Pantai Baluk Rening Jembrana, Pantai Indah yang Juga Berkhasiat untuk Kesehatan

Pantai Baluk Rening Jembrana

by Dian Febriana

Deretan pantai indah bisa dijumpai di berbagai tempat di Bali. Salah satunya adalah yang berada di kawasan Bali Barat. Bahkan, tidak hanya memiliki keindahan, pantai ini juga dikenal memiliki khasiat untuk kesehatan.

Tak seperti Pantai Kuta yang berpasir putih, pasir di Pantai Baluk Rening berwarna hitam. Meskipun demikian, suasana dan kedamaian yang tercipta di pantai ini bisa memberikan kenyamanan sehingga pikiran dapat fresh kembali.

Pantai Baluk Rening Jembrana 2 1024x683 Pantai Baluk Rening Jembrana, Pantai Indah yang Juga Berkhasiat untuk Kesehatan

by Julian Fotography

Pantai Baluk Rening menjadi lokasi favorit wisatawan untuk datang bukan hanya karena cantiknya pemandangan alam yang ada, namun juga pasir hitamnya yang berkhasiat. Banyak warga percaya bahwa pasir hitam di sini bermanfaat sebagai terapi kesehatan.

baca juga: Restoran The Pirates Bay Nusa Dua, Kuliner Sekaligus Tempat Bermain Anak yang Seru

Mereka percaya bahwa dengan menimbun diri di bawah pasir, maka penyakit reumatik yang diderita bisa berangsur-angsur sembuh. Selain itu, dengan mandi di laut Baluk Rening penyakit kulit yang diderita dipercaya akan segera sembuh.

Pada setiap akhir pekan atau masa liburan, Pantai Baluk Rening selalu dipadati oleh wisatawan yang datang. Tentu tak hanya untuk menikmati segala panorama yang disajikan oleh pantai indah ini, namun juga untuk merasakan khasiat pengobatan pasir hitam Pantai Baluk Rening.

Pantai Baluk Rening Jembrana 1 Pantai Baluk Rening Jembrana, Pantai Indah yang Juga Berkhasiat untuk Kesehatan

by aguk aja

Indahnya pemandangan di Pantai Baluk Rening kian menawan dengan banyaknya pohon nyiur yang tumbuh di tepian pantai. Bermain pasir bersama keluarga dan anak-anak, berenang di laut atau berjemur merasakan hangatnya sinar matahari bisa menjadi aktivitas yang dapat Anda lakukan di pantai ini.

baca juga: Kafe Gardin Bistro, Tempat Makan Unik dengan Desain ala Negeri Dongeng

Suasana Indah Sore Hari di Pantai Baluk Rening Jembrana

Menginjak sore hari, Anda juga dapat menyaksikan indahnya panorama matahari terbenam. Suasana sunset yang romantis bisa menjadi pelengkap wisata Anda ketika datang ke Pantai Baluk Rening.

Pantai Baluk Rening Jembrana 3 1024x683 Pantai Baluk Rening Jembrana, Pantai Indah yang Juga Berkhasiat untuk Kesehatan

by doddy sudibia

Berbagai fasilitas pariwisata sudah tersedia di sini, mulai dari penginapan, restoran, cafe, area parkir, toilet hingga warung-warung kecil penjual makanan. Untuk masuk lokasi wisata tidak perlu membayar tiket masuk, cukup membayar uang parkir sebesar seribu rupiah.

Gelombang ombak di Pantai Baluk Rening tidak seberapa tinggi, namun adakalanya pada bulan tertentu gelombang laut sangat tinggi. Karena sering terjadi abrasi air laut, sehingga di Pantai Baluk Rening dibuat tanggul-tanggul untuk menanggulangi terjadinya abrasi.

Meskipun demikian, tanggul-tanggul yang dibuat ini tidak mengurangi keindahan Pantai Baluk Rening. Tanggul yang terbuat dari batuan alami kian memberi kesan indah pada pantai ini.

Pantai Baluk Rening Jembrana 4 Pantai Baluk Rening Jembrana, Pantai Indah yang Juga Berkhasiat untuk Kesehatan

by Dian Febriana

baca juga: Warung Bodag Maliah Ubud, Restoran dengan Menu Organik yang Sehat dan Sajian Pemandangan Alami

Cara Menuju Lokasi Pantai Baluk Rening Jembrana

Berwisata ke Pantai Baluk Rening, arahkan kendaraan Anda menuju Banjar Rening, Desa Baluk, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana. Jika Anda berangkat dari Denpasar, setidaknya memakan waktu 2 jam perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 105 kilometer. Namun jika Anda datang dari Pelabuhan Gilimanuk, waktu tempuhnya sekitar 30 menit karena jaraknya cukup dekat hanya 30 kilometer.

Berkunjung ke kawasan Bali Barat, Anda juga dapat datang ke objek wisata lain seperti Bendungan Palasari, Pantai Medewi, Pantai Perancak, Pantai Candi Kusuma, Pantai Delod Berawah hingga ke Taman Nasional Bali Barat. Dengan deretan pantai-pantai tersebut, kunjungan ke tempat wisata di Jembrana ini pun bakal menjadi hal yang tidak membuat rugi. Dijamin deh!