Pantai Bias Tugel, Pantai dengan Laguna Kecil yang Indah di Padang Bai

Pantai Bias Tubel

Berasa seperti berenang di kolam renang alami di Pantai Bias Tubel via frstyle

Bagi sebagian besar masyarakat, nama mungkin kurang familier. Pantai ini memang sebuah pantai yang tersembunyi dan baru-baru ini namanya populer di telinga para wisatawan. Bukan hanya karena pemandangannya yang indah. Tapi karena pantai ini memunyai keunikan tersendiri, yakni keberadaan laguna kecil yang kerap dijadikan layaknya kolam renang alami oleh para wisatawan.

Nama Bias Tugel diambil dari bahasa Bali, yaitu Bias yang berarti pasir dan tugel yang berarti potongan/terpotong. Disebut demikian karena areal Pantai Bias Tugel  tidak begitu luas, dibagian kanan dan kirinya diapit oleh batu karang yang lumayan besar serta bentuknya seperti potongan dan menyerupai teluk kecil.

Pantai Bias Tugel 1 Pantai Bias Tugel, Pantai dengan Laguna Kecil yang Indah di Padang Bai

Hunting foto keren juga bisa dilakukan di Pantai Bias Tugel Padang Bai via Asgar

baca juga: Pesona Indahnya Pantai Padang Bai

Kebanyakan pengunjung yang datang ingin mencoba sensasi berenang, snorkeling, berjemur, memancing, diving, berfoto, atau bahkan hanya duduk santai di atas batu karang. Pantai Bias Tugel sangat cocok bagi liburan keluarga dengan membawa serta anak-anak.

Para orang tua dapat dengan mudah mengawasi anak-anaknya yang sedang bermain pasir karena pantai ini tergolong sepi. Karena sepi tak begitu banyak pengunjung, sehingga terkesan seperti private beach yang terdapat batu karang yang menjulang tinggi dibagian kanan dan kiri.

Ada  keunikan tersendiri di pantai Bias Tugel ini yakni terdapat waterblow atau air laut yang muncrat ke atas akibat benturan gelombang laut dengan batu karang. Waterblow ini dapat Anda saksikan sekitar 50 meter disebelah kanan pantai. Para wisatawan tak pernah menyia-nyiakan kesempatan untuk mengambil foto muncratnya air yang nampak seperti air mancur itu.

Pantai Bias Tugel 2 Pantai Bias Tugel, Pantai dengan Laguna Kecil yang Indah di Padang Bai

Berasa seperti berenang di kolam renang alami di Pantai Bias Tubel via frstyle

baca juga: Tukad Unda Bali, Bendungan Cantik untuk Lokasi Prewedding yang Keren

Berjalan-jalanlah ke sebelah kiri pantai dan Anda akan menemukan karang yang membentuk laguna kecil. Berendam di lingkaran laguna karang ini adalah ide yang menyenangkan. Tetapi jangan mencoba berendam ketika ombak sedang tinggi ya… Karena laguna kecil ini akan terendam penuh dengan air.

Puas menjelajahi tiap sudut Pantai Bias Tugel, pengunjung bisa beristirahat sejenak di warung-warung sederhana di tepi pantai. Jumlahnya tak banyak, tetapi bisa menjadi tempat berteduh dari terik matahari yang cukup menyengat. Minum es kelapa muda adalah pilihan yang tepat ketika matahari sedang terik-teriknya. Bakal terasa segarnya deh!

Lokasi Pantai Bias Tugel

Pantai Bias Tugel berada di Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Pantai cantik Bias Tugel ini tergolong pantai tersembunyi, jauh dari hiruk pikuk kota, sehingga masih sepi pengunjung. Letaknya sekitar 500 meter dari pelabuhan Padang Bai.

Cara Menuju Lokasi Pantai Bias Tugel Padang Bai

Para wisatawan yang tertarik dengan keindahan pantai ini bisa berkunjung melalui rute menuju Pelabuhan Padang Bai. Dari sana, Anda tinggal melanjutkan perjalanan tak kurang dari 15 menit. Untuk mencapainya Anda harus berjalan kaki dengan akses jalan yang cukup terjal dan berbatu. Cukup membuat keringat bercucuran namun tidaklah mengecewakan karena hamparan pasir putih dan air laut yang membiru segera menyambut Anda di hadapan mata.

baca juga: Tertarik Mencoba Flying Board Tanjung Benoa? Seru Lho!

Tiket Masuk Pantai Bias Tugel Padang Bai

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai ini hanya dipungut biaya retribusi yang dikelola oleh desa adat setempat. Yakni biaya karcis masuk untuk kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000 dan dana kebersihan lingkungan sebesar Rp 2.000 per orang.