Taman Narmada Baliraja Bangli

via http://sejarahtamanbali.blogspot.co.id/

Taman Narmada Baliraja  Bangli adalah sebuah obyek wisata alam dan budaya yang merupakan peninggalan sejarah yang harus senantiasa kita lestarikan. Obyek wisata ini merupakan bekas peninggalan dari Kerajaan Taman Bali. Sebuah peninggalan bersejarah yang menjadi saksi perkembangan masyarakat Bali di zaman dahulu.

Taman ini sudah dilengkapi dengan bangunan kolam dan tempat pemujaan yang berupa bangunan suci Pura Kawitan Maha Gotro Tirta Harum Taman Bali. Sebagai sebuah tempat pemujaan suci, pada saat itu dijadikan sebagai tempat rekreasi dan berdoa oleh Raja Taman Bali.

Taman Narmada Baliraja Bangli 1 1024x768 Napak Tilas di Taman Narmada Baliraja Bangli

via fritugo.com

baca juga: Seru-seruan di Taman Wisata Air Tirta Lestari Gumbrih Jembrana

Sejarah Taman Narmada Baliraja Bangli

Taman Narmada Baliraja dibangun oleh Sang Anom Bagus dari Kerajaan Taman Bali. Pada areal utama terdapat sebuah bangunan pura yang dikelilingi telaga dan taman bunga. Taman bunga ini dihiasi dengan bunga berwarna-warni serta terdapat beraneka ragam tumbuhan tropis.

Terdapat pula peninggalan berupa Jempeng Raja (WC) yang berbentuk lembu dan sebuah bangunan Bale Emas (tempat penyimpanan kekayaan raja). Bangunan ini sekarang berada di lingkungan Sekolah Dasar I Taman Bali. Bale emas tersebut sudah direnovasi oleh warga Desa Taman Bali pada tahun 1986.

baca juga: Cafe Degan Bali, Kuliner Wajib untuk Pencinta Acara Masterchef Indonesia Nih

Sebagai tempat peristirahatan raja dan lokasi wisata, Taman Narmada Baliraja  dibangun diatas sebuah lahan dengan luas sekitar 5000 m2. Arealnya dikelilingi dengan hamparan persawahan yang para petaninya masih menggunakan sistem pertanian tradisional.

Taman Narmada Baliraja Bangli 2 1024x768 Napak Tilas di Taman Narmada Baliraja Bangli

via http://sejarahtamanbali.blogspot.co.id/

Sebagai obyek wisata yang sedang berkembang, Taman Narmada Baliraja belum mempunyai fasilitas penunjang pariwisata yang memadai seperti areal parkir, rumah makan, penginapan, toko-toko penjual souvenir dan lain sebagainya. Bahkan pengunjung yang datang hanyalah warga sekitar Desa Taman Bali untuk sekedar menghabiskan waktu untuk memancing di kolam yang ada di Taman Narmada Baliraja.

baca juga: Kedai Ceret Renon, Tempat Nongkrong Asyik ala Angkringan di Bali

Namun karena lokasinya mudah diakses yang merupakan jalur utama penghubung obyek-obyek wisata di Kabupaten Bangli dengan obyek-obyek wisata yang ada di Kabupaten Gianyar, wisata ini sangat patut untuk dikunjungi.

Selain bisa untuk tempat refresing, bangunan kuno yang bernilai sejarah di lokasi ini tentu mempunyai nilai seni tinggi. Sehingga berfoto-foto dengan berlatar bangunan kuno akan menambah kesan romantis dan artistik.

Peninggalan sejarah di Taman Narmada Baliraja ini mempunyai daya tarik dan sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai obyek wisata. Terlebih bagi pecinta memancing untuk menyalurkan hobinya, selain juga untuk rekreasi sepeda air dan lintas alam (trekking).

Taman Narmada Baliraja Bangli 3 Napak Tilas di Taman Narmada Baliraja Bangli

via http://ridebali.com/

Lokasi Taman Narmada Baliraja Bangli

Taman Narmada Baliraja Bangli berlokasi di Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Jaraknya sekitar 5 kilometer dari pusat Kota Bangli menuju arah selatan.

Cara Menuju ke Taman Narmada Baliraja Bangli

Jika ditempuh dari Denpasar, ditempuh dalam 35 kilometer perjalanan. Dari Desa Taman Bali, terdapat 2 jalan akses untuk menuju taman ini yaitu melalui jalan setapak ke arah barat dengan jarak sekitar 500 meter dan melalui jalan aspal ke arah barat dengan jarak berkisar 300 meter, yang sebelum memasuki Dusun Sedawa harus belok ke arah selatan.

Cara termudah untuk masuk ke tempat ini tentu saja adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Terlebih, Anda akan menemukan beragam tempat yang menyediakan layanan penyewaan kendaraan bermotor di Bali. Baik kendaraan roda dua ataupun roda empat.