Pantai Pandawa Bali, Secret Beach yang kini Tak Lagi Rahasia

Secret Beach aka Pantai Pandawa Bali

Secret Beach aka Pantai Pandawa Bali via Indonesia.travel

Dulu, dikenal sebagai salah satu surga pantai yang tersembunyi di Pulau Bali. Namun kini kondisinya telah berubah. Keindahan pantai yang satu ini sudah terekspos secara luas. Dan setiap harinya, Pantai Pandawa pun banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Pada awalnya, para bule yang datang ke tempat ini memang menjuluki Pantai Pandawa Bali dengan nama Secret Beach. Sementara itu, masyarakat lokal menyebutnya dengan nama Pantai Kutuh, sesuai dengan lokasi pantai yang menjadi bagian dari wilayah Desa Kutuh.

Julukan sebagai Secret Beach untuk Pantai Pandawa Bali ini memang sesuai dengan lokasinya yang sangat tersembunyi. Keberadaan pantai ini memang tertutupi oleh tebing yang cukup tinggi. Di sisi lain, keberadaan tebing itu juga membuat daya tarik lain yang dimiliki oleh Pantai Pandawa.

baca juga: Pura Luhur Uluwatu, Pura Cantik dengan Pemandangan Laut yang Indah

Pada saat memasuki Pantai Pandawa, para pengunjung akan disambut dengan keberadaan patung Pandawa Lima. Patung-patung itu dibuat sebagai representasi dari anggota Pandawa Lima yang ada dalam cerita Mahabarata. Lima tokoh Pandawa Lima itu adalah Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula serta Sadewa.

Tak hanya mempunyai tebing yang indah, Pantai Pandawa juga memiliki hamparan pasir putih yang luas. Pantai ini juga dikenal mempunyai ombak yang tenang. Cocok untuk lokasi berenang. Atau kalau mau, bisa pula bersantai di tepi pantai dengan menyewa kursi santai yang dipatok dengan tarif 50 ribu rupiah.

Secret Beach aka Pantai Pandawa Bali Pantai Pandawa Bali, Secret Beach yang kini Tak Lagi Rahasia

Secret Beach aka Pantai Pandawa Bali via Indonesia.travel

Tak hanya itu, para traveler yang datang ke tempat ini juga bisa melakukan aktivitas bermain kano. Di tempat ini pun telah tersedia jasa penyewaan kano yang mempunyai kapasitas untuk dua orang. Satu kano bisa disewa dengan tarif sebesar 50 rupiah per jam. Tarif itu sudah termasuk jaket pelampung untuk pengaman. Kalau ingin bermain kano sendiri, ada pula single kano dengan sewa 25 ribu rupiah per jam.

baca juga: Pantai Dreamland Bali, Pantai Impian Baru di Pulau Dewata

Selain itu, hunting foto juga banyak dilakukan oleh para pengunjung Pantai Pandawa. Terlebih di sini, banyak spot foto yang sangat menarik. Terlebih lagi, Pantai Pandawa banyak menjadi pilihan lokasi syuting FTV. Tak jarang juga calon pasangan pengantin yang melangsungkan foto prewedding di sini. Tidak heran, karena pantai ini memang sangat indah dengan pantai pasir putih yang dibatasi oleh dinding alami batu kapur.

Pantai Pandawa Pantai Pandawa Bali, Secret Beach yang kini Tak Lagi Rahasia

Foto prewedding di Pantai Pandawa Bali via alieya.com

Lokasi Pantai Pandawa Bali

Pantai Pandawa ini terletak di Desa Kutuh yang menjadi bagian dari Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Pantai ini berjarak kurang lebih 18 kilometer dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Jalan menuju Pantai Pandawa Bali

Lokasi menuju Pantai Pandawa Bali termasuk adalah area yang cukup rawan macet. Jadi tidak heran kalau perjalanan menuju lokasi ini cukup lama, bisa memakan waktu 1 jam perjalanan. Titik kemacetan yang harus dilewati kalau berkunjung ke tempat ini salah satunya adalah GWK Jimbaran. Ditambah lagi, jalur yang dilewati juga cukup berliku. Kalau ingin gampangnya, tinggal gunakan saja jasa sopir di sana.

Tiket masuk Pantai Pandawa Bali

Sunrise di Pantai Pandawa Bali 1024x576 Pantai Pandawa Bali, Secret Beach yang kini Tak Lagi Rahasia

Sunrise di Pantai Pandawa Bali

Para traveler yang berkunjung ke Pantai Pandawa akan dikenakan biaya masuk sebesar 8 ribu rupiah per orang. Biaya itu belum termasuk tarif parkir. Kalau membawa sepeda motor, dikenakan biaya parkir sebesar 2 ribu rupiah. Sementara kalau berkunjung ke tempat ini menggunakan mobil, dikenakan tarif parkir 5 ribu rupiah.