Pantai Melasti Tabanan, Keindahan Mini Waterfall dengan Langit Senja yang Indah

Pantai Melasti Tabanan

via Flickr

Banyak nama Pantai Melasti di Pulau Bali. Salah satunya adalah . Nama pantai yang menggunakan nama “melasti”. Penggunaan nama melasti bukan sembarangan sebab di pantai tersebut biasanya digunakan sebagai tempat melaksanakan upacara Melasti. Tidak terkecuali di pantai ini, yang kerap menjadi lokasi penyucian diri menyambut hari raya Nyepi.

Pantai Melasti Tabanan ini memang hanya pantai dengan garis pantai pendek. Namun, hal yang unik ialah terdapat sebuah mini waterfall yang airnya langsung jatuh ke bibir pantai dan diteruskan ke laut. Pantai Melasti Tabanan juga menjadi spot untuk melihat sunset.

Pantai Melasti Tabanan 3 1024x747 Pantai Melasti Tabanan, Keindahan Mini Waterfall dengan Langit Senja yang Indah

via wisatasenibudaya

Cara Menuju Pantai Melasti Tabanan

Anda perlu menuju pura Batu Bolong untuk menemukan lokasi Mini Waterfall yang ada di Pantai Melasti Tabanan. Pura Batu Bolong berada di sisi kanan dari Pura Tanah Lot. Dari Pura Tanah Lota anda perlu berjalan kaki sekitar 400 meter untuk menuju ke Pura Batu Bolong. Anda diharuskan berhati-hati apabila berada di tebing pantai sepanjang daerah Tanah Lot, terutama saat air laut pasang, karena hal tersebut sangat berbahaya.

Pantai Melasti Tabanan 1 1024x678 Pantai Melasti Tabanan, Keindahan Mini Waterfall dengan Langit Senja yang Indah

via kabardewata

baca juga: Bali Equestrian Centre Canggu, Liburan Asyik Naik Kuda Sembari Icip-Icip

Kemudian Anda menuju Warung Manadala tepat disebelah sampingnya terdapat pintu masuk yang akan mengantarkan Anda menuju Pantai Melasti. Anda dapat menuju Pantai Melasti hanya dengan berjalan kaki. Setelah melalui jalanan dekat Warung Mandala, Anda akan berada diatas tebing dengan rerumputan hijau sejauh mata memandang. Pantai Melasti tepat berada dibawah tebing hijau sehingga Anda harus turun untuk sampai ke Pantai Melasti.

Panorama Keindahan Pantai Melasti Tabanan

Pantai Melasti Tabanan memiliki pasir berwarna hitam dengan banyak tebing disekeliling dan juga btu karang yang besar, berserakan di bibir pantai ataupun di laut dangkal. Posisi Pantai yang seperti ‘hidden beach” masih belum terlalu ramai pengunjung, sehingga Anda dapat leluasa menikmati pemandangan di Pantai Melasti. Deburan ombak yang menghantam batu karang menjadi melodi yang siap merilekskan diri Anda.

Pantai Melasti Tabanan 2 Pantai Melasti Tabanan, Keindahan Mini Waterfall dengan Langit Senja yang Indah

via Flickr

baca juga: Hotel Tugu Bali, Nuansa Tradisional Khas Jawa di Tengah Keindahan Pulau Dewata

Ombak di Pantai Melasti Tabanan cukup tinggi namun, banyaknya batu karang membuat pantai ini tak dapat digunakan sebagai tempat olahraga air sebab terlalu berbahaya. Keindahan yang belum banyak terjamah manusia dapat Anda abadikan melalui foto. Terlebih ketika langit senja menjadi background Mini Waterfall. hmm.. so, beauty and amazing sunset.

Fakta Mini Waterfall Pantai Melasti Tabanan

Mini Waterfall di Pantai Melasti bersifat musiman. Dan nyatanya Mini Waterfall merupakan air yang berasal dari pengairan sawah di daerah sekitar Tanah Lot. Air pengairan tersebut setelah melalui sawah-sawah penduduk, diteruskan hingga ke laut, dan terdapatlah mini waterfall yang indah untuk diabadikan.

baca juga: Warung Tepi Tebing, Kuliner Menggugah Selera dengan Nuansa Khas Pedesaan di Ubud

Dikarenakan air terjun bersifat musiman, anda dapat menyaksikan air terjun tersebut sekitar akhir dan awal bulan. Apabila anda berkunjung saat musim kemarau atau saat tidak ada pengairan di sawah, maka diperkirakan anda tidak bisa menyaksikan air terjun. Juga sebaiknya Anda tidak datang di mysim hujan sebab jalan masuk yang berupa tebing menjadi licin dan menjadi berbahaya.

Saat terbaik ketika mengabadikan foto mini waterfall ialah pada sunset dimana dibelakang mini waterfall terdapat background matahari terbenam dengan langit senja yang eksotis.