Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, Pilihan Kuliner Wajib di Ubud

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Instagram photo by @eatfolks

Berkunjung ke Ubud, Bali kurang pas kalau tanpa mencicipi kulinernya. jadi lokasi kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Tempat makan yang satu ini dikenal sebagai lokasi makan yang paling enak untuk mendapatkan cita rasa khas tradisional Bali.

Sebenarnya, di Jalan Kedewatan, Ubud sudah banyak jejeran penjual nasi ayam kedewatan, tetapi yang paling terkenal dan ramai pengunjung adalah Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku. Tidak banyak memang menu yang ditawarkan di rumah makan ini. Hanya ada dua menu yang disajikan di tempat makan ini.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku 1 1024x768 Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, Pilihan Kuliner Wajib di Ubud

Instagram photo by Briggita Sekar (Tita)

baca juga: Rumah Pohon Batu Dawa Karangasem, Wisata Kekinian di Pulau Bali

Menu Utama Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku hanya menyajikan dua menu adalah nasi ayam campur dan dengan nasi yang disajikan terpisah sebagai menu utama. Yang mana dasarnya kedua menu ini sama dan sama-sama nikmat dilidah. Sebagai pelengkap, Anda bisa memesan aneka minuman dan jus yang ada di rumah makan ini.

Paket menu itu berisi nasi, potongan telur pindang, sambal dengan kacang goreng,ayam bumbusatu buah sate gulung daging ayam, dan olahan sayur kacang panjang dengan bumbu khas Bali. Paket menu ini memiliki cita rasa yang lezat dan dominan pedas.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku 3 1024x904 Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, Pilihan Kuliner Wajib di Ubud

Instagram photo by Leonard Steven

baca juga: Mama San Bali, Restoran Unik Bertema Klasik di Kerobokan, Bali

Namun jika Anda tidak menyukai makanan yang pedas, sepertinya makanan ini kurang cocok untuk Anda. Dan untuk anak-anak sepertinya juga kurang cocok untuk makanan ini. Tetapi Anda bisa mengakalinya dengan memesan tanpa sambal.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku 2 Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, Pilihan Kuliner Wajib di Ubud

Instagram photo by @eatfolks

Walaupun dari bagian depan Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku ini terlihat kecil, namun sebenarnya rumah makan ini cukup besar dan sangat nyaman. Apalagi bagian belakang rumah makan ini cukup luas dengan adanya bangunan-bangunan joglo yang terlihat unik, cocok bagi Anda yang ingin makan bersama dengan teman, keluarga atau dengan pasangan. Terletak tepat di depan Pura Malanting Kedewatan ini, sejauh ini memiliki tempat yang bagus.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku 4 1024x768 Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, Pilihan Kuliner Wajib di Ubud

via http://trythismenu.blogspot.co.id/

baca juga: Wisata Pantai Samuh Bali, Pantai Pasir Putih dengan Underwater yang Mengagumkan

Ketika Anda baru memasuki Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, Anda harus berjalan menuju ke arah rak kecil di dekat kasir dimana terdapat 6 piring makanan. Enam piring tersebut berisi dengan potongan ayam yang cukup besar (dada dan paha),  telur pindang, ayam suwir yang dicampur dengan jeroan (ati dan ampela), tumis kacang panjang yang dicampur parutan kelapa, sate lilit ayam, dan sebagai pelengkap piring terakhir adalah sambal. Anda bisa memesannya secara terpisah atau satu paket langsung.

Harga Makanan di Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Ada tambahan kerupuk kulit ayam garing dan kacang tanah goreng pada makanan yang disajikan di Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku ini.Harganya pun cukup terjangkau dan tidak akan membuat kantong kering. Sepiring Nasi Ayam Kedewatan ini dibandrol harga sekitar Rp 17.000,- dan untuk segelas minuman es lemon teh hanya Rp 5.000,-.

Lokasi dan Jam Buka Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku ini bertempat di Jalan Raya Kedewatan No. 18, Ubud, Gianyar, Bali. Bila ingin info lebih lanjut Anda bisa menelponnya di 0361-974795. Dibuka pada pukul jam 08.00 sampai 18.00. Rumah makannya cukup besar dengan dua pilihan tempat duduk yaitu tempat duduk lesehan dan tempat duduk biasa.