Pantai Candi Kusuma, Pantai dengan Suasana Matahari Terbenam yang Memesona

Pantai Candi Kusuma

by @adinata_tabasco

Nama memang tidak sepopuler Pantai Kuta. Letaknya yang jauh dari pusat kota atau pusat-pusat pariwisata menjadikan lokasinya masih sangat alami dan terjaga. Namun demikian, bukan kepopuleran yang menjadikan didatangi pengunjung akan tetapi keramahan serta damainya alam yang menjadi faktor utama.

Berada di kawasan Bali Barat, Pantai Candi Kusuma menjadi tujuan wisata yang cukup diminati. Hamparan pasir putih serta ombak yang menyapu pantai menjadikan keindahan tersendiri.

Di Pantai Candi Kusuma banyak ditemui ikan-ikan kecil karena di sinilah dua muara sungai bertemu yaitu Sungai Tukadaya dan Sungai Candi Kusuma. Tak heran jika banyak pengunjung menghabiskan waktu di Pantai Candi Kusuma sambil memancing.

Pantai Candi Kusuma 1 1024x614 Pantai Candi Kusuma, Pantai dengan Suasana Matahari Terbenam yang Memesona

by Sitty Tata

Dermaga yang terbuat dari kayu menjadi tempat favorit para pemancing untuk berburu ikan. Dermaga ini sebenarnya adalah lokasi bersandar kapal-kapal dari perusahaan penangkaran kerang mutiara. Namun dari dermaga inilah keindahan dan keseruan bermain dengan alam semakin kian mengasyikkan. Para pemancing dapat melakukan strike ataupun pengunjung yang ingin bersantai dengan nyaman dapat dilakukan di dermaga ini.

Selain memancing, berenang atau sekedar bermain pasir bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Hamparan pasir putihnya sangat luas, hingga sangat cocok jika digunakan untuk bermain bola atau sekedar jalan-jalan santai di tepian pantai.

baca juga: Kawasan Wisata Bukit Batu Kursi, Pesona Wisata Indah Lainnya di Pemuteran

Pantai Candi Kusuma 2 1024x1024 Pantai Candi Kusuma, Pantai dengan Suasana Matahari Terbenam yang Memesona

by @adinata_tabasco

Momen Terbaik Berkunjung ke Pantai Candi Kusuma

Pemandangan pada sore adalah momen terbaik yang bisa Anda dapatkan di pantai indah yang satu ini. Pada saat matahari mulai meninggalkan cakrawala, nuansa yang tercipta sangat memesona disertai dengan semilir angin dan deburan ombak.

Pantai ini tidak bisa lepas dari cerita sebuah tugu yang berada di sekitar pantai. Konon tugu yang berbentuk segitiga itu dulu pernah mengeluarkan keris yang memancarkan sinar. Oleh karena itulah berwisata ke Pantai Candi Kusuma tak hanya menikmati keindahan alam pantai namun juga wisata sejarah.

Pemandangan deretan jukung para nelayan, semakin menambah cantik suasana pantai. Namun tak banyak jukung nelayan di pantai ini dikarenakan kebanyakan nelayan tidak melaut melainkan bekerja di perusahaan penangkaran kerang mutiara.

Pantai Candi Kusuma 3 1024x768 Pantai Candi Kusuma, Pantai dengan Suasana Matahari Terbenam yang Memesona

by Francisco Daniel

baca juga: Pura Puseh Batuan Gianyar, Wisata Religi di Pura Tertua Bali

Berkunjung ke Pantai Candi Kusuma dapat menikmati ketenangan yang selama ini Anda cari. Setelah berkutat penuh dengan pekerjaan, berwisata ke pantai ini bisa menjadi obat mujarab penghilang penat.

Ingin menikmati keindahan pantai yang bernuansa pedesaan dengan maksimal, Anda bisa menginap di villa-villa yang sudah tersedia di sekitar Pantai Candi Kusuma. Bagi pasangan yang sedang berbulan madu, keheningan dan kedamaian pantai ini sangat cocok untuk menyepi menikmati hari-hari indah berdua dengan pasangan.

Selain sarana penginapan, di kawasan Pantai Candi Kusuma juga terdapat fasilitas yang sudah memadai seperti area parkir kendaraan, warung-warung penjual makanan dan minuman, dan fasilitas kebersihan seperti toilet/wc.

baca juga: Desa Bayung Gede, Desa Adat dengan Budaya Tradisional Bali Aga di Bangli

Cara Menuju Lokasi Pantai Candi Kusuma

Jika Anda merencanakan liburan di Pantai Candi Kusuma, Anda dapat segera meluncur ke Desa Candi Kusuma, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali dengan menempuh perjalanan 1,5 – 2 jam perjalanan dari Denpasar.

Lokasinya tidak terlalu sulit ditemukan karena dekat dengan Jalan Denpasar-Gilimanuk. Cukup mencari Desa Candi Kusuma dari Jalan Denpasar-Gilimanuk, nanti akan ketemu papan yang bertuliskan Pantai Candi Kusuma yang berjarak sekitar 150 meter.