Pantai Lipah, Pantai Sepi yang Punya Keindahan Alam Bawah Laut Memukau di Karangasem

Pantai Lipah

Ikan laut cantik di perairan Pantai Lipah via rohisafed

Bali memiliki banyak obyek wisata pantai yang layak dikunjungi. Salah satunya adalah yang harus masuk dalam daftar kunjungan liburan Anda. Pantai di wilayah Karangasem Bali ini memiliki kecantikan tersembunyi yang wajib Anda lihat dan nikmati. Keberadaan pantai ini membuktikan kalau Bali punya deretan pantai indah yang tidak ada habisnya.

Tergolong ke pantai tersembunyi, karena Pantai Lipah ini belum begitu banyak orang yang mengenalnya. Bukan karena namanya tak terkenal, tetapi karena letaknya di teluk yang menjorok ke daratan. Teluk ini berada sekitar 3 kilometer dari Jameluk – Amed. Selain itu tak seperti pantai lainnya yang berpasir putih, pasir di pantai ini terdiri dari bebatuan sungai. Inilah yang menjadi ciri khas tersendiri dari Pantai Lipah yang tak dimiliki oleh pantai lain.

Pantai Lipah 1 1024x768 Pantai Lipah, Pantai Sepi yang Punya Keindahan Alam Bawah Laut Memukau di Karangasem

Suasana di Pantai Lipah via John Meckley

baca juga: Snorkeling di Pantai Amed Bali, Pemandangan Alam Bawah lautnya Juara

Terdapat banyak perahu-perahu tradisional dari para nelayan yang berjejer di sekitaran pantai. Selain untuk kegiatan nelayan mencari ikan, juga bisa disewa oleh pengunjung yang mencintai hobi memancing. Para pemancing akan diantarkan ke tengah laut dengan perahu nelayan untuk mendapatkan ikan di tempat berkumpulnya ikan-ikan.

Pantai Lipah 2 1024x576 Pantai Lipah, Pantai Sepi yang Punya Keindahan Alam Bawah Laut Memukau di Karangasem

Pemandangan underwater di Pantai Lipah via Voyagersmart

Bahkan yang paling menarik di Pantai Lipah ini adalah terdapatnya bangkai kapal perang Jepang (Japanese Wreck) yang tenggelam di perairan ini. Kapal perang ini merupakan kapal milik Jepang sebagai penyuplai bahan makanan bagi tentara Jepang.

Pantai Lipah 3 1024x768 Pantai Lipah, Pantai Sepi yang Punya Keindahan Alam Bawah Laut Memukau di Karangasem

Bangkai kapal perang Jepang di perairan Pantai Lipah via Rohisafed

Pada saat Perang Dunia ke-2, kapal ini ditembak oleh Belanda sehingga karam dan tenggelam. Posisi tenggelamnya kapal sangat dekat hanya sekitar 10 meter dari bibir pantai dengan kedalaman hanya 5 meter dari permukaan. Dan ini merupakan kedalaman ideal untuk melakukan snorkeling ataupun diving.

baca juga: Pantai Karma Kandara Bali, Kemewahan Pantai di Balik Bukit

Lokasi kapal perang Jepang ini menjadi tempat favorit para pecinta snorkeling. Karena dari reruntuhan kapal ini tumbuh berbagai terumbu karang yang cantik dengan berbagai biota laut yang hidup dan mencari makan di daerah itu. Anda dapat menemukan juvenil, kepiting, udang, berbagai jenis ikan yang hidup di karang yang membuat pemandangan bawah lautnya sangat indah dan memukau.

Pantai Lipah 4 1024x768 Pantai Lipah, Pantai Sepi yang Punya Keindahan Alam Bawah Laut Memukau di Karangasem

Ikan laut cantik di perairan Pantai Lipah via rohisafed

Ditambah dengan air yang jernih dan biru, menjadikan snorkeling ataupun diving semakin menyenangkan untuk dilakukan. Waktu terbaik untuk melakukan penyelaman adalah sekitar jam 08.00 sampai 09.00 di pagi hari.

Selain snorkeling dan memancing, Anda juga dapat berenang ataupun hanya untuk duduk-duduk sambil menikmati pemandangan dan menunggu waktunya matahari terbenam di ufuk barat.

baca juga: Dream Beach, Pantai Impian yang Indah Punya Nusa Lembongan

Lokasi Pantai Lipah Karangasem

Pantai Lipah terletak di Dusun Lipah, Bunutan, Kec. Abang, Kab. Karangasem, Bali. Pantai ini lokasinya berdekatan dengan dua pantai yang telah dikenal luas, yakni Pantai Amed dan Pantai Tulamben. Jadi, kalau tengah berkunjung ke salah satu pantai tersebut, Anda bisa memilih untuk mampir menyaksikan keindahan alam bawah laut di Lipah ini.

Cara Menuju ke Pantai Lipah Karangasem

Pantai yang dapat ditempuh sekitar 3 jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai ini, juga sudah menyediakan berbagai sarana dan fasilitas untuk mendukung kegiatan pariwisata. Diantaranya sudah terdapat fasilitas penyewaan peralatan snorkeling dan diving, area parkir yang luas, cafe-cafe dan restoran, toilet dan sarana penunjang lainnya.