Objek Wisata Alas Kedaton, Wisata Pura Suci ala Monkey Forest di Tabanan

Objek Wisata Alas Kedaton

by jennifer peña

Tabanan tak hanya memiliki Tanah Lot sebagai destinasi wisata. Salah satunya adalah objek yang terletak di wilayah Tabanan. Di tempat ini, para wisatawan bisa merasakan suasana alam yang masih hijau. Tidak ketinggalan, seliweran kera-kera liar menjadi pemandangan lain yang bisa disaksikan.

Berjalan-jalan di kawasan hutan rimbun seluas 65 hektar ini, Anda akan dimanjakan oleh pemandangan hijaunya pepohonan. Tingkah lucu kera-kera juga menjadi atraksi yang tidak boleh dilewatkan. Lokasi wisata ini pun bisa menjadi alternatif selain bisa menyaksikan pemandangan serupa di Monkey Forest Ubud.

Objek Wisata Alas Kedaton 3 Objek Wisata Alas Kedaton, Wisata Pura Suci  ala Monkey Forest di Tabanan

by Kimberly M

Kera-kera di Alas Kedaton sudah jinak. Namun demikian Anda harus tetap berhati-hati. Ketika keusilan mereka muncul, apapun yang Anda pegang bisa menjadi bahan mainan mereka. Jangan coba-coba memberi makanan jika tidak ingin diserbu oleh gerombolan kera tersebut.

Oleh karenanya, ketika datang ke Alas Kedaton lebih baik tidak memakai kacamata atau perhiasan, dan usahakan tidak menggunakan topi. Karena jika Anda lengah, maka benda berharga Anda akan diambil kera-kera tersebut tanpa sepengetahuan Anda.

Objek Wisata Alas Kedaton 2 1024x1024 Objek Wisata Alas Kedaton, Wisata Pura Suci  ala Monkey Forest di Tabanan

by Verawati Razak

baca juga: Terasering Jatiluwih Tabanan, Wisata Alami yang Menyejukkan Mata

Anda dapat berfoto-foto dengan kera-kera tersebut di sebuah tempat khusus untuk foto bersama. Tak hanya kera, Anda juga dapat berfoto dengan ular ataupun kalong. Tentu setelah berfoto, Anda dikenakan biaya tambahan.

Di kawasan juga terdapat sebuah pura yang bernama Pura Alas Kedaton atau Pura Dalem Kahyangan. Diperkirakan pura ini dibangun pada sekitar 1364 Masehi. Oleh karenanya Pura Alas Kedaton memiliki makna sejarah yang tinggi.

Arsitektur Pura Alas Kedaton sangat unik, berbeda dengan pura-pura lain di Bali. Pura pada umumnya memiliki banyak ukiran pada bagian pelinggih, namun tidak pada Pura Alas Kedaton. Pada pelinggih yang nampak hanya susunan batu.

Objek Wisata Alas Kedaton 1 1024x773 Objek Wisata Alas Kedaton, Wisata Pura Suci  ala Monkey Forest di Tabanan

by jennifer peña

baca juga: Air Terjun Blahmantung Tabanan, Tiga Air Terjun Indah Dalam Satu Lokasi

Ketika Anda masuk ke bagian dalam pura, nuansa era Megalitikum kian terasa. Karena terdapat bangunan Menhir (batu berundak) yang merupakan tempat pemujaan leluhur kala itu.

Jika Anda melihat tembok pelinggih utama yang bertingkat lima, Anda akan menemukan dua buah ceruk dengan batu didalamnya. Arca laki-laki berada di sebelah kanan sedangkan arca perempuan berada di sebelah kiri. Ini merefleksikan budaya Hindu pada masa Megalitikum.

Pura Alas Kedaton diyakini memiliki kekuatan magis untuk melindungi seluruh areal hutan beserta warga di sekitarnya. Upacara Piodalan dilakukan pada hari Selasa (Anggara Kasih) atau dua puluh hari setelah Hari Raya Galungan.

baca juga: Pura Luhur Batukaru, Pura Suci Masyarakat Hindu Bali

Upacara dimulai pada siang hari dan harus sudah diselesaikan sebelum matahari terbenam. Prosesi upacara dinamakan Ngerebeg dengan tidak menggunakan dupa ataupun kwangen. Upacara Ngerebeg ini adalah salah satu tradisi budaya yang masih dijaga dan dilestarikan hingga sekarang.

Cara Menuju Lokasi Objek Wisata Alas Kedaton Tabanan

Anda dapat menuju objek wisata Alas Kedaton dalam 45 menit perjalanan dari Tanah Lot. Atau sekitar 1,5 jam perjalanan dari Denpasar. Tepatnya berada di ujung timur Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali.

Tiket Masuk Objek Wisata Alas Kedaton Tabanan

Tiket masuknya cukup terjangkau yaitu orang dewasa Rp 10.000/orang, untuk anak-anak, Rp 7.500/anak, biaya parkir motor Rp 2.000/motor, biaya parkir mobil Rp 5.000/mobil, serta biaya parkir bus Rp 10.000/bus.