Pantai Petitenget, Pemandangan Eksotis Pura Tepi Pantai di Seminyak

Pantai Petitenget

Instagram photo by indi

Menikmati deburan ombak serta angin di Pantai Kuta sudah biasa dilakukan wisatawan jika berkunjung ke Bali. Namun jika Anda ingin merasakan sensasi berbeda daripada Pantai Kuta yang fenomenal adalah tempatnya. Meskipun masih berada dalam satu garis pantai dengan Pantai Kuta, ternyata mempunyai sisi keunikan lain yang wajib disinggahi oleh para wisatawan.

Pantai Petitenget 2 1024x615 Pantai Petitenget, Pemandangan Eksotis Pura Tepi Pantai di Seminyak

Instagram photo by indi

Karena berada satu garis pantai yang sama dengan Pantai Kuta dan Pantai Legian, pantai ini memiliki karakteristik yang sama yakni berpasir putih yang luas dan landai dengan intensitas matahari yang selalu bersinar sepanjang hari. Ombaknya pun sangat besar sehingga sangat dinikmati oleh para peselancar dalam menyalurkan hobinya.

Aktivitas para nelayan dengan perahu-perahu menjadi pemandangan yang biasa di Pantai Petitenget ini. Di malam hari nelayan mencari ikan dengan perahu dan jaring perangkap. Ketika menjelang pagi, nelayan-nelayan tersebut kembali ke laut untuk mengambil ikan hasil tangkapan mereka yang terkena jaring. Pantai Petitenget memang memiliki hasil laut yang melimpah selain keindahan panorama alam yang mempesona.

Pantai Petitenget 1 1024x659 Pantai Petitenget, Pemandangan Eksotis Pura Tepi Pantai di Seminyak

Instagram photo by Lascar-etc

Dibanding dengan Pantai Kuta yang selalu ramai oleh wisatawan, suasana Pantai Petitenget terasa lebih tenang dan damai. Wisatawan yang menyukai suasana tenang lebih memilih untuk mengunjungi Petitenget yang dirasa tak seramai hiruk pikuk di Pantai Kuta.

baca juga: Surfing Seru-Seruan di Pantai Medewi Jembrana, Yuk!

Pantai Petitenget 3 1024x615 Pantai Petitenget, Pemandangan Eksotis Pura Tepi Pantai di Seminyak

Instagram photo by Seminyak-Villa.com

Lokasi pantai ini banyak dikunjungi ketika sore hari tatkala matahari tenggelam. Karena keindahan alam ketika sunset sangatlah mempesona jika dinikmati dari Pantai Petitenget ini. Selain melihat indahnya sunset, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas berenang, berselancar, berjemur ataupun olahraga ringan di pantainya yang luas dan landai seperti berlari-lari santai atau bermain sepak bola.

baca juga: Pantai Kelan Tuban, Pantai dengan Suasana Sunset Pesawat Terbang yang Keren Loh!

Pantai ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari area parkir yang luas, sarana akomodasi seperti hotel dan restoran juga banyak tersedia di seberang pantai. Tak perlu menunggu waktu lagi untuk mengunjungi Pantai Petitenget yang eksotis dan cantik ini.

Sejarah Pantai Petitenget Bali

Nama Pantai Petitenget berasal dari mitos masyarakat setempat yang berhubungan dengan yang berada di kawasan pantai. Diceritakan pada zaman dulu ada seorang resi yang bernama Dang Hyang Nirarta yang akan melakukan perjalanan ke Pura Uluwatu. Sebelum melanjutkan perjalanannya, beliau bertemu dengan Batara Masceti.

Tak disangka ketika mereka sedang berbicara, muncullah Bhuta Ijo. Akhirnya Bhuto Ijo diberi tugas untuk menjaga tempat sirih (peti pecanangan). Karena Bhuto Ijo sangat setia sehingga setiap kali ada seseorang yang datang ke daerah ini dikiranya ingin mengambil peti pecanangan tersebut.

baca juga: Pantai Kedonganan, Pantai yang Menjadi Surga Para Pecinta Seafood di Jimbaran

Hingga pada akhirnya dibangunlah Pura Petitenget sebagai bangunan suci untuk tempat pemujaan agar tidak diganggu oleh makhluk gaib. Nama Petitenget bermakna peti yang angker (berasal dari kata “peti” yang berarti peti dan “tenget” yang bermakna angker).

Lokasi Pantai Petitenget

Pantai Petitenget berada di wilayah Desa Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung.

Cara Menuju Pantai Petitenget Bali

Jaraknya sangat dekat dari Denpasar hanya sekitar 15 kilometer. Cara termudah untuk menuju ke pantai ini adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Atau, bisa juga menggunakan sarana penyewaan mobil dan sepeda motor yang bisa dijumpai dengan mudah di Bali. Perjalanannya hanya butuh waktu 30 menit.