I Gusti Made Deblog (1910–1978).

Selain menyimpan berbagai karya seni lukis, Museum Puri Lukisan Ubud juga menyimpan karya seni ukir seperti nampak pada koleksi karya milik Ida Bagus Nyana (1912–1985). Ida Bagus Nyana adalah seorang pematung kayu sekaligus penari yang sangat berbakat. Karyanya yang bernama Patung Dewi Pertiwi nampak kian artistik dengan kaki laba-laba dan ular yang melingkar.

Museum Puri Lukisan Ubud 1 1024x768 Museum Puri Lukisan Ubud   Museum Seni Tertua Sarana Wisata Edukasi di Bali

by Nofrizaldi

Wisata Edukasi di Museum Puri Lukisan Ubud

Tak hanya lokasi yang menyimpan bermacam karya seni, Museum Puri Lukisan Ubud juga merupakan tempat yang sangat mengedukasi. Terbukti di tempat ini juga disediakan berbagai kelas belajar, seperti belajar melukis (biaya per hari Rp 450.000), belajar gamelan (biaya per jam Rp 125.000), dan belajar melukis klasik (biaya per hari Rp 450.000).

Selain itu, Anda juga bisa mengajai si kecil belajar melukis batik (biaya per hari Rp. 450.000), belajar suling (biaya per jam Rp 125.000), belajar membuat wayang (biaya per hari Rp 500.000), belajar melukis topeng (biaya per 3 jam Rp 300.000), belajar menari (biaya per jam Rp 125.000), dan belajar membuat ukiran kayu (biaya per hari Rp 450.000).

baca juga: Hotel Maya Ubud Resort – Penginapan Mewah di Atas Bukit dengan Keindahan yang Natural

Lokasi dan Tiket Masuk Museum Puri Lukisan Ubud

Museum Puri Lukisan Ubud berlokasi di Jalan Raya Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Anda bisa datang setiap hari mulai pukul 09.00 – 18.00 WITA, dan tutup pada Hari Raya Nyepi. Biaya masuknya Rp 50.000 untuk orang dewasa. Sedangkan anak-anak yang berusia dibawah 15 tahun yang datang bersama orangtuanya tidak dikenakan biaya. Harga tiket tersebut sudah termasuk minuman dan makanan ringan.