Pantai Seseh Bali, Pantai Pasir Hitam Wujud Kerukunan Umat Beragama di Pulau Dewata

Pantai Seseh Bali

Instagram photo by @indonuka

Pulau Bali memang dikenal sebagai pulau yang mayoritas dihuni oleh umat Hindu. Namun, ada keunikan tersendiri kalau Anda datang ke . Pantai ini tidak hanya dikenal sebagai pantai yang indah, tapi juga pantai yang merepresentasikan kerukunan umat beragama di Pulau Dewata.

baca juga: Air Terjun Munduk Buleleng, Keindahannya Sejukkan Siapa Saja

Air laut di Pantai Seseh sangat biru, disertai dengan ombak besar sehingga sangat cocok bagi yang menyukai olahraga menantang seperti surfing atau kitesurf. Garis pantainya luas dan memanjang, sangatlah nyaman jika digunakan untuk bermain-main pasir ataupun berolahraga seperti volley pantai, sepak bola, ataupun berlari-lari kecil.

Pantai Seseh Bali 3 1024x678 » Pantai Seseh Bali, Pantai Pasir Hitam Wujud Kerukunan Umat Beragama di Pulau Dewata

Instagram photo by  Atlit Galery

Keindahan Pantai Seseh tak cukup hanya disitu. Momen ketika matahari bersembunyi di ufuk barat, juga menjadi momen terindah untuk dinikmati ketika berada di Pantai Seseh. Tak heran jika banyak pasangan rela berlama-lama menghabiskan waktu berlibur di Pantai Seseh hanya untuk melihat keindahan alam yang terjadi di petang hari itu.

baca juga: Rumah Pohon Batu Dawa Karangasem, Wisata Kekinian di Pulau Bali

Pantai Seseh bernuansa damai dan tenang, sangat berbeda dengan Pantai Kuta yang ramai. Kedamaian dan ketenangan ini sangat diminati wisatawan terutama wisatawan asing sehingga banyak dari mereka merasa nyaman ketika berada di lokasi wisata ini.

Pantai Seseh Bali 4 1024x1024 » Pantai Seseh Bali, Pantai Pasir Hitam Wujud Kerukunan Umat Beragama di Pulau Dewata

Instagram photo by @indonuka

Selain sebagai objek wisata favorit yang senantiasa dikunjungi wisatawan, lokasi Pantai Seseh juga merupakan area yang disakralkan oleh pemeluk agama Hindu Bali. Di pantai ini selalu dilaksanakan upacara Melasti, Melarung Bumi, Mukur, ataupun Nganyut. Ketika hari raya seperti Kuningan, Galungan, Siwaratri, atau Ngembak Geni, lokasinya sangat ramai oleh pengunjung yang mengadakan sembahyang.

Pantai Seseh Bali 2 1024x1024 » Pantai Seseh Bali, Pantai Pasir Hitam Wujud Kerukunan Umat Beragama di Pulau Dewata

Instagram photo by Jean-Claude WINCKLER

baca juga: Air Terjun Tukad Cepung Bali, Keindahannya Terlindung Bebatuan

Lokasi ini merupakan tempat suci karena di kawasan Pantai Seseh banyak bangunan pura suci, bahkan setidaknya terdapat 5 pura suci diantaranya Pura Mas, Pura Ulun Suwi, Pura Dalem, Pura Batu Bolong, serta di sebelah barat Pura Batu Nunggul. Sebagai lokasi objek wisata, Pantai Seseh sudah dilengkapi berbagai sarana pariwisata seperti toilet, tempat parkir, restoran bahkan villa-villa atau penginapan.

Makam Wali Pitu di Pantai Seseh Bali

Terdapat juga sebuah makam keramat yang merupakan makam dari salah seorang Wali Pitu yang ada di Bali. Wali penyebar agama Islam di wilayah Bali ini adalah Raden Amangkuningrat atau lebih dikenal sebagai Pangeran Mas Sepuh.

Pantai Seseh Bali 1 1024x768 » Pantai Seseh Bali, Pantai Pasir Hitam Wujud Kerukunan Umat Beragama di Pulau Dewata

Instagram photo by AdimSadega

Yang unik, penjaga makam di sini adalah seorang pendeta Hindu. Beliau secara turun temurun menjaga makam wali tersebut. Bahkan untuk menghormati keberadaan sang Wali, seluruh keluarga pendeta beserta keturunannya dilarang memakan daging babi.

Fenomena ini pun cukup menarik, mengingat bagi umat agama selain Islam, daging babi menjadi sajian yang nikmat. Terlebih di Pulau Dewata Bali, ada beragam sajian menu kuliner daging babi yang menjadi favorit baik di kalangan wisatawan ataupun masyarakat lokal. Baik sajian berupa sate babi ataupun bagi guling.

Lokasi dan Cara Menuju ke Pantai Seseh Bali

Memiliki hamparan pasir berwarna hitam yang luas, Pantai Seseh berlokasi di Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Lokasinya berjarak sekitar 15 kilometer jika ditempuh dari Denpasar atau butuh sekitar 55 menit untuk berkendara jika berangkat dari Bandara Ngurah Rai. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi oleh pemandangan persawahan yang memanjakan mata.