Pasir Hitam di Pantai Soka Bali Tak Kalah Pesonanya dengan Pantai Pasir Putih Loh!

Pantai Soka Bali

Pantai dengan hamparan pasir hitam di Pantai Soka Bali via Made Suwita

Eksotisme pantai-pantai di Bali tak perlu diragukan lagi. Setiap pantai di sana mempunyai kecantikan dan keunikan sendiri. Seperti halnya Bali. Pantai ini berpasir hitam yang menyuguhkan panorama deburan ombak yang menenangkan setiap wisatawan yang berkunjung ke sana.

Pantai yang berpasir hitam ini sangat cocok sebagai tempat liburan keluarga karena area pantainya datar dan luas. Bahkan jika ingin memainkan permainan olahraga juga bisa dilakukan seperti bermain voli pantai atau sepak bola.

Pantai Soka Bali 2 » Pasir Hitam di Pantai Soka Bali Tak Kalah Pesonanya dengan Pantai Pasir Putih Loh!

Pantai dengan hamparan pasir hitam di via Made Suwita

baca juga: Pantai Green Bowl Bali Aka Pantai Bali Cliff yang Keindahannya Tersembunyi

Pemandangan di Pantai Soka sangatlah indah dan memukau. Di bagian timur pantai, akan terlihat Gunung Agung sebagai latarnya. Di bagian sebelah barat, terhampar pemandangan persawahan dan perkebunan kelapa. Kesemuanya tertata sangat rapi dengan Gunung Batukaru dan gugusan perbukitan yang menawan. Bahkan terdapat sebuah goa di tebing batu karang yang merupakan rumah bagi puluhan ribu walet. Goa ini dinamakan goa Bulung Daya.

Ada sebuah batu karang unik di lokasi Pantai Soka ini. Batu tersebut dikelilingi pasir dan ditumbuhi tumbuh-tumbuhan di atasnya. Luasnya sekitar 50 meter persegi. Masyarakat lokal menyebutnya Payuk Kebo Iwa. Dan bahkan di sebelah barat, persis di samping Pura Luhur Serinjong juga terdapat batu karang yang berbentuk laksana dapur penduduk asli berukuran sekitar 1 x 20 meter. Hmmm…, pasti unik sekali….

Baca juga: Pantai Double Six Bali, Pantai Cantik yang Keindahannya Tak Kalah dengan Kuta

Pantai Soka juga merupakan tempat untuk melaksanakan kegiatan keagamaan umat Hindu. Pada tiap hari raya dan bulan penuh (purnama), umat Hindu dan para pengunjung selalu memadati Pantai Soka ini untuk melaksanakan upacara keagamaan.

Pantai Soka Bali 1 » Pasir Hitam di Pantai Soka Bali Tak Kalah Pesonanya dengan Pantai Pasir Putih Loh!

Suasana mistis menjadikan Pantai Soka Bali sebagai lokasi hunting foto favorit para fotograver via Antony Radcliffe

Karena ombaknya yang tidak begitu besar, mandi sangat cocok dilakukan di sini. Yang punya hobi memancing pun dapat menyalurkan hobinya karena banyak spot memancing ikan sambil menikmati pemandangan pantai dan laut yang indah. Atau bisa ikut bersama nelayan setempat untuk memancing ke tengah laut dengan menggunakan perahu tradisional. Anda juga dapat menikmati keindahan pantai sambil menyusuri jalan dari atas tebing batu.

Yang ingin berkunjung tidak perlu khawatir karena tidak ada tiket masuk maupun tarif parkir. Meskipun begitu, sudah tersedia tempat parkir kendaraan yang aman dan luas. Warung-warung makanan juga tersedia dengan berbagai menu makanan dan minuman untuk pelepas dahaga.

Pantai Soka masih terjaga kealamian dan kebersihannya. Oleh karena itu patutlah kita untuk senantiasa menjaga dan memelihara kebersihannya. Agar pantai-pantai selalu nyaman dan menyenangkan untuk dikunjungi. Sangat disayangkan kalau tempat ini harus rusak hanya gara-gara tindakan orang yang tidak bertanggung jawab, bukan?

baca juga: Pantai Gunung Payung, Pantai Tersembunyi di Bali yang Elok dan Indah

Lokasi Pantai Soka Bali

Pantai Soka Bali ini terletak di Banjar Soka, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Bali. Pantai ini juga terkenal karena memiliki aksesibilitas yang mudah. Jadi, tidak heran kalau banyak yang datang dan berlibur ke pantai pasir hitam ini.

Cara Menuju Pantai Soka Bali

Akses ke Pantai Soka ini terbilang cukup mudah karena berada di tepi jalur utama Denpasar – Gilimanuk. Jika berangkat dari Bandara Ngurah Rai, membutuhkan sekitar 75 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Dan sekitar 56 km jarak perjalanan yang harus ditempuh.