Pantai Mengening Canggu, Ada Pura Tanah Lot Versi Mini di Sini

Pantai Mengening Canggu 3 1080x480 » Pantai Mengening Canggu, Ada Pura Tanah Lot Versi Mini di Sini

Instagram photo by @rakaontrip

Setiap pantai yang ada di Pulau Bali memang punya daya tarik tersendiri. Termasuk di antaranya adalah daya tarik dari . Di tempat ini, Anda akan mendapati sebuah pura tepi pantai seperti yang biasa dijumpai di Tanah Lot.

Pantai Mengening Canggu ini memang memiliki struktur yang mirip dengan Tanah Lot. Bukan merupakan pantai berpasir halus, melainkan pantai dengan batu karang berukuran besar. Aktivitas favorit para wisatawan yang datang ke tempat ini adalah menyaksikan pemandangan matahari terbenam di sore hari.

Pantai Mengening Canggu 3 1024x576 » Pantai Mengening Canggu, Ada Pura Tanah Lot Versi Mini di Sini

Instagram photo by @rakaontrip

Pura Luhur Gede Batu Ngaus di Pantai Mengening Canggu

Kemiripan lainnya antara Pantai Mengening Canggu dengan Tanah Lot adalah keberadaan pura di tepi pantai. Pura yang berlokasi di Pantai Mengening ini bernama Pura Luhur Gede Batu Ngaus. Namun, pura ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil kalau dibandingkan dengan Pura Tanah Lot.

Pura Luhur Gede Batu Ngaus memiliki posisi agak ke tengah laut, berdiri di atas sebuah batu karang besar. Seperti halnya Tanah Lot, para pengunjung juga tidak bisa sembarangan masuk ke tempat ini. Pada saat air pasang, jalur menuju pura akan tertutupi oleh air laut. Akses menuju pura baru bisa dilalui pada saat air surut.

Pantai Mengening Canggu 2 1024x768 » Pantai Mengening Canggu, Ada Pura Tanah Lot Versi Mini di Sini

Instagram photo by @hijria

Pantai ini juga terbilang sebagai sebuah pantai yang sepi pengunjung di Pulau Bali. Oleh karena itu, tempat ini menjadi lokasi liburan yang cocok bagi Anda yang tengah mencari ketenangan. Terlebih, pemandangan di sini tidak kalah indahnya jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Bali.

Aktivitas Wisatawan di Pantai Mengening Canggu

Secara khusus, banyak wisatawan yang memotret pemandangan matahari terbenam yang disertai dengan keberadaan pura. Kesan seperti Tanah Lot akan terasa pada saat berfoto dengan suasana tersebut. Tidak heran kalau tempat ini juga kerap menjadi lokasi hunting foto para fotografer.

Pantai Mengening Canggu 4 1024x683 » Pantai Mengening Canggu, Ada Pura Tanah Lot Versi Mini di Sini

Instagram photo by @indradharmawan17

Tempat ini juga terkenal memiliki ombak yang cukup besar. Disertai dengan batu-batu karang yang gede, tidak ada wisatawan yang berniat untuk terjun ke laut dan berenang. Sebagai gantinya, hanya ada beberapa wisatawan yang memilih untuk melepas alas kaki dan berjalan-jalan menyusuri pantai berbatu karang ini.

baca juga: Brahmavihara-Arama Buleleng, Wihara Terbesar di Seantero Pulau Bali

Sebagai tambahan, ada pula para pengunjung pantai yang memilih untuk memancing ikan. Selain sepi, ada beberapa spot memancing yang cukup banyak dikunjungi oleh para pemancing. Terlebih, sembari menunggu sambaran ikan, para pemancing bisa menyaksikan pemandangan alam yang memukau di Pantai Mengening Canggu ini.

Pantai Mengening Canggu 1 1 1024x768 » Pantai Mengening Canggu, Ada Pura Tanah Lot Versi Mini di Sini

Instagram photo by @yanuarps07

baca juga: Cafe Pomegranate Ubud, Kafe Unik Dikelilingi Sawah dan Pemandangan Alami

Lokasi Pantai Mengening Canggu

Pantai ini terletak di Desa Cemagi yang masuk dalam kawasan Kecamatan Mengwi di Kabupaten Badung. Karena lokasinya ada di Desa Cemagi, ada pula yang menyebut pantai ini dengan nama Pantai Cemagi.

Rute Menuju ke Pantai Mengening Canggu

Anda tidak akan mengalami kesulitan pada saat memilih berkunjung ke pantai ini. Tersedia papan penunjuk yang bisa menuntun perjalanan Anda. Perjalanan menuju ke tempat ini, bisa dimulai dari kawasan Canggu dan menuju ke arah pertigaan Jalan Raya Munggu – Tanah Lot.

Di sini, Anda akan menjumpai keberadaan papan penunjuk bertuliskan Pantai Mengening. Dari situ, Anda tinggal menuju ke arah selatan hingga sampai ke Desa Cemagi. Dari lokasi Desa Cemagi, perjalanan yang dibutuhkan kurang lebih 4 kilometer.